Zakat Mal: Definisi dan Perhitungannya!

|

|

|

Dalam Islam, semua umat Muslim diwajibkan untuk membayar zakat yang terbagi menjadi dua, yaitu zakat mal dan zakat fitrah. Zakat mal umumnya dapat dibayar kapan saja, termasuk saat Bulan Ramadan seperti zakat fitrah.

Surat Al Taubah ayat 103, disebutkan bahwa salah satu fungsi Zakat Mal yang utama adalah untuk menyucikan atau membersihkan harta umat muslim. Disamping itu, disebutkan pula dalam ayat yang sama bahwasanya Zakat Mal dapat membuat kesalahan yang diperbuat oleh umat muslim akan dihapuskan oleh Allah SWT. Berikut terjemahan dari isi ayat tersebut.

Ambillah dari harta mereka sedekah (zakat) untuk membersihkan mereka dan menghapuskan kesalahan mereka.” (QS. At Taubah: 103)

Berdasarkan ayat tersebut, maka Allah SWT secara gamblang menjelaskan bahwa fungsi membayar Zakat Mal adalah untuk membersihkan seluruh harta umat muslim dan mensucikan kembali dengan mengeluarkan hak orang lain di dalamnya.

Lalu, apa yang membedakan zakat mal dengan zakat fitrah? Simak penjelasannya di bawah ini:

Pengertian Zakat Mal

Zakat mal atau maal adalah zakat yang dikenakan atas semua jenis harta yang secara substandi perolehannya tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Kata maal sendiri berasal dari bahasa Arab yang bermakna harta atau kekayaan. Selanjutnya menurut Islam, harta adalah sesuatu yang boleh atau dapat dimiliki dan digunakan sesuai kebutuhan.

Menurut Undang-Undang (UU) nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat menyebutkan apa saja yang meliputi zakat mal, yaitu:

  1. Emas, perak, dan logam mulia
  2. Uang dan surat berharga
  3. Perniagaan
  4. Pertanian, perkebunan, dan kehutanan
  5. Peternakan dan perikanan
  6. Pertambangan
  7. Perindustrian
  8. Pendapatan dan jasa
  9. Rikat

Adapun syarat harta yang dikenakan wajib zakat mal terbagi menjadi 7, yaitu:

  1. Kepemilikan penuh atau hak kuasa dan manfaat secara penuh milik pemilik.
  2. Harta halal dan diperoleh secara halal
  3. Harta yang dapat berkembang atau produktif
  4. Mencukupi hisab
  5. Mencapai haul (usia harta telah lebih dari satu tahun)
  6. Bisa ditunaikan saat panen
  7. Bebas dari utang

Perhitungan Zakat Mal

Berbeda dengan zakat fitrah yang sama rata, perhitungan zakat mal akan berbeda-beda setiap orang yang melakukannya. Pasalnya, zakat mal identik dengan total harta yang dimiliki.

Berikut perhitungannya:

  1. Harta Emas dan Uang

Nishab zakat mal yaitu senilai 85 gram emas murni dan nilai zakat yang dikeluarkan adalah 2.5 persen. Zakal mal untuk harta berupa perniagaan, peternakan, emas, perak, surat berharga, dan tabungan dikeluarkan sekali setiap tahunnya.

  1. Pertanian

Untuk produk pertanian, zakartnya dibayarkan setiap kali panen yang mencapai nishab. Adapun nishab untuk kategori produk pertanian adalah sekitar 653 kg beras.

Sebagai informasi, apabila Anda memiliki kedua kategori harta di atas, maka keduanya wajib dibayarkan berdasarkan perhitungan masing-masing.

Selain itu, penerima zakat dan lembaga penyalur zakat baik zakat mal dan zakat fitrah umumnya sama saja.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui mengenai zakat mal. Semoga bermanfaat!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...