3 Produk Investasi Syariah Yang Bikin Kamu Merdeka Finansial!

0
156
produk investasi syariah agar bisa merdeka finansial
Ilustrasi produk investasi syariah agar bisa merdeka finansial. Photos by istockphoto

Investasi syariah bisa jadi pilihanmu dalam mencapai merdeka finansial. Apa saja produk investasi syariah itu? Namun sebelum kesana, kita perlu tahu terlebih dahulu apa makna dari merdeka finansial dan investasi syariah.

Arti dari merdeka secara finansial yang sebenarnya bukan hanya sekadar mempunyai banyak uang, harta dan aset, namun ukurannya adalah lebih kepada target tujuan keuangan yang ingin kamu capai. Salah satunya dengan investasi syariah.

Apa itu investasi syariah? Pada umumnya, investasi syariah adalah investasi yang seluruh proses dan transaksinya berdasarkan pada prinsip dan syariat agama Islam. Umumnya investasi syariah ini bebas riba.

Nah, bagaimana jika kamu ingin berinvestasi tapi takut riba? Berikut ini adalah 3 produk investasi syariah yang patut kamu coba!

1. Investasi Deposito Syariah

Produk investasi syariah yang pertama adalah deposito syariah. Beda dengan produk deposito konvensional, kamu harus mempunyai tabungan syariah untuk memulai investasi depositonya.

Produk deposito syariah ini dibuat berdasarkan fatwa MUI asal sertifikatnya diterbitkan oleh bank-bank syariah.

Perlu diketahui, pembagian keuntungan dari produk deposito syariah ini sangatlah, yaitu persentase keuntungan berdasarkan sistem bagi hasil yang disesuaikan dengan keuntungan bersih pengeolaan dana.

Hal ini tentunya berbeda dari produk deposito konvensional yang bunganya telah ditetapkan sejak awal, tergantung pada tenor yang diambil. Perjanjian bagi hasil ini disebut sebagai akad Mudharabah.

2. Investasi Saham Syariah

Saham adalah surat bukti pemilikan bagian modal perseroan terhadap yang memberi hak atas individu dan lainnya menurut besar kecilnya modal yang disetor.

Investasi saham memiliki risiko besar dan untung yang besar juga. Sehingga kamu harus pandai dalam memilih saham apa yang akan dibeli. Kamu perlu mempelajari profil perusahaan dan mempelajari laporan keuangannya.

Sebagai inovasi dan pilihan dalam dunia investasi, kini sudah ada investasi saham syariah. Umumnya mereka adalah perusahaan yang bergerak di bidang syariah dan menjalankan operasionalnya berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

Investasi saham syariah sudah banyak dan dapat kamu temui di pasar moda. Investasi saham syariah umumnya bersifat halal, tidak mengandung mudharat dan tidak berunsur riba.

3. Investasi Syariah Peer to Peer (P2P) Lending

Pada intinya, investasi P2P Lending adalah investasi yang menghubungkan pemberi pinjaman atau investor kepada penerima pinjaman atau borrowers melalui suatu platform online.

Investor yang bertindak sebagai pemberi pinjaman ini akan mendapatkan bagi hasil dari penerima pinjaman yang telah ditetapkan dalam akad selama masa pinjaman berlangsung.

Perusahaan investasi syariah P2P lending yang beroperasi di Indonesia harus sudah mengangkat Dewan Pengawas Syariah dan memiliki izin dari Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia.

Itulah tiga produk investasi syariah yang bisa kamu coba. Mana yang akan kamu pilih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here