Yuk, Lakukan Kebaikan di Bulan Ramadhan dengan Memberdayakan Sesama

0
168
kebaikan di bulan ramadan
Ilustrasi kebaikan di bulan ramadan. Photos by istockphoto

Berlomba-lomba melakukan kebaikan di bulan Ramadhan menjadi agenda setiap umat muslim di dunia. Selain puasa, tarawih, dan membaca Al-Quran, masih masih banyak aktivitas kebaikan lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ibadahmu. 

Misalnya saja kebaikan dalam hal ikut serta memberdayakan sesama secara nyata yang bisa berdampak positif, terutama bagi mereka yang butuh pertolongan dan dukungan..Apa sajakah kebaikan-kebaikan tersebut? Simak ulasannya. 

Cara Tingkatkan Pahala dengan Berbuat Kebaikan di Bulan Ramadhan

Berikut adalah berbagai cara untuk meningkatkan pahala kamu di bulan Ramadhan:

1. Membagikan Makanan Berbuka

Kebaikan pertama yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan yang juga telah menjadi tradisi di Indonesia pada umumnya adalah berbagi makanan untuk berbuka. Mulai dari berbagai kepada keluarga, teman, tetangga, anak yatim, atau orang-orang sekitar.

Walaupun kemunculan wabah Covid-19 kian mempersempit ruang gerak karena adanya batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar. Namun hal ini tidak menghalangi siapapun untuk melaksanakan amalan di bulan Ramadhan. 

Kamu bisa memanfaatkan berbagai layanan pengiriman makanan untuk memesan dan mengantar makanan tersebut ke orang yang dituju. Atau, bisa juga dengan membagikan takjil gratis ke pengendara yang melewati jalan tertentu, petugas kebersihan sampah, pengemis, dan lain-lain.  

2. Berbagi Ilmu 

Contoh kebaikan di bulan Ramadhan yang kedua adalah dengan cara berbagi ilmu dan informasi yang bermanfaat kepada sesama. Selain menambah pahala, aktivitas positif yang satu ini juga bisa memperluas koneksi, ilmu, dan pertemanan. 

Jika kamu memiliki keahlian tertentu, tidak ada salahnya ikut serta membuat program pemberdayaan UMKM untuk perempuan pengusaha mikro di desa-desa tertentu. Misalnya, membagikan tips-tips cara membuka usaha di bidang kuliner, fashion, atau agribisnis. 

3. Memberi Donasi 

Melakukan kebaikan di bulan Ramadhan bisa diwujudkan dengan cara memberikan donasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Kamu bisa memulainya dari sekitar lingkungan rumah atau menyalurkannya ke tempat-tempat tertentu. 

Misalnya, memberikan donasi kepada rumah sakit, panti asuhan, lembaga bantuan, dan organisasi amal. Donasi tersebut tidak harus diberikan secara langsung kepada pihak yang membutuhkan. Melainkan bisa melalui situs atau aplikasi Amartha yang akan membantu menyalurkan donasi tersebut ke pihak yang bersangkutan. 

Baca Juga: The Miracle of Giving by Yusuf Mansur

4. Memberdayakan Sesama 

Salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Selain beribadah secara khusyuk, kamu juga bisa mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan berbuat kebaikan seperti memberdayakan sesama. Misalnya di Amartha.

Amartha adalah perusahaan impact investment yang fokus pada pemberdayaan perempuan di pedesaan. Setiap modal yang kamu berikan kepada perempuan UMKM akan dimanfaatkan untuk modal usaha, pendampingan, dan pelatihan keuangan.

Sehingga kemandirian ekonomi perempuan pra sejahtera pun bisa terwujud. Kamu telah menciptakan peluang kebaikan tidak hanya kepada perempuan UMKM yang dimodalin tetapi juga keluarga dan komunitasnya. Pelajari lebih lanjut soal Amartha di sini.

5. Sukarelawan 

Momen Ramadhan juga bisa dimanfaatkan dengan menjadi sukarelawan untuk membantu sesama. Kamu bisa ikut bergabung di salah satu organisasi tertentu untuk meringankan beban orang-orang yang kesusahan. 

Misalnya, menjadi anggota di organisasi yang menampung donasi berupa bahan makanan dan pakaian. Nantinya, donasi tersebut akan didistribusikan ke petugas kesehatan atau keluarga yang menjalankan diisolasi karena terjangkit Covid-19. 

Selain itu, kamu juga bisa ikut andil dalam organisasi atau lembaga pengelola zakat. Tugas dan fungsi dari lembaga ini adalah untuk mengumpulkan, mendistribusikan, dan mendayagunakan segala hal yang berkaitan dengan zakat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here