Yuk, Intip Peluang Investasi Properti di Tahun 2022 Ini

0
522
peluang investasi properti
Ilustrasi peluang investasi properti. Photos by ayagiz (istockphoto)

Masihkah investasi properti potensial di tahun 2022 ini? Untuk menjawab peluang investasi properti di tahun ini, kami telah mengumpulkan sejumlah data yang bisa kamu jadikan sebagai tolok ukur. Tujuannya agar kamu yang berencana berinvestasi properti bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik. 

Peluang Investasi Properti Menurut Pakar

Menurut Konsultan Properti Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, di tahun 2022 ini investasi properti akan berangsur pulih. Ferry juga mengatakan bahwa ada beberapa indikator yang mendukung ramalannya tersebut.

Salah satu indikator yang disebut oleh Ferry yaitu adanya pergerakan ekonomi makro pada akhir tahun 2021 lalu. Di sisi lain, pemerintah juga sedang menyusun wacana pertambahan nilai ditanggung pemerintah atau PPN DPT yang menurutnya akan diberikan kepada rumah inden.

PPN DTP berpotensi menggenjot developer maupun investor. Dari landasan-landasan tersebut, maka Ferry berasumsi bahwa di tahun 2022 ini, peluang investasi properti di Indonesia akan tumbuh kembali.

Sementara menurut John Riady, seorang CEO PT. Lippo Karawaci Tbk, percaya bahwa di tahun ini akan ada percepatan pemulihan investasi properti. Menurutnya, di tahun ini juga akan ada sejumlah perkembangan dalam bidang residensial rumah tapak dan berpotensi menjadi primadona investasi.

Sektor Investasi Properti Terbaik di Tahun 2022

kredit rumah murah
Ilustrasi kredit rumah murah. Photos by Vanit Janthra (istockphoto)

Ada beberapa peluang investasi properti 2022 dari beberapa sektor yang kemungkinan masih potensial. Apa saja sektor-sektor tersebut? Berikut sudah kami rangkum selengkapnya di bawah ini.

1.  Membangun Kost-Kostan

Sampai saat ini, bisnis indekos atau kostan masih menjadi salah satu investasi properti yang tergolong menggiurkan. Bagaimana tidak menggiurkan, kamu bisa mendapatkan uang segar setiap bulan dari properti tersebut.

Indekos juga merupakan salah satu peluang investasi properti di masa pandemi. Kamu bisa menggunakannya juga untuk masyarakat yang sedang mencari tempat untuk isolasi mandiri.  

2.  Peluang Investasi Properti Apartemen

Sama seperti indekos, kamu bisa memanfaatkan apartemen untuk disewakan. Kamu juga bisa memilih sistem pembayaran sendiri mulai dari bulanan hingga tahunan. Silahkan pilih sistem pembayaran sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Target pasar dari apartemen ini yaitu pekerja dan kaum milenial. Pasalnya, apartemen merupakan properti yang dapat mendukung gaya hidup instan.

Baca Juga: Beli Rumah, Ini Tipe Rumah Yang Banyak Dicari Milenial

3.  Properti Tanah

Selain bangunan, tanah juga menjadi salah satu peluang investasi properti yang tak kalah potensial. Investasi ini cocoknya untuk tanah-tanah di pedesaan atau perkampungan yang harganya masih relatif murah.

Di sisi lain, tanah di pedesaan juga bisa kamu sewakan untuk kebutuhan pertanian. Untuk yang punya modal lebih, kamu juga bisa memilih tanah di kawasan perkotaan.

4.  Peluang Investasi Properti Kontrakan

Perbedaan kontrakan dan indekos hanya pada luas ruangan saja. Kontrakan biasanya memiliki ruangan yang lebih luas dan terdiri dari beberapa kamar dan satu WC. Kontrakan juga sangat cocok untuk keluarga kecil.

Target pasar dari kontrakan yaitu masyarakat yang sudah memiliki pendapatan tetap yang belum memiliki hunian. Peluang investasi properti untuk kontrakan bisa jadi menguntungkan.

5.  Bangunan Komersial

Beberapa jenis bangunan yang masuk ke dalam kategori properti komersial yaitu seperti ruko dan pertokoan. Selain itu, pertokoan juga bisa menjadi salah satu bangunan komersil yang bisa kamu sewasakan kepada para pelaku bisnis.

Jenis-jenis bangunan komersial sendiri tergolong berbeda-beda. Ada bangunan khusus untuk bisnis berskala besar, perkantoran, hingga co-working space.

Peluang investasi properti dipercaya akan tumbuh kembali. Hal tersebut dipaparkan langsung oleh para ahli. Ingin berinvestasi properti tapi belum punya modal besar? Mulai saja dengan investasi P2P lending Amartha.

Modalnya terjangkau, mulai dari 100 ribu rupiah saja. Keuntungannya? Kamu bisa dapatkan peluang keuntungan hingga 15% flat per tahun. Selain itu juga memberdayakan para CEO UMKM di pedesaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here