Yang Perlu Kamu Siapkan Saat Memilih Menjadi Childfree

|

|

|

Akhir-akhir ini, istilah childfree menjadi trending topic di berbagai media sosial seperti Twitter dan Instagram. Terlebih, setelah salah satu influencer Gita Savitri menyatakan komitmennya untuk tidak memiliki anak.

Sebenarnya, childfree itu apa sih? Dilansir dari Oxford Dictionary, childfree merupakan istilah yang digunakan seseorang yang memilih untuk tidak memiliki anak, dan umumnya berlandaskan suatu alasan tertentu.

Nah, belakangan isu ini menjadi topik pembahasan yang hangat, karena ternyata ada cukup banyak pasangan di Indonesia yang setuju dengan konsep tanpa anak ini.

Alasannya beragam, umumnya sih karena pertimbangan kemampuan finansial maupun psikologis.

Beberapa pasangan menyadari bahwa memiliki anak membutuhkan perhatian ekstra, mulai dari kebutuhan kasih sayang, dukungan finansial dan pendidikan, hingga waktu bersama yang berkualitas. 

Kalau kamu juga memilih untuk menjalani konsep childfree bersama pasanganmu, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini, agar keputusanmu benar-benar mantap dan sesuai dengan harapanmu.

Buat rencana keuangan di masa tua

Banyak orang tua di Indonesia yang masih menganggap anak adalah aset investasi ketika mereka tua.

Konsep ini tidak sepenuhnya salah, karena sebagai anak pun kita tentunya ingin membahagiakan orang tua. 

Namun, menjadikan anak sebagai aset investasi sekaligus membuka peluang terbentuknya generasi sandwich, yaitu generasi yang memikul beban ganda dalam hal kebutuhan akan finansial.

Nah, kalau kamu memutuskan untuk tidak punya anak, otomatis kamu harus menyiapkan dana pensiun dengan matang sejak usia muda, karena tidak mungkin bergantung pada anak saat tak lagi produktif. 

Konsep ini sebenarnya tidak berlaku pada pasangan childfree saja sih, untuk keluarga dengan anak pun, sebaiknya persiapan keuangan terencana dengan baik. Tujuannya, agar dapat memutus rantai generasi sandwich.

Hitunglah jumlah dana pensiun yang kamu butuhkan. Mulai konsisten berinvestasi dan menyiapkan dana darurat.

Kamu bisa mendiversifikasi portofolio investasimu ke berbagai instrumen, seperti saham, obligasi, hingga peer-to-peer lending yang profitable seperti Amartha.

Hidup tanpa anak bukan berarti kamu boleh boros sama uang. Justru, ini tantangan bagi kamu untuk benar-benar menyiapkan dana pensiun, agar di masa tua nanti kamu dan pasangan tetap independen dalam berfinansial.

Baca juga Artikel Money+: Jangan Khawatir, Begini Cara Siapkan Dana Pensiun di Usia yang Tidak Muda!

Komitmen dengan pola hidup sehat

Yang sering menjadi kekhawatiran pasangan childfree adalah menjawab pertanyaan tentang siapa yang akan mengurus mereka ketika sakit di hari tua nanti.

Umumnya, orang tua akan mendapat perawatan dari anak ketika mereka sakit. Lalu, bagaimana dengan pasangan tanpa anak?

Apalagi kalau ternyata sakitnya bersamaan, jadinya tidak bisa saling merawat.

Untuk itu, kamu harus komitmen menjalani pola hidup sehat, baik untuk pasangan tanpa anak maupun pasangan dengan anak. 

Harapannya, agar ketika tua nanti kamu tidak terbebani dengan kondisi sakit yang kritis. Ingat bahwa kamu tidak bisa mengandalkan anak jika berada dalam kondisi sakit.

Selain itu, bekali diri dengan asuransi kesehatan agar biaya pengobatan tidak meggerus tabungan pensiun kamu.

Perbanyak aktualisasi diri

Banyak psikolog yang mengatakan bahwa pasangan childfree berpotensi mengalami kesepian di hari tua nanti, karena tidak ada anak maupun cucu yang berkumpul bersama di rumah.

Untuk itu, kamu dan pasangan dapat memperbanyak kegiatan yang bisa meningkatkan aktualisasi diri.

Misalnya bergabung dengan komunitas yang sesuai hobi kamu, membangun bisnis keluarga, atau bahkan menyusun rencana liburan yang membuka peluang kamu bertemu orang-orang baru.

Tujuannya, agar kamu tidak merasa kesepian dan tetap mampu mengikuti perubahan di sekitarmu.

Bertemu dengan orang baru dan bergabung dengan komunitas akan membuat kamu tetap merasa dikelilingi oleh orang-orang yang mendukungmu.

Kamu juga bisa membantu sesama melalui berbagai hal. Misalnya jadi volunteer atau bahkan sesimpel mendanai UMKM melalui platform Amartha, yang sudah pasti memberi dampak sosial di bidang pemberdayaan perempuan.

Nah, sekarang kamu sudah dapat gambaran kan tentang apa saja yang harus kamu pertimbangkan dan persiapkan saat memilih menjadi childfree?

Apapun keputusanmu, semoga semua berjalan sesuai rencana ya. 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...