Yakin Cuan Maksimal dengan 5 Cara Investasi Uang 1 Juta Ini

0
236
Ilustrasi investasi uang 1 juta. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi investasi uang 1 juta. sumber: www.istockphoto.com

Memiliki dana “menganggur” 1 juta jangan dibiarkan sia-sia. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar dan membuat uangmu semakin bertambah jika uang tersebut diinvestasikan. Ada banyak pilihan jenis investasi uang 1 juta yang bisa kamu pilih. Bahkan, ada yang menawarkan investasi dengan modal yang relatif terjangkau. Yuk, cari tahu disini apa saja jenis investasi tersebut. 

Tips Investasi Uang 1 Juta yang Menghasilkan Keuntungan 

1. Investasi Saham

Cara mengembangkan uang 1 juta yang pertama adalah dengan memanfaatkan instrumen investasi. Namun sebelum terjun secara langsung, kamu harus menentukan terlebih dahulu jangka waktu investasi, apakah jenis investasi jangka panjang atau jangka pendek. 

Dengan begitu, kamu bisa memilih jenis saham yang tepat untuk masing-masing jangka waktu investasi tersebut. Satu hal lagi, pilihlah platform investasi yang sudah mengantongi izin OJK karena hanya platform seperti itu yang bisa dipercaya. 

2. Investasi Emas

Mendengar kata emas kamu pasti membayangkan nilai dari emas batangan yang harganya berjuta-juta. Namun jangan kuatir, kamu bisa memulai investasi jenis ini dengan membeli 1 gram emas asli. Investasi emas ini merupakan salah satu cara memutar uang 1 juta yang cukup aman dan minim risiko karena memiliki “high risk high return”. Artinya, kamu berpeluang mendapatkan keuntungan yang besar dengan risiko yang sama besarnya. 

Sebab, nilai emas cenderung stabil dan bahkan kian meningkat dari tahun ke tahun. Jika ingin merasakan dampak yang besar di investasi emas ini, kamu harus sabar menunggu minimal 5-10 tahun. Dengan jangka panjang tersebut, selisih nilai emas akan naik cukup tinggi. Sedangkan jika dalam hitungan bulan atau hanya 1-3 tahun, ini hanya seperti menabung uang biasa.  

3. Microfinance Marketplace

Jenis investasi yang ketiga ini menjadi pilihan tepat bagi pemula yang ingin mendapatkan keuntungan melalui investasi. Merupakan jenis investasi yang menghubungkan antara pemilik modal dengan pelaku usaha mikro yang membutuhkan dana. Hebatnya lagi, kamu tidak harus investasi 1 juta per bulan melainkan hanya dengan modal Rp100 ribu saja sudah bisa menjadi lenders atau investor. 

Salah satu microfinance marketplace yang memiliki memiliki izin resmi dari OJK adalah Amartha. Dengan modal Rp100 ribu, kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Jika kamu investasi uang 1 juta melalui Amartha, bisa dibayangkan berapa keuntungan yang akan diperoleh per tahunnya. 

4. Deposito 

Instrumen yang paling mudah dan sudah dikenal sejak lama adalah investasi jenis deposito. Kamu bisa memilih jangka waktu deposit sesuai keinginan mulai dari 1 bulan, 3, 6, 12, atau 24 bulan. Namun ingat, kamu hanya bisa mencairkan deposito sesuai tenor yang kamu pilih. Jika tidak, maka akan ada denda yang harus dibayar dan kamu pun tidak akan mendapatkan bunga deposito.  

5. Reksa Dana

Menurut berbagai sumber, investasi melalui reksa dana merupakan cara memutar uang yang minim risiko. Setidaknya ada 3 jenis investasi pilihan, yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, dan reksa dana campuran. Dengan kata lain, modal yang kamu miliki berpeluang menyebar ke saham, obligasi, bahkan hingga ke surat berharga yang ada di pasar uang.  

Dari kelima jenis investasi tersebut, kamu bisa menilai instrumen mana yang paling tepat untuk mendapatkan keuntungan dengan modal Rp1 juta. Apakah investasi emas, microfinance marketplace, saham, reksa dana, atau deposito. 

Jika masih pemula, kamu bisa pilih jenis investasi yang paling aman yaitu investasi p2p lending atau microfinance marketplace, Amartha. Selain mendapatkan keuntungan imbal hasil hingga 15% flat per tahun, kamu juga sekaligus membantu meningkatkan ekonomi Indonesia dengan pemberdayaan perempuan pengusaha mikro. Jadi, tunggu apa lagi. Segera manfaatkan dana yang kamu miliki dengan investasi uang 1 juta di Amartha.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here