Home Lifestyle Tips 4 Tips Wujudkan Resolusi, Bukan Sekedar Janji!

4 Tips Wujudkan Resolusi, Bukan Sekedar Janji!

|

|

|

Apa yang Anda lakukan di hari ini satu tahun yang lalu? Apakah masih merapikan resolusi tahun baru Anda, ataukah sedang memulai resolusi seperti minum air lebih banyak, bangun lebih pagi, berolah raga atau mulai pergi ke gym, makan lebih sehat, menabung?

Apapun yang Anda lakukan di awal tahun yang baru dan apapun resolusinya, satu hal terpenting adalah seberapa sukses Anda berhasil menjalaninya.

4 Tips Wujudkan Resolusi!

Nah, di awal tahun ini, kami tidak dapat memberi tahu Anda resolusi apa yang harus Anda buat, namun kami menemukan beberapa petunjuk tentang bagaimana Anda harus melaksanakan resolusi Anda agar tahun ini dapat kita jalani dengan sukses!

1. Keep it Realistic

Berolah raga lebih banyak, berhenti merokok, membaca lebih banyak- kita bisa membuat list panjang mengenai resolusi yang telah kita buat dan gagalkan. Orang akan sukses jika mencoba meraih tujuan yang realistis dan menghargai usaha mereka sendiri. Anda juga harus menyesuaikan tujuan yang dibuat dengan kondisi aktual yang ada. Misalkan saja seorang yang memiliki waktu luang yang sedikit karena tuntutan pekerjaan, kemudian menargetkan harus turun 10 kg dalam waktu 1 bulan. Mungkinkah?

2. Libatkan orang lain

Dr John Michael, seorang filsuf di Warwick University, mempelajari faktor sosial yang terlibat dalam membuat dan mempertahankan komitmen. Dia mengatakan bahwa kita lebih cenderung menyimpan resolusi jika kita dapat melihatnya sebagai sesuatu yang penting bagi orang lain.

Itu mungkin berarti berkomitmen untuk menghadiri kelas dengan seorang teman. Efeknya bisa menjadi lebih kuat lagi jika Anda harus membayar di muka – begitu kita merasa seseorang telah menginvestasikan waktu dan uang dalam sesuatu, kita cenderung melihat melalui komitmen kita.

Dr Michael saat ini sedang menguji teori bahwa kita lebih termotivasi untuk mencegah kerugian orang lain daripada diri kita sendiri.

3. Catat dan Evaluasi

Resolusi Anda seperti sebuah kompas untuk memberi tahu anda harus ke mana? Dengan begitu anda perlu mencatat dan mengevaluasinya secara berkala agar anda tidak tersesat dengan keinginan-keinginan yang dapat mengalihkan Anda dari resolusi anda sendiri.

4. Be Spesific and simpy do it!

Resolusi adalah apa yang anda perjuangkan. Rencanakan tindakan Anda secara detail agar Anda mengetahui apa yang harus dilakukan secara bertahap untuk mewujudkan resolusi.

Dengan merencanakan “Saya akan mulai mengalokasikan 3 juta Rupiah per-3 bulan untuk Investasi di P2P Lending Amartha“ lebih mungkin berhasil daripada sekadar mengatakan “Saya akan mulai Investasi”.

Mulailah mencari tahu dan alokasikan waktu misalnya 15 menit untuk membaca berita mengenai ekonomi dan bisnis.

Tidak ada resolusi yang tidak mungkin dicapai selama itu realistis dan berfokus kepada kebaikan. Komitmen dan buatlah spesifik. Mulai dengan hal-hal kecil dan lakukan dari sekarang!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...