Wow! Ini Dia 5 Orang Tajir Melintir Se-Indonesia

0
490
https://amartha.com/id_ID/100ribusejutapeluang/?utm_source=blog_amartha&utm_medium=referral&utm_campaign=microsite&utm_content=1jutaceo
Ilustrasi orang tajir di Indonesia. Photos by istockphoto

Siapa Orang Tajir Se-Indonesia? Ini Dia Daftarnya

Tepat di bulan Desember 2021, majalah Forbes telah merilis daftar 50 orang tajir di Indonesia. Jumlah kekayaan bersih gabungan mereka bisa mencapai $133 miliar atau sekitar 1.907 triliun rupiah (asumsi kurs dollar Rp14.342). 

Lantas siapa orang tajir di Indonesia itu? Inilah daftarnya: 

1. R. Budi & Michael Hartono

Posisi Hartono bersaudara ini masih berada di peringkat atas dan belum terkalahkan. Menduduki posisi sebagai orang paling tajir di Indonesia, kekayaannya tercatat USD 42.6 miliar atau sekitar Rp610,9 triliun. 

Budi dan Michael Hartono mendapatkan kekayaannya dari investasi di Bank Central Asia (BCA). Mereka berdua berhasil membeli BCA dari keluarga Salim pada saat krisis ekonomi tahun 1997 – 1998. Kini, bank swasta tersebut telah berkembang pesat dan berhasil menjadikan mereka sebagai orang terkaya di Indonesia. 

2. Widjaja family

Diawali oleh Almarhum Eka Tjipta Widjaya yang mendirikan Sinar Mas Group di masa orde baru, kini Widjaya Family berhasil menjadi orang terkaya nomor dua di Indonesia. Total kekayaan bersih yang mereka miliki dan tercatat oleh majalah Forbes pada tahun 2021 adalah USD 9.7 miliar atau sekitar Rp139 triliun. 

Widjaja Family terdiri dari 7 orang anak Eka Tjipta yaitu Teguh Ganda Widjaja, Oei Hong Leong, Franky Oesman Widjaja, Indra Widjaja, Frankle Widjaja, Muktar Widjaja, Jimmy Widjaja, Fenny Widjaja, Sukmawati Widjaja, Ingrid Widjaja, Nanny Widjaja, Lanny Widjaja, Widjaja, Chenny Widjaja, Meilay Widjaja, Jetty Widjaja. 

3. Anthoni Salim

Orang tajir se Indonesia yang menduduki posisi ketiga menurut majalah Forbes adalah Anthoni Salim dengan total kekayaan bersih senilai USD 8.5 atau setara Rp121,9 triliun. 

Anthoni Salim merupakan pewaris sah sekaligus ketua dari Salim Group yang menjalankan bisnis di berbagai bidang, seperti makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi. 

Selain sebagai ketua Salim Group, Anthoni juga menjabat sebagai CEO Indofood yang memproduksi mie instan terenak dan terkenal di dunia yaitu Indomie. 

Baca Juga: Jadi Pemilik Salim Grup dan Konglomerat di Indonesia, Ini Biografi Anthony Salim

5. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia menjadi orang tajir keempat versi majalah Forbes tahun 2021. Kekayaannya tercatat mencapai USD 6.2 atau senilai Rp88,9 triliun. 

Pria kelahiran Kolkata, India ini adalah seorang pendiri sekaligus ketua dari Indorama Corporation, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dan petrokimia. Meskipun lahir dan dibesarkan di India, akan tetapi Lohia lebih banyak menghabiskan waktu untuk membangun bisnis di Indonesia, sejak 1974. 

6. Prajogo Pangestu

Urutan terakhir yang menempati orang terkaya di Indonesia ialah Prajogo Pangestu. Putra seorang pedagang karet yang memulai bisnis kayu di akhir tahun 1970an. Bahkan, bisa disebut sebagai konglomerat kayu di Indonesia. 

Parjogo berhasil mendirikan perusahaan Barito Pacific Timber dan go public pada tahun 1993, yang kemudian berganti menjadi Barito Pacific di tahun 2007. Hingga tahun 2021, kekayaan yang tercatat Forbes mencapai USD 6.1 atau setara Rp 87,4 triliun. 

Jangan mau kalah dengan kelima orang tajir tersebut. Kamu juga bisa menjadi salah satu bagian dari mereka kelak jika pandai mengatur uang yang diperoleh. Salah satunya dengan menginvestasikan sebagian pendapatan dengan modalin perempuan CEO UMKM Amartha

Kamu bisa dapat imbal hasil sampai 15% flat per tahun, mudah pencairan, dan pemantauan laporan jelas. Jadi, ikuti jejak para orang kaya dan mulai bangun kebebasan finansial di masa depan sejak sekarang bersama Amartha. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here