Work From Anywhere, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

0
63
Ilustrasi work from anywhere. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi work from anywhere. sumber: www.pexels.com

Saat pandemi Covid-19 melanda dunia, beberapa kegiatan yang seharusnya dilakukan di luar rumah terpaksa dilakukan dari dalam rumah, seperti misalnya bekerja. Berhubungan dengan hal tersebut, penerapan work from home (WFH) mulai diberlakukan. 

Kemudian usai pandemi berangsur mereda, istilah WFH berkembang dan munculah istilah baru, yaitu work from anywhere (WFA).

Artikel ini akan memberikan penjelasan terkait WFA beserta kelebihan dan kekurangan dari sistem kerja tersebut. Lebih lengkapnya, simak pembahasannya pada poin-poin di bawah ini.

Apa Itu Work from Anywhere?

Work from anywhere adalah salah satu pola dalam bekerja yang diberlakukan oleh sebuah kantor atau perusahaan untuk karyawannya agar bisa melakukan pekerjaan dari mana saja. 

Semenjak pandemi, kini banyak perusahaan yang mulai menerapkan sistem remote working ini. Dimana beberapa karyawan dapat menyelesaikan pekerjaannya di luar area kantor seperti di rumah maupun di kafe.

Kelebihan WFA atau Work From Anywhere

Masing-masing dari pola bekerja yang diberlakukan oleh tiap-tiap kantor memiliki sisi positif dan negatifnya tersendiri. Sama halnya dengan pola bekerja yang lain, WFA juga memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Beberapa kelebihan dari pola kerja work from anywhere antara lain, yaitu sebagai berikut:

Fleksibel

Kelebihan yang paling utama dari pola kerja WFA ini tentu saja perihal fleksibilitasnya. Apabila di area kantor kamu hanya memiliki ruang bekerja di area yang terbatas, WFA memberikanmu kebebasan. Kamu bisa bekerja di mana saja mulai dari di kamar hingga ruang terbuka seperti di taman.

Selain tempat, konsep WFA juga cenderung fleksibel secara waktu. Kamu bebas menentukan jam bekerja asalkan tetap menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan.

Hemat

Pola kerja WFA dapat menjadi salah satu opsi apabila kamu ingin menghemat. Oleh karena tidak diharuskan untuk bekerja di kantor, kamu bisa menghemat biaya pengeluaran dengan bekerja dari rumah sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi maupun bensin.

Perekrutan Karyawan Berkualitas

Selain dilihat dari sisi karyawan, perusahaan yang menerapkan work from anywhere juga bisa merasakan berbagai macam keuntungan. 

Salah satu yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dari pola WFA ini yaitu pihak perusahaan dapat merekrut kandidat dengan kualitas terbaik dengan tidak melihat lokasi atau domisili dari para kandidat.

Baca Juga: Deretan Startup yang Menerapkan Work From Anywhere (WFA)

Kekurangan WFA atau Work From Anywhere

Selain kelebihan, sayangnya WFA juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari pola bekerja WFA di antaranya yaitu:

Terdapatnya Gangguan

Ketika kamu bekerja di lingkungan yang memang bukan area bekerja, sangat mungkin akan mengalami gangguan. Gangguan ketika WFA yaitu mulai dari kebisingan suara dari lingkungan sekitar kamu bekerja hingga gangguan sinyal yang mengakibatkan miskomunikasi.

Jam Kerja Tidak Teratur

Kekurangan lainnya ketika mengerjakan pekerjaan work from anywhere yaitu kamu jadi tidak memiliki jam kerja yang teratur. Seperti ketika bekerja di kantor yang memiliki jam kerja yang tetap seperti pukul 08.00-17.00 atau 09.00-18.00.

Tercampurnya Urusan Personal dan Profesional

Ketika menerapkan pola WFA, sangat mungkin terjadinya percampuran urusan personal dengan urusan profesional pekerjaan. Ketika hal ini terjadi, pola WFA dapat membuatmu cenderung lebih lelah. Namun hal ini bisa teratasi apabila kamu memiliki kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik.

Beberapa poin di atas telah menjelaskan tentang konsep hingga kelebihan dan kekurangan dari pola kerja work from anywhere (WFA). Apapun pola kerja yang kamu terapkan, yang terpenting yaitu kamu bisa menyelesaikan beban pekerjaan yang diberikan. 

Salah satu perusahaan yang menerapkan sistem WFA atau work from anywhere, adalah Amartha. Mendengar aspirasi dari A-team (sebutan karyawan Amartha), Amartha secara resmi menerapkan WFA permanen sejak Januari 2022 kemarin.

Meski bekerja lebih banyak dengan sistem online, Amartha turut memberikan pendampingan dengan sharing session, serta counseling program dan beragam aktivitas bonding lainnya agar tetap tercipta lingkungan kerja yang sehat baik secara personal maupun tim.

Jika kamu memiliki ketertarikan untuk bekerja di industri fintech, Amartha, mungkin bisa jadi pilihanmu untuk berkarir. Cari tahu lowongan kerja Amartha

Kamu juga bisa sekaligus berinvestasi di Amartha, dan turut serta membantu pengusaha mikro di pedesaan untuk mengembangkan usahanya. Siap berdampak positif bagi perekonomian di Indonesia? Gabung di Amartha sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here