Waspada! Ini 8 Ciri WhatsApp Sedang Dibajak atau Disadap

0
100
ILustrasi whatsapp disadap. sumber: www.istockphoto.com
ILustrasi whatsapp disadap. sumber: www.istockphoto.com

Pembajakan atau penyadapan WhatsApp merupakan hal yang menyebalkan dan bisa berbahaya. Sebab, sekali akun aplikasi chatting tersebut dibajak, maka privasi maupun data-data pribadi bisa terancam, bahkan bocor, sehingga menimbulkan kerugian besar.

Dengan pembajakan atau penyadapan, maka peretas dapat melakukan pengawasan terhadap segala aktivitas yang kamu lakukan dalam aplikasi chatting tersebut. Namun, tidak perlu khawatir karena tindakan kriminal ini dapat kamu deteksi melalui ciri-cirinya.

Nah, memang apa saja sih ciri-ciri pembajakan atau penyadapan ini? Penasaran? Untuk mengetahuinya, kamu lebih baik tidak melewatkan artikel Amartha kali ini! Yuk, cek informasi berikut!

8 Ciri WhatsApp Sedang Dibajak atau Disadap

Untuk mendeteksi, mencegah, dan mengatasi pembajakan atau penyadapan, kamu sebaiknya mengetahui ciri-cirinya. Di bawah ini adalah poin-poin beserta penjelasan tentang ciri-ciri tersebut:

1. Pesan Terkirim Secara Misterius

Pernahkah mendapati adanya pesan terkirim namun bukan kamu pengirimnya? Jika iya, maka terdapat kemungkinan bahwa ada orang lain yang tengah membajak atau menyadap akun milikmu. 

2. Status Online, Padahal Sedang Offline

Apabila kamu mendapati atau seseorang memberitahumu bahwa pada waktu tertentu kamu sedang online, walaupun sebenarnya kamu offline, maka itu bisa jadi suatu indikasi WhatsApp dibajak.

Untuk mengetahui hal ini, kamu sebaiknya tidak mematikan ‘last seen’ atau ‘terakhir dilihat’. Hal ini berguna supaya saat mengecek dengan akun lain, kamu bisa tahu apakah akunmu tengah dibajak atau tidak.

3. Pesan Terbaca Tanpa Sepengetahuanmu

Dua centang biru merupakan pertanda bahwa pesan sudah dibaca. Tapi, bagaimana bila kamu merasa tidak pernah membaca maupun membuka pesan tersebut? Nah, hal ini mengindikasikan bahwa akun WhatsApp milikmu tengah dibajak.

Pada kondisi demikian, akunmu disalin oleh peretas ke aplikasi salinan melalui kode QR yang seharusnya digunakan untuk chatting via website. Bisa peretas mengakses laptop maupun PC milikmu untuk mengakses kode tersebut.

4. Akun Keluar Mendadak

WhatsApp tidak dapat digunakan melalui 2 perangkat dalam waktu yang sama. Apabila kamu menggunakan nomor yang sama di perangkat lain, akunmu pada salah satunya akan keluar secara otomatis.

Hal ini pun bisa menjadi pertanda bahwa terdapat peretas yang berusaha memasuki akunmu. Jika demikian, maka ada notifikasi yang muncul seperti pemberitahuan bahwa nomor ponselmu tidak lagi teregister dalam platform tersebut.

5. Whatsapp Menerima Kiriman OTP Misterius

Apabila akunmu keluar sendiri dan kamu memeroleh kiriman OTP, maka sebaiknya jangan menyebarkan kode itu pada siapapun. Karena itu bisa saja merupakan indikasi bahwa akunmu sedang berusaha untuk dibajak.

Baca Juga: Hati-hati ini 4 Teknik yang Digunakan Dalam Modus Penipuan

6. Aktif di Perangkat Tidak Dikenal

Ciri WhatsApp dibajak satu ini adalah adanya perangkat tidak dikenal yang sedang membawa akunmu. Kamu dapat mengetahuinya lewat pengecekan perangkat apa saja yang tengah mengakses akun milikmu via website.

Demi mengetahui apakah akunmu tersedia dalam perangkat tidak dikenal, maka bukalah 3 titik pada sudut kanan atas aplikasi tersebut. Selanjutnya, bukalah platform chatting ini lewat website dan periksa seluruh sesi terbuka. 

Apabila kamu mendapati pesan ‘telepon ini tidak dapat diverifikasi’, maka ini artinya akunmu sudah diakses perangkat tidak dikenal. Cara mengembalikan WhatsApp dibajak satu ini adalah dengan memutus akses tersebut.

7. Lambat dan Error

Apabila kamu kerap mendapati hang maupun kelambatan pada aplikasi chatting ini, maka ini bisa jadi merupakan pertanda bahwa seseorang sedang memata-matai akunmu. 

8. Ponsel atau Whatsapp Kerap Bereaksi Sendiri

Pertanda lainnya bahwa akunmu telah diretas adalah adanya bel atau suara tanpa alasan. Selain itu, ponselmu pun bisa bergetar walaupun tidak ada notifikasi sama sekali yang masuk di perangkatmu. 

Demikianlah informasi seputar 8 ciri pembajakan atau penyadapan WhatsApp. Kamu sebaiknya waspada akan hal ini. Nah, selain waspada tentang pembajakan, kamu pun sebaiknya waspada soal keuangan di masa depan.

Salah satu cara waspada keuangan di masa mendatang tersebut adalah dengan melakukan investasi di microfinance marketplace seperti di Amartha. Platform kami sudah ber-OJK, dan kamu bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun dengan modalin mulai Rp100.000 aja.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here