Home Usaha Mikro dan UKM Wajib Dicoba! 8 Jenis Usaha UMKM Kuliner dengan Modal Minim

    Wajib Dicoba! 8 Jenis Usaha UMKM Kuliner dengan Modal Minim

    0
    378
    Sumber Foto: Pexels

    Ide Usaha UMKM Kuliner Modal Kecil Untung Maksimal – Saat ini usaha kuliner semakin menjanjikan banyak keuntungan. Apalagi di era pandemi seperti sekarang, justru bisnis kuliner menawarkan peluang yang sangat menjanjikan.

    Didukung dengan teknologi yang semakin canggih, pengelolaan bisnis kuliner semakin mudah terutama untuk urusan marketing. Berikut adalah 8 jenis usaha UMKM kuliner bermodal minim yang bisa kamu jalankan:

    1. Camilan Keripik

    Mitra Amartha
    Mitra Amartha yang menjalankan usaha keripik dan camilan

    Ide UMKM kuliner di masa pandemi yang bisa kamu coba salah satunya adalah bisnis camilan keripik. Saat ini semakin banyak orang berdiam di rumah karena situasi pandemi.

    Permintaan terhadap aneka produk camilan pun meningkat untuk menemani masa karantina di rumah. Produk camilan berupa aneka jenis keripik bisa jadi pilihan untuk meraup untung di era pandemi ini.

    2. Bumbu Kemasan

    sambal kemasan

    Tak harus dalam bentuk makanan, kamu juga bisa berbisnis produk bumbu kemasan. Sebagian besar orang suka sesuatu yang praktis termasuk soal urusan memasak. Bumbu kemasan homemade pasti akan menarik perhatian dan banyak diburu.

    Kamu bisa menciptakan beragam jenis bumbu masakan dan dikemas secara praktis sehingga konsumen bisa langsung menggunakannya secara mudah.

    Baca Juga: Memahami Psikologi Marketing, Tips Bisnis Laris Manis Untuk UMKM

    3. Aneka Minuman

    minuman kekinian
    Sumber Foto: Shutterstock

    kamu juga bisa mencoba menjalankan bisnis produk minuman di masa pandemi ini. Usaha UMKM kuliner tak harus berupa produk makanan tapi bisa juga minuman. Ada banyak sekali jenis produk minuman yang bisa dijual ke masyarakat.

    Mulai dari minuman sehat jus buah, minuman kekinian aneka jenis kopi, juga minuman anak muda yaitu boba. Kreasikan produk minuman yang menarik sehingga laris manis di pasaran.

    4. Salad Buah

    Selanjutnya ada ide usaha produk kuliner salad buah. Makanan yang satu ini juga banyak diminati oleh masyarakat. Terutama bagi mereka para penggemar buah.

    Bisnis salad buah ini juga termasuk ide UMKM makanan ringan yang tergolong unik dan tidak biasa. Apalagi jika kamu bisa menyajikannya dalam bentuk yang menarik, misalnya dengan membuat varian rasa kuah yang belum pernah ada sebelumnya.

    5. Paket Catering Harian

    ide bisnis kuliner kekinian - rice bowl
    ide bisnis kuliner kekinian – rice bowl. Sumber Foto: Pinterest

    Ide usaha UMKM kuliner berikutnya yang juga bisa dicoba adalah bisnis catering harian. Ide bisnis ini juga punya peluang besar di masyarakat. kamu bisa menawarkan produk catering harian bagi orang-orang yang tidak sempat memasak sehari-hari. Tawarkan produk dalam bentuk paket langganan misalnya dalam hitungan minggu atau bulan agar keuntungan yang didapat bisa semakin besar.

    6. Aneka Kue

    Bisnis aneka jenis kue juga bisa jadi pilihan saat ini. Kamu bisa menjual beragam kue mulai dari kue tradisional hingga jenis kue yang modern. Jenis bisnis ini dapat dijalankan dengan metode PO atau pre-order dimana konsumen harus memesan terlebih dahulu. Cocok sekali bagi kamu yang memiliki bakat baking dan mahir berkreasi dengan beragam jenis bahan kue.

    Baca Juga: Inilah 3 Alasan Pentingnya Mencatat Keuangan Bagi UMKM

    7. Warung Nasi

    Ragam kuliner Indonesia. Sumber Foto: iStockphoto

    kamu juga bisa menjalankan UMKM makanan dan minuman dalam bentuk warung nasi sederhana. Bisnis seperti ini sudah pasti akan memiliki pasaran yang jelas di masyarakat. Banyak orang membutuhkan keberadaan layanan warung nasi ini untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. 

    8. Snack Box

    snack box
    Sumber Foto: iStockphoto

    Menjalankan bisnis snack box juga bisa dijadikan sebagai pilihan bagi kamu. Jenis usaha yang satu ini biasanya akan mendatangkan banyak keuntungan. kamu bisa menawarkan jasa penyediaan snack box untuk berbagai acara. Tentunya produk makanan yang menjadi isi snack box bisa dikreasikan agar bervariasi.

    Itulah tadi 8 ide usaha UMKM kuliner yang bisa dijalankan di tengah pandemi. Pastikan kamu mengelola bisnis tersebut dengan sebaik mungkin, terutama untuk masalah keuangan.

    Selain memastikan perputaran uang lancar, pastikan pula kamu berinvestasi untuk masa depan. Gabung saja berinvestasi dengan Amartha yang menawarkan kemudahan serta nilai bagi hasil hingga 15% flat per tahun.

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here