icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Wajib Coba Bisnis Sayuran yang Menguntungkan!
icon-lang
icon-lang

Wajib Coba Bisnis Sayuran yang Menguntungkan!

By Team Amartha Blog - 5 Sep 2022 - 3 min membaca

Apa saja bisnis sayuran yang menguntungkan? Belum tahu? Maka sebaiknya cari tahu informasinya! Dengan begitu, kamu bisa memeroleh keuntungan tinggi dalam berbisnis sayuran tersebut.

Artikel ini akan membantumu mengetahui bisnis sayuran apa saja yang paling menguntungkan saat ini? Penasaran apa saja? Maka dari itu, jangan lewatkan sedikitpun pembahasannya dalam artikel satu ini!

4 Rekomendasi Bisnis Sayuran yang Paling Menguntungkan

Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis sayuran mempunyai prospek cerah. Nah, semakin banyak jenis sayuran yang dapat dibudidayakan pastinya merupakan suatu keuntungan tersendiri untukmu. Apalagi saat ini didukung oleh teknologi canggih untuk cocok tanam. 

Saat ini, usaha sayuran tidak perlu menggunakan lahan luas. Apabila kamu mempunyai sisa lahan di rumah yang belum digunakan maupun atap kosong, maka manfaatkanlah lahan tersebut untuk melakukan cocok tanam!

Terdapat sejumlah rekomendasi sayur-sayuran apa saja yang bisa kamu jadikan bisnis. Nah, tanpa penjelasan panjang lebar lagi, di bawah ini merupakan poin-poin dan penjelasan tentang rekomendasi bisnis sayuran:

1. Cabai

Semua orang tahu bahwa komoditas satu ini termasuk produk bisnis sayuran yang menguntungkan. Hal ini disebabkan bahwa cabai merupakan bahan yang tidak bisa lepas dari bumbu-bumbu makanan di Indonesia. 

Selain itu, perlu dicatat bahwa harga cabai terus melambung kian meninggi. Untuk membudidayakan cabai, kamu cukup mempersiapkan tanah, sejumlah biji cabai, pot, dan pupuk organik. Kemudian tanam dan lakukan penyiraman secara teratur.

2. Sayur Bayam

Bayam juga termasuk dalam bisnis sayuran yang menguntungkan. Sebab, konsumen sayuran ini banyak sekali. Tanpa memandang usia, sayuran ini disukai banyak orang karena nutrisinya yang tinggi.

Tidak cuma itu, penanaman sayur bayam pun relatif mudah. Kamu cukup menempatkannya dalam pot berisi tanah dan menyiram serta memberikan pupuk secara rutin. 

Secara perhitungan bisnis sayuran, bayam menawarkan keuntungan ganda yaitu waktu dan uang. Jadi, ketika bayam sudah siap dipanen, maka ambil batang dan daunnya saja. Biarkan akar tetap tertanam, tanpa perlu penanaman ulang. 

Baca Juga: Hidroponik: Satu Juta Peluang Untuk Mandiri 

3. Sayur Kangkung

Selain bayam, jenis sayuran yang memiliki banyak peminat adalah kangkung. Tidak cuma mudah untuk ditanam dan dibudidayakan, namun harganya juga terjangkau sehingga penjualannya bisa tetap stabil dalam setiap panen. 

Hanya saja, kamu perlu memilih jenis kangkung apakah yang hendak ditanam. Ada 2 jenis kangkung yang kerap dijajakan di pasar. Diantaranya, pertama adalah berdaun tebal dan bercabang banyak dan keuda adalah berdaun sempit dan memanjang.

4. Bisnis Sayuran Microgreens

Biasanya dalam jualan sayuran konsep modern, microgreens kerap dijajakan karena memang ini merupakan tren sayur yang sedang naik daun bahkan bisa dibilang menguntungkan.

Tentang anatominya, microgreens yakni memiliki daun berwarna hijau, bentuknya kecil dengan tinggi kurang lebih hanya 3 sampai 8 cm saja. Walaupun biasanya berwarna hijau, ada pula ragam warna, tekstur, dan rasa lainnya. 

Biasanya jenis sayuran satu ini masa panennya yakni ketika di awal siklus pertumbuhan. Untuk kegunaannya sendiri biasanya untuk meningkatkan estetika makanan, khususnya salad. 

Kamu bisa mencoba untuk membudidayakan microgreens di rumah. Tentu saja, kamu akan sangat diuntungkan. Sebab, penanamannya mudah cuma membutuhkan tempat seadanya dan tentunya tidak memerlukan biaya besar karena masa panennya singkat. Jadi, itu dia pembahasan seputar bisnis sayuran yang menguntungkan yang tidak akan pernah mati.

Mau keuntungan imbal hasil hingga 15% flat per tahun dari bisnis pertanian atau sayuran? Yuk, modalin mitra UMKM Indonesia untuk memberikan akses permodalan dengan menjadi lender di Microfinance Marketplace Amartha. Mulai dengan Rp100.000 aja kamu bisa menjadi bagian dari teman Martha yang memberikan dampak positif.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Daftar Sekarang

Artikel Terkait

Wajib Coba Bisnis Sayuran yang Menguntungkan!

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://access.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png