Wajib Catat! Ini 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

0
143
Ilustrasi tips mengelola THR. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi tips mengelola THR. sumber: www.istockphoto.com

THR atau Tunjangan Hari Raya adalah dana tunjangan khusus yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan menjelang hari raya, misalnya saat Idul Fitri. Karena itu, tips mengelola THR sangat penting diketahui agar tunjangan bisa digunakan secara maksimal.

Pasalnya, jika tidak dikelola dengan bijak, THR yang diperoleh justru akan habis sia-sia. Jangan sampai kamu menjadi boros dan menghabiskan dana tunjangan tersebut untuk hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan, lalu berujung menyesal di kemudian hari.

Berikut 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan keinginan masing-masing yang ingin diwujudkan menggunakan THR. Agar pemanfaatannya lebih maksimal sesuai skala prioritas, berikut beberapa tips penting dalam mengelola dana Tunjangan Hari Raya dengan bijak:

Proyeksikan Rencana Pengeluaran

Saat menerima THR lebaran, sebaiknya buatlah rencana pengeluaran terlebih dahulu untuk memastikan bahwa dananya akan digunakan untuk keperluan yang tepat. Langkah ini dapat membantu menghindari pengeluaran yang impulsif.

Lunasi Hutang atau Cicilan Jika Ada

Membayar utang tepat waktu sangat penting agar tidak menambah beban keuangan di masa depan. Jadi, jika kamu memiliki hutang atau cicilan, sebaiknya manfaatkan THR 2023 ini untuk membayar atau melunasinya.

Prioritaskan untuk Kebutuhan

Ingat, THR seharusnya digunakan untuk keperluan yang paling krusial terlebih dahulu. Yaitu dengan memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan penting seperti membayar tagihan, membeli kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya.

Hindari Pengeluaran yang Tidak Penting

Sebenarnya, tidak ada salahnya menyisihkan sebagian dana THR untuk keinginan pribadi, misalnya membeli gadget impian, staycation, makan di restoran mahal, dan lain-lain. Yang penting, pastikan seluruh kebutuhanmu sudah terpenuhi terlebih dahulu.

Jadi, tips mengelola THR yang paling penting adalah mengontrol pengeluaran. Hindari pengeluaran yang tidak penting di luar kebutuhan primer. Selalu prioritaskan kebutuhan dibanding keinginan agar pemanfaatan THR semakin maksimal.

Baca Juga: Lalai Bayar THR, Ini Sanksi Yang Pengusaha Dapatkan

Sisihkan untuk Zakat dan Sedekah

Sebagai seorang muslim, menyisihkan sebagian dari THR untuk zakat dan sedekah adalah tindakan yang sangat baik. Memperhatikan sesama dan memberikan sumbangan adalah bagian dari nilai-nilai sosial yang terkandung dalam agama Islam.

Apalagi, zakat di bulan Ramadhan bersifat wajib bagi umat muslim yang mampu. Jadi, jangan lupa menyimpan sebagian THR yang diperoleh untuk berzakat dan bersedekah agar mendapatkan pahala dan berkah yang lebih berlimpah.

Tabung atau Investasikan Sebagian

Saat merencanakan alokasi dana, jangan lupa menyisihkan sebagian untuk ditabung. Kamu juga bisa mencoba kelola uang THR tahun ini untuk keperluan investasi ke instrumen tertentu.

Dengan menabung atau menginvestasikan sebagian dana THR, kamu dapat memperoleh manfaat finansial jangka panjang dan melindungi diri dari risiko keuangan yang tidak diinginkan.

Sisihkan untuk Dana Darurat

Tidak ada yang tahu kapan keadaan darurat bisa terjadi, oleh karena itu penting untuk mempersiapkan dana darurat. Berbeda dengan tabungan yang tujuan penggunaannya lebih pasti, dana darurat digunakan untuk situasi tidak terduga seperti sakit, kehilangan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Memiliki dana darurat juga dapat membantu mengurangi ketidakpastian finansial yang mungkin terjadi di masa depan. Karena itu, sisihkan sebagian THR yang kamu peroleh untuk dana darurat.

Agar pengelolaan THR dari Ramadan tahun ini semakin maksimal, kamu juga bisa manfaatkan THR menjadi pendapatan pasif mingguan.

Caranya dengan bergabung menjadi lender di Amartha microfinance marketplace yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Di Amartha, kamu bisa ikut mendanai pelaku usaha mikro di Indonesia yang memiliki produk pendanaan mulai dari Rp100 ribu dengan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. So, yuk terapkan tips mengelola THR secara maksimal dengan modalin di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here