Home Finance WA Bisnis Untuk UMKM, Ini Kelebihannya Dibanding WA Biasa

WA Bisnis Untuk UMKM, Ini Kelebihannya Dibanding WA Biasa

0
106

Siapa sih yang tak kenal dengan aplikasi perpesanan Whatsapp? Sebagai salah satu penyedia layanan perpesanan yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia, Whatsapp baru-baru ini juga meluncurkan platform aplikasi baru yang diperuntukkan oleh para pebisnis yaitu Whatsapp Business atau yang biasa disebut dengan WA bisnis. 

Dibandingkan dengan Whatsapp biasa, WA bisnis menawarkan beberapa keunggulan karena dilengkapi fitur yang tidak dimiliki oleh Whatsapp biasa. Fitur-fitur pada WA bisnis ini bermanfaat untuk memudahkan para pelaku usaha agar lebih komunikatif kepada konsumen.

Untuk mengetahui apa saja kelebihan WA bisnis bagi pelaku UMKM, berikut ini penjelasan selengkapnya. 

  1. Akun Dapat Dilihat Sebagai WA Bisnis

Bagi Anda pelaku bisnis atau UMKM yang melakukan chat atau pengiriman pesan pada konsumen, maka konsumen akan mendapatkan notifikasi bahwa mereka sedang melakukan percakapan dengan akun bisnis. Dengan adanya notifikasi atau pemberitahuan ini, konsumen akan lebih percaya dengan usaha atau bisnis yang Anda jalankan. 

2. Tersedia Opsi Pesan Otomatis (Auto Response)

Sebagai pelaku usaha, Anda tentunya harus bisa memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen dengan merespons permintaan mereka. Anda bahkan dituntut untuk melayani konsumen dengan sepenuh hati dan setiap saat, bahkan di luar jam kerja sekalipun. Untuk membantu pekerjaan Anda, WA bisnis menyediakan fitur pesan otomatis atau auto response. 

Dengan adanya fitur tersebut, Anda bisa mengirim pesan secara otomatis untuk membalas dan merespons pesan dari konsumen. Fitur ini akan sangat membantu Anda untuk mengirimkan pesan kepada konsumen yang menghubungi nomor WA bisnis Anda secara personal.

3. Tersedia Opsi Quick Reply (Balas Cepat)

Selain fitur auto response, fitur quick reply atau balas cepat juga sangat membantu Anda untuk menyapa, memberi respons atau informasi mengenai produk, dan mengucapkan terima kasih kepada konsumen yang sudah membeli produk yang Anda jual. Dengan fitur balas cepat, Anda bisa membuat beberapa kalimat hanya dengan mengetik satu atau dua kata saja sebagai kata kunci. 

Sebagai contoh misalnya Anda cukup mengetik “terima kasih”, maka nantinya akan muncul kalimat panjang yang sudah Anda siapkan sebelumnya tanpa harus mengetik panjang lebar. Fitur ini akan sangat membantu terutama bagi Anda yang sudah memiliki banyak pelanggan, agar Anda tidak perlu capek-capek membalas dan mengucapkan terima kasih kepada konsumen satu per satu.

4. Tersedia Fitur Label Chat

Dengan tersedianya fitur chat, Anda akan lebih mudah untuk membedakan dan mengelompokkan antara konsumen baru, konsumen lama, dropshipper, atau reseller. Anda juga bisa memberikan label chat untuk pembeli yang sudah melakukan pembayaran, menunggu pembayaran, pesanan selesai, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.

5. Bisa Menggunakan Nomor Kantor atau Perusahaan

Fitur selanjurnya yang bisa Anda nikmati dari WA bisnis adalah penggunaan nomor telepon perusahaan. Dengan menggunakan nomor telepon perusahaan atau kantor, maka bisnis yang Anda jalankan akan terkesan lebih professional dan konsumen juga akan lebih percaya untuk membeli produk yang Anda jual.  

6. Menyediakan Fitur Analisis Data Interaksi Pelanggan

WA bisnis juga menyediakan informasi secara detail mengenai interaksi konsumen bisnis yang Anda jalankan, seperti jumlah pesan yang sudah dikirim, diterima, terkirim, dan pesan yang sudah dibaca. Dengan adanya statistik data pesan, akan membantu Anda dalam mengetahui seberapa banyak pesan yang sudah tersampaikan kepada para pelanggan dari bisnis yang Anda jalankan.

Kelebihan WA bisnis seperti yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang menjalankan bisnis untuk memudahkan dalam merespons konsumen. Apabila bisnis Anda sudah berjalan dengan baik, Anda bisa juga memberdayakan UMKM lainnya melalui Amartha lho.

Amartha adalah platform P2P Lending yang menghubungkan investor kepada pelaku usaha mikro khusus perempuan di pedesaan. Anda bisa mendapatkan imbal hasil sampai 15% Flat per tahun. Pelajari mengenai Amartha di sini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here