UU Cipta Kerja Beri 3 Kemudahan Untuk UMKM. Apa Saja?

|

|

|

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM), Arif Rahman Hakim, membeberkan ada lima kemudahan yang akan didapatkan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.

Melansir nasional.kontan.co.id, kemudahan-kemudahan yang akan diberikan terdiri atas memulai, mengelola, dan mengembangkan usaha.

Kemudahan Memulai Usaha

Pertama, usaha mikro dan kecil dibebaskan dari biaya perizinan berusaha. Aturan ini diatur dalam pasal 12 ayat 1 (b) UU Cipta Kerja.

Kedua, adanya perizinan tunggal dan prosedur perizinan menjadi lebih sederhana melalui Online Single Submission (OSS).

Ketiga, adanya peran pemerintah pusat, pemda, BUMN, usaha besar nasional dan asing dalam penyediaan pembiayaan bagi usaha mikro dan kecil.

UMKM 101: Cara Mengurus Surat Izin Usaha UMKM

Kemudahan Mengelola Usaha

Dalam mengelola usaha, UU ini mengatur tentang kemudahan dan kesederhanaan dalam administrasi pajak, insetif pajak, dan kebapean bagi usaha mikro dan kecil.

Selain itu ada juga penyediaan layanan bantuan dan pendampingan hukum bagi usaha mikro dan kecil.

Dalam mengelola, UMKM akan diberikan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan sistem atau aplikasi pembukuan atau pencatatan keuangan.

Bangun UMKM Berkelanjutan, Amartha dan Unilever Jalin Kerjasama Pelatihan Kewirausahaan

Keempat, usaha mikro dan kecil akan diberlakukan upah berdasarkan kesepakatan antara pengusaha dan pekerja, sekurang-kurangnya sebesar persentase tertentu dari rata-rata konsumsi masyarakat.

Kelima, UMKM akan dilindungi agar tidak dikuasai atau dimiliki oleh usaha besar.

Selanjutnya, ada peningkatan peluang usaha bagi produk UMKM dengan kemitraan rantai pasok.

Kemudahan Mengembangkan Usaha

Soal pengembangan usaha, Arif menjelaskan bahwa kegiatan usaha UMKM dapat menjadi jaminan untuk mengakses kredit pembiayaan usaha.

Ada juga proses pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang akan dipermudah dan disederhanakan.

Sementara mengenai perluasan pasar dan promosi produk, UMKM mendapat kesempatan leih besar di rest area jalan tol dan infrastruktur publik seperti terminal, bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, dan lainnya.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...