Home Business Usaha yang Menguntungkan, Inilah 4 Tips Membuka Bisnis Mie

Usaha yang Menguntungkan, Inilah 4 Tips Membuka Bisnis Mie

|

|

|

Bisnis mie adalah usaha kuliner yang paling menguntungkan. Pasalnya, mie merupakan makanan utama yang sering dikonsumsi oleh orang-orang selain nasi. Tidak heran, bisnis mie pun berkembang pesat dengan beragam varian. Kamu pasti akan mudah menemukan berbagai jenis mie yang dijajakan seperti mie ayam, mie ramen, bahkan mie instan biasa.

Karena itu, sekarang ini makin banyak orang yang mencoba peruntungannya dengan membukan usaha kuliner yang berbahan dasar mie, baik sebagai penghasilan utama maupun penghasilan tambahan. Dari sejak dulu, bisnis mie memang tidak pernah surut seiring minat masyarakat yang semakin bertambah untuk mengonsumsinya.

Meski punya pangsa pasar yang sangat luas, ada berbagai aspek yang tetap perlu kamu pertimbangkan secara matang sebelum memulainya. Berikut ini adalah 4 tips dalam membuka bisnis mie!

1. Pakai Bahan Berkualitas Tinggi  

Kunci utama dari kesuksesan berbisnis mie adalah memakai bahan baku yang berkualitas tinggi. Ketika membuka usaha kuliner, cita rasa yang lezat adalah faktor utama supaya orang-orang tertarik membelinya dan (mungkin) menjadi pelanggan setia. Untuk mendapatkan cita rasa yang lezat, tentunya kamu harus memakai bahan dengan kualitas premium.

Selain dapat menghasilkan cita rasa lezat, bahan premium juga akan senantiasa menjami mie buatanmu  sehat dan aman untuk dikonsumsi. Bayangkan saja jika bahan baku yang kamu gunakan punya kualitas yang kurang baik, kemudian hal tersebut justru membuat para konsumen dari bisnis mie milikmu sakit. Tentunya, hal itu akan berpengaruh besar pada bisnis yang baru kamu rintis bukan?

2. Tentukan Target Pasar  

Tips berikutnya adalah menentukan target pasar dari bisnis mie milikmu. Ketika menentukan target pasarnya, pastikan juga harga yang akan kamu tawarkan nantinya sesuai dengan target pasar yang diincar. Jangan sampai harga tersebut terlalu tinggi agar tidak membebani target pasar sehingga membuat bisnis mie milikmu justru tidak ramai.

Jangan sampai juga kamu menawarkan harga yang terlalu rendah, sebab harga ini justru bisa membuat kamu tidak balik modal. Jadi, pastikan harga tersebut sudah sesuai dengan perhitungan yang matang dalam menentukan target pasarnya ya!

3. Buka di Lokasi Strategis

Setelah menentukan target pasarnya, hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah membuka bisnis mie di lokasi yang strategis. Pemilihan lokasi tersebut akan menentukan ramai atau tidaknya bisnis mie yang kamu Anda rintis nantinya. Namun, yang pasti kamu harus memilih lokasi yang ramai dan menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat.

Misalnya saja lokasi tersebut dekat dengan kampus, dekat dengan perkantoran, dan sebagainya. Jika bisnis mie milikmu telah dikenal dan punya branding yang cukup kuat, tidak ada salahnya untuk menyewa tempat atau gerai yang ada di pusat kuliner maupun di mal. Meski begitu, sebaiknya pastikan dulu modalnya ya, karena menyewa di kedua lokasi tersebut tidaklah murah.

4. Buat Strategi Promosi Paling Efektif  

Dalam membuka bisnis apa pun, strategi pemasaran maupun promosi tetaplah krusial untuk dilakukan. Di masa sekarang, kamu dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis mie milikmu. Selain itu, untuk menarik calon konsumen, kamu juga bisa menerapkan strategi promosi lainnya. Contohnya, potongan harga untuk beberapa pembeli pertama selama beberapa hari.

Selain memulai bisnis mie, kamu juga bisa meraih kebebasan finansial dengan bergabung menjadi pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya bisa diambil kapan saja loh!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...