Usaha Gula Merah Semanis Rezeki Ibu Zuliani

0
170

Tinggal di daerah Tinggal di daerah yang subur atas pembuatan cuko membuat Ibu Zuliani memilih menjalankan usaha pembuatan gula merah. Sebelumnya Ibu Zuliani berporfesi sebagai ibu rumah tangga.

Awalnya usaha ini dia geluti dengan modal sendiri yang terbatas. Produksi yang kecil berdampak pada pendapatan yang kecil ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Bahkan di awal memulai usaha ini, ia hanya menerima pesanan sebanyak tiga sampai empat pesanan saja. Belum lagi saat hujan tiba, dapur tempat ia mengolah gula merah menjadi tampias. Ibu Zuliani tidak bisa membuat gula merah.

Dua bulan lalu ia bertemu dengan Amartha, platform investasi yang menghubungkan pendana di kota kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

“Awal saya kenal Amartha di ajak teman saya untuk bergabung di Amartha ada petugas Amartha juga sosialisasi ke kampung saya (di) Sukaraja.”

Modal bersih senilai Rp4 juta yang ia terima dari pendana Amartha digunakan untuk mengembangkan usaha gula merah. Ia optimis adanya peluang yang besar dari usaha gula merah. Belum lagi ia didukung dengan sumber bahan baku yang dekat.

Setelah menerima modal usaha dari Amartha, Ibu Zuliani mampu memproduksi gula merah lebih banyak lagi. Ia memasarkan produknya ke pasar-pasar di dekat rumahnya. Setiap harinya, kini ia bisa mendapatkan penghasilan bersih sebesar Rp100.000.

Baca Juga: Pantang Berhenti di Tengah Pandemi, Mitra Amartha Raih Pendapatan 200 Persen

Ia berharap ke depan usahanya semakin berkembang dan bisa di produksi sampai ke luar kota bahkan ke luar negeri. Dua bulan bergabung dengan Amartha, pembayaran angsuran Ibu Zulaini berjalan dengan lancar.

Itulah cerita perempuan tangguh Amartha asal Palembang. Simak kisah lengkapnya pada video di bawah ini.

Terus dukung dan berdayakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan bersama Amartha. Dapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun setiap mendanai satu mitra usaha. Yuk daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here