Home Finance Untung Rugi Beli Rumah VS Sewa Rumah

Untung Rugi Beli Rumah VS Sewa Rumah

|

|

|

Memiliki rumah atau properti tentunya impian banyak orang, apalagi bagi generasi muda yang digadang-gadang tidak bisa memiliki rumah di masa mendatang. Sayangnya, yang sering terjadi adalah biaya yang diperlukan sangat besar atau mungkin terlampau tidak mungkin. Akhirnya banyak orang yang memilih untuk menyewa rumah sebelum akhirnya membeli rumah sendiri.

Sebelum memutuskan untuk membeli atau menyewa rumah, pahami lebih dalam lagi mengenai kekurangan dan kelebihan antara sewa dan beli rumah melalui penjelasan di bawah ini:

Keuntungan Sewa Rumah

  • Sewa rumah memberikan keuntungan untuk yang tidak mampu membeli rumah di lokasi yang strategis.
  • Penyewa rumah tidak akan dibebani perawatan rumah atau properti yang ditempati karena hal itu adalah tanggung jawab pemilik rumah.
  • Sewa rumah tidak memerlukan komitmen jangka panjang sehingga mudah untuk berpindah tempat tinggal dalam waktu singkat, apalagi dituntut oleh pekerjaan yang harus berpindah-pindah.
  • Harga sewa rumah pastinya lebih murah daripada membeli rumah sehingga memiliki uang lebih untuk digunakan berinvestasi.

 

Jika kita beralih dan perhatikan tentang peer to peer lending, kamu sudah bisa berinvestasi dengan memberdayakan pelaku usaha mikro di pedesaan dan mendapatkan keuntungan sampai 15% per tahun. Keuntungan dari hasil investasi ini tentunya bisa disimpan untuk dana darurat hingga membeli rumah.

Meskipun ada banyak keuntungan yang diraih ketika memiliki rumah sendiri, ada beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum menyewa rumah. Berikut kekurangannya:

Kerugian Sewa Rumah

  • Sebagai penyewa, tentunya harus mengikuti aturan perjanjian sewa yang disyaratkan oleh pemilik rumah.
  • Tidak bisa mengubah interior rumah atau properti yang disewa tanpa persetujuan pemilik.
  • Biaya sewa yang dibayarkan tergantung tingkat inflasi. Artinya biaya sewa bisa meningkat setiap tahunnya.
  • Masa sewa bisa sewaktu-waktu berubah tergantung keinginan pemilik rumah.

Baca Juga: Miliki Rumah Pertamamu dengan 5 Strategi Berikut! 

 

Keuntungan Membeli Rumah

  • Memiliki properti berupa rumah merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan. Pasalnya, harga properti akan mengalami kenaikan harga setiap tahunnya.
  • Masa depan keluarga lebih terjamin karena rumah ini bisa diwariskan.
  • Apabila suatu hari membutuhkan modal besar untuk membuka usaha, rumah bisa dijadikan sebagai jaminan untuk pengajuan dana ke bank.

 

Berikut kerugian yang perlu kamu pertimbangkan saat membeli rumah:

Kerugian Membeli Rumah

  • Nilai investasi untuk membeli rumah sangat besar. Jika salah memilih lokasi seperti tidak ramah transportasi dan banjir, maka harus siap-siap terjebak dalam waktu yang lama.
  • Biaya perawatan rumah juga besar. Tak hanya renovasi akibat rusak karena pemakaian, pembayaran pajak juga perlu diperhatikan ya.
  • Jika membeli dengan sistem kredit dan mengalami macet di tengah jalan oleh pihak properti, akan berisiko pada hilangnya uang yang selama ini telah dibayarkan.

 

Nah itulah beberapa keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan saat membeli atau menyewa rumah. Pertimbangkan lagi dengan matang beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli atau menyewa rumah ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...