Home Finance Unit Link: Produk Investasi atau Asuransi?

Unit Link: Produk Investasi atau Asuransi?

|

|

|

Beberapa tahun belakangan ini, banyak orang termasuk kamu sendiri yang pasti pernah ditawari investasi lewat produk asuransi unit link. Tentunya pasti kebanyakan orang yang ditawari akan merasa kebingungan, apakah produk ini termasuk produk asuransi atau produk investasi. Lantas, unit link sebenarnya produk investasi atau produk asuransi ya?

Unit link adalah asuransi yang mengombinasikan dua jenis produk keuangan yaitu asuransi dan investasi. Uang premi yang dibayarkan sebagian digunakan untuk membayar asuransi dan sebagian lagi ditempatkan pada produk investasi, biasanya reksadana dalam bentuk unit link.

Pada asuransi unit link, umumnya memberikan penawaran cukup beragam, terutama seputar return investasi. Instrumen yang tersedia juga cukup beragam mulai dari saham, obligasi, campuran hingga pasar uang.

Biasanya, perusahaan asuransi penerbit unit link jenis ini menempatkan portofolio investasi nasabahnya 100% pada instrumen pasar uang, seperti deposito berjangka, SBI, dan surat utang jangka pendek.

Meski begitu, patut kamu tahu bahwa di dalam unit link, risiko investasi ini ditanggung oleh pemilik bukanlah ditanggung oleh pihak asuransi maupun agennya. Asuransi unit link tentu beresiko karena produk ini tidak ada bedanya dengan produk investasi lainnya.

Apabila performa saham atau pasar uang melorot, nilai investasi unit link juga akan terkena dampaknya. Selain itu, biaya premi yang harus dikeluarkan lebih besar daripada premi asuransi tradisional dengan nilai proteksi yang tidak terlalu besar.

Perlu kamu tahu, terdapat berbagai macam produk unit link yang saat ini beredar, yaitu berdasarkan pembayaran premi, penempatan dana, dan tujuan investasi.

A. Berdasarkan Pembayaran Premi

Berdasarkan jenis setoran preminya, unit link dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni unit link premi tunggal dan unit link premi berkala.

Untuk unit link premi tunggal, nasabah berkewajiban membayar premi tunggal secara sekaligus di muka. Cara pembayaran premi tunggal ini cocok bagi orang secara finansial sudah mapan, karena setoran preminya besar dan hanya dilakukan satu kali selama masa perlindungan polis asuransi.

Sedangkan dalam unit link premi berkala, nasabah harus membayar premi secara berkala atau bertahap. Tahapan pembayaran premi ini bisa setiap bulan, setiap triwulan, atau setiap tahun hingga jangka waktu tertentu. Jenis unit link premi berkala ini cocok untuk seseorang yang ingin mendapatkan perlindungan sekaligus investasi, namun hanya memiliki dana yang terbatas.

B. Berdasarkan Penempatan Dana

Berdasarkan penempatan dana investasinya, unit link terbagi menjadi empat jenis, yaitu unit link pasar uang (cash fund unit link), unit link pendapatan tetap (fixed income unit link), unit link campuran (managed fund unit link), dan unit link saham (equity fund unit link).

Pembagian berdasarkan penempatan dana ini sistemnya menyerupai pembagian jenis investasi di produk reksadana karena memang strategi investasi unit link berupa penempatan aset di penyertaan reksadana.

C. Berdasarkan Tujuan Investasi   

Yang terakhir adalah pembagian unit link berdasarkan tujuan investasi ini sebenarnya merupakan program yang dibuat perusahaan asuransi untuk menyesuaikan kebutuhan nasabahnya. Jadi semacam paket produk yang ditawarkan perusahaan asuransi sesuai tujuan investasi nasabah. Misalnya unit link pendidikan yang bertujuan untuk pendidikan, atau unit link pensiun sebagai dana pensiun.

Meski berisiko, asalkan tetap berhati-hati dan menyerap banyak informasi agar tidak salah beli, asuransi unit link tetap bisa menghasilkan return investasi menarik bagi pemegang polis. Kamu juga bisa memilih asuransi unit link sesuai kebutuhan dan tujuanmu. Nah, selamat mencoba!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...