UNCDF Kunjungi Amartha Point Teluk Naga

Dana Penduduk Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNCDF) melakukan kunjungan di Amartha Point Teluk Naga, Tangerang, belum lama ini.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari pendanaan yang diberikan oleh UNCDF pada akhir 2018. Pendanaan tersebut digunakan untuk memberikan pelatihan literasi keuangan kepada seluruh mitra usaha Amartha di sepanjang tahun 2019. 

Pelatihan ini telah dimulai sejak 25 April 2019 oleh Amartha melalui Modul Pelatihan Literasi Keuangan yang dilakukan oleh tim lapangan Amartha kepada lebih dari 4000 mitra usaha Amartha.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Amartha terhadap peningkatan kualitas hidup mitra. Kegitan ini juga untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan perempuan didalam keluarga, terutama dalam hal alokasi keuangan keluarga untuk dana pendidikan, kesehatan, dan rencana perencanaan keuangan lainnya di masa depan. Modul pelatihan ini telah disesuaikan dengan kondisi pendidikan dan perekonomian mitra Amartha, sehingga mudah diterima dan dipahami.

Pada kunjungan ini, UNCDF bersama dengan tim Impact & Sustainability Amartha dan tim Amartha Point Teluk Naga, mengunjungi langsung mitra di point Teluk Naga, Tangerang untuk melihat situasi proses pelatihan literasi keuangan serta melakukan diskusi kepada mitra Amartha.

Salah satu mitra usaha Amartha, Sinta (45) mengaku merasa terbantu dengan pelatihan literasi keuangan. Selama ini, dia tidak pernah melakukan pencatatan keuangan. Alhasil, dia tidak memiliki dapat mengatur keuangannya dengan baik.

“Kalau rata-rata omzet usahanya hanya berkisar Rp 200 ribu per hari. Setelah mendapatkan pelatihan literasi keuangan, saya menyadari bahwa pencatatan pendapatan dan pengeluaran itu penting agar saya tahu penghasilan bersih yang didapat setiap minggunya untuk dialokasikan ke tabungan ataupun memperbesar usaha,” kata Sinta.

Seperti diketahui, UNCDF memberikan penghargaan kepada Amartha sebagai startup keuangan yang inovatif dalam mengatasi kesenjangan inklusi keuangan dan meningkatkan partisipasi perempuan di ekonomi. Amartha dianggap telah membantu dalam mengurangi tingkat kemiskinan serta turut memajukan ekonomi di desa. Program ini merupakan hasil kolaborasi UNCDF dengan Amartha.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/uncdf-kunjungi-amartha-point-teluk-naga">
LINKEDIN
%d bloggers like this: