Dorong Geliat UMKM di Indonesia Untuk Ciptakan Inklusi Ekonomi Merata

0
65
UMKM
UMKM Untuk Indonesia Sejahtera

Indonesia sejatinya adalah negara dengan kekayaan sumberdaya yang luar biasa, baik dari segi alam dan manusianya. Bentang alam yang sangat kaya dari Sabang hingga Merauke, seakan memanjakan penduduk Indonesia untuk menikmati dan memanfaatkannya dengan seksama.

Namun, jumlah penduduk yang sangat padat dan bahkan menempati peringkat ke empat di dunia dengan total penduduk lebih dari 250 Juta jiwa, membuat akses terhadap sumberdaya yang ada sulit untuk dimanfaatkan secara adil dan merata.

Salah satu jalan agar akses terhadap sumberdaya dapat dinikmati oleh seluruh rakyat di Indonesia, termasuk mereka para masyarakat prasejahtera di seluruh penjuru Indonesia adalah dengan cara pengembangkan sektor UMKM. Mengapa demikian?  

Hal ini karena potensi UMKM yang baik dan terus berkembang, sehingga keberadaan UMKM ini telah menjadi salah satu prioritas dalam agenda pembangunan di Indonesia.

Menurut data Bank BI sendiri, setiap tahunnya kredit kepada UMKM mengalami pertumbuhan. Selain bank, banyak dari pihak swasta yang ikut serta untuk membantu peningkatan UMKM di Indonesia. Salah satu di antaranya adalah Amartha.

Maka sudah sewajarnya bila kebijakan ekonomi Pemerintah pun harus menempatkan UMKM sebagai priorotas utama dalam pemulihan ekonomi, untuk kesempatan kerja dan mengurangi jumlah pengangguran, sehingga terwujud inklusif ekonomi bagi segenap rakyat Indonesia.

Pembangunann ekonomi inklusif ini hanya bisa terwujud jika semua pihak berkontribusi untuk menciptakan peluang yang setara, berbagi manfaat pembangunan dan memberikan ruang partisipasi seluas-luasnya dalam pengambilan keputusan, serta pemanfaatan sumberdaya kepada seluruh masyarakat.

UMKM dapat dijadikan andalan untuk masa yang akan datang dan harus didukung dengan kebijakan-kebijakan yang kondusif, serta persoalan-persoalan yang menghambat usaha-usaha pemberdayaan UKM harus dihilangkan. Berikut tiga alasan mengapa Anda harus turut berkontribusi, mendorong kemajuan UMKM di Indonesia.

  1. UMKM Sumber Pendapatan Kelompok Miskin

Pada negara sedang berkembang seperti Indonesia, UMKM berperan sangat penting sebagai sumber pendapatan kelompok miskin, distribusi pendapatan, pengurangan kemiskinan, pembangunan ekonomi pedesaan, dan perluasan kesempatan kerja.

Selama ini  UMKM telah memberikan kontribusi pada PDB 58.92% dan penyerapan tenaga kerja 97.30%. Maka, dengan turut mendorong geliat UMKM di Indonesia, maka Anda telah menjadi bagian dalam memajukan perekonomian bangsa serta membantu mengentaskan kelompok miskin di Indonesia untu lebih maju dan sejahtera.

  1. Mengembangkan Ekonomi Lokal

Berkembangnya UMKM di Indonesia dapat menjadi potensi pengembangan ekonomi lokal. Tujuan utama pengembangam ekonomi lokal ini adalah peningkatan kuantitas dan kualitas kesempatan kerja yang dapat diakses oleh masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan potensi UMKM sebagai penggerak perekonomian rakyat menjadi fokus utama dalam pengembangan ekonomi lokal.

  1. Bisnis Investasi dan Social Impact

Demi menjangkau semakin banyak pengusaha UMKM di pelosok desa Indonesia untuk mendapatkan pembiayaan keuangan inklusif, taukah Anda? Kini ada suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang Financial Technology, dimana perusahaan ini memberikan pembiayaan kepada mereka, para masyarakat prasejahtera di berbagai pelosok pedesaan di Indonesia untuk memberikan percepatan terciptanya pembangunan ekonomi inklusif.

Di mana orang kota yang diberkahi uang lebih, dapat berinvestasi ke masyarakat pedesaan yang mempunyai economically active poor (usaha mikro dan kecil) supaya bisa tumbuh. Maka, ayo jadi bagian dari kemajuan perekonomian Indonesia dan rasakan social impact yang dapat Anda temukan, hanya di Amartha.

Tunggu apa lagi? Segera dorong semangat inklusifitas dan majukan lebih banyak UMKM di Indonesia dengan berinvestasi. Ayo daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here