Uang Bulanan Cepat Habis? Cek 5 Tips Hemat Berikut!

0
95
Tips Hemat Uang Bulanan
Tips Hemat Uang Bulanan. Sumber Foto: Pexels

Manajemen finansial seperti cara berhemat memang sangat penting untuk diterapkan dalam hidup ini. Jika tidak diatur dengan tepat, uang bulanan sudah pasti mudah ludes.

Tak peduli berapa besar penghasilan yang didapat tiap bulan, jika tidak ada manajemen yang tepat pasti akan selalu terasa kurang.

Berikut ini adalah 5 tips hemat yang bisa diterapkan oleh kamu agar uang bulanan selalu mencukupi:

1. Buat Daftar Pengeluaran

Sumber Foto: Pexels

Prinsip penting dalam manajemen keuangan adalah mengetahui pemasukan dan pengeluaran pribadi.

Pemasukan jelas sudah diketahui dari gaji yang kamu terima setiap bulan. Pengeluaran yang seringkali tidak terkontrol karena tidak diketahui sejak awal sehingga tidak ada kendali pastinya. 

Cobalah untuk membuat daftar pengeluaran setiap bulan. Catat apa saja yang dibutuhkan dalam waktu satu bulan. Mulai dari pengeluaran pokok seperti bahan makanan, listrik, internet, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Berhemat Yang Perlu Kamu Lakukan Saat Memulai Hidup Sendiri

Kemudian catat juga pengeluaran lain di luar kebutuhan pokok misalnya pembelian perabot rumah, servis kendaraan, dan lain sebagainya. Buat daftar dengan rinci dan kalau perlu buat juga perkiraan anggaran yang dibutuhkan.

2. Selalu Gunakan Daftar Belanja

Selain membuat daftar pengeluaran secara keseluruhan, buat juga daftar belanja. Ini juga menjadi hal penting untuk dilakukan demi mengendalikan finansial kamu semua.

Setiap kali akan belanja, buatlah daftar apa saja barang yang dibutuhkan. Pertama, silakan catat dulu persediaan barang apa saja yang habis di rumah. Nantinya bisa dibuat list apa saja yang harus dibeli dan mana yang bisa ditunda terlebih dahulu.

Mengapa penting membuat daftar belanja? Pembuatan daftar belanja ini menjadi salah satu cara menghemat uang bulanan yang sangat efektif. Kamu bisa belanja dengan lebih terarah dan menghindari pembelian barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

3. Susun Rencana Menu Harian

Meal Planning

Tips hemat berikutnya yang bisa dilakukan yaitu menyusun rencana menu makan harian. Ini juga sangat efektif membantu mengendalikan pengeluaran.

Dengan menyusun menu harian maka kamu bisa lebih mudah belanja kebutuhan bahan makanan sesuai daftar tersebut.

Dengan begitu pengeluaran lebih terarah dan tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak khususnya untuk urusan makan sehari-hari.

4. Selalu Bandingkan Harga

Sumber Foto: Pexels

Agar bisa hemat uang bulanan, maka kamu harus bijak ketika berbelanja. Salah satu tips hemat uang belanja yang bisa dilakukan adalah membandingkan harga dulu sebelum membeli sesuatu.

Belilah barang di tempat yang menawarkan harga termurah dengan kualitas produk yang sama.

Tak ada salahnya untuk menggunakan lebih banyak waktu berburu barang dengan harga lebih terjangkau. Jika perlu jelajahi juga toko-toko online untuk membandingkan harga.

Meskipun hanya selisih sedikit tapi jika diakumulasikan dengan kebutuhan lain bisa sangat berarti dan membantu berhemat.

5. Manfaatkan Promo

Jangan lupa, manfaatkan program promo yang bisa ditemui di toko offline maupun online. Belanja kebutuhan sehari-hari memang bisa jadi sangat mahal. Agar tidak terasa memberatkan maka gunakanlah program promo.

Jika ada harga promo, mengapa harus membeli dengan harga normal yang jatuhnya malah lebih mahal? Tapi ingat, hanya gunakan promo untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan.

Itulah tadi 5 tips hemat yang bisa diterapkan agar uang bulanan tetap selamat. Terapkan semua cara menghemat uang setiap hari agar pemasukan bisa selalu mencukupi kebutuhan hidupmu.

Usahakan untuk tetap menyisihkan dana darurat dari total pemasukan yang diterima setiap bulannya untuk berjaga-jaga. Kamu juga bisa menjadi pendana untuk pelaku pengusaha mikro di pedesaan, melalui Amartha. Cukup dengan 100 ribu, kamu bisa mulai berinvestasi di sini. Yuk coba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here