Home Tech ⚙ Tren Industri Keuangan 2020

Tren Industri Keuangan 2020

Industri keuangan terus bertransformasi mengikuti perkembangan teknologi dan perubahan budaya konsumsi masyarakat. Berikut adalah lima tren paling penting di industri keuangan 2020.

Kolaborasi Perbankan dan Fintech

Dengan perubahan dalam industri perbankan yang terjadi begitu cepat, mustahil bagi organisasi manapun, dalam ukuran apa pun untuk melakukannya sendiri. Dengan bermitra industri keuangan dapat memperluas produk dan platform ke pasar baru, memperkenalkan brand dan produk ke segmen pelanggan baru dan menciptakan skala industri yang lebih luas. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Di 2020, akan banyak kolaborasi antara perbankan, perusahaan fintech, organisasi teknologi besar, masyarakat, dan bahkan unit pemerintah yang berpotensi. 

Pemanfaatan Data 

Dengan sumber data dan teknologi yang ditingkatkan untuk memproses wawasan, ada peluang tak tertandingi untuk secara proaktif mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan produk atau layanan yang sesuai untuk ditawarkan. Selain menggunakan demografi sederhana, kepemilikan produk, dan profil berbasis risiko, bank dan fintech dapat memberikan hasil yang jauh lebih baik dengan menggabungkan data tradisional dan non-tradisional.

Saat ini, pemasar keuangan dan manajer produk memiliki akses ke data gaya hidup dan psikografis, kepemilikan dan pembelian produk keuangan dan non-keuangan, wawasan preferensi saluran, loyalitas merek, data lokasi geografis, dan bahkan wawasan dari penggunaan media sosial. Wawasan yang ditingkatkan ini, bila dikombinasikan dengan analitik lanjutan tidak hanya akan memberikan informasi kecenderungan pembelian, tetapi juga perkiraan waktu kebutuhan.

Marketing Performance

Data, analitik canggih, dan teknologi pemasaran baru memungkinkan untuk menargetkan dan audiens tertentu pada waktu yang tepat untuk terlibat lebih baik daripada sebelumnya. Dan, pada saat konsumen lebih sedikit beralih penyedia, pemasaran multi channel yang efektif diperlukan untuk merangsang pelanggan baru dan pertumbuhan organik.

Tantangannya adalah bahwa kemampuan untuk mengukur efektivitas peningkatan investasi dalam pemasaran telah tertinggal. Dengan sebagian besar organisasi yang menggunakan kampanye pemasaran multi kanal, lebih penting dari sebelumnya untuk mengukur efektivitas setiap saluran dalam perjalanan pelanggan dan untuk memahami irama dan urutan pesan terbaik untuk ROI yang optimal.

 

Subscribe to Our Newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...