Transformasi Digital UMKM: Manfaat dan Upaya yang Dilakukan

0
215
Ilustrasi transformasi digitalisasi UMKM. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi transformasi digitalisasi UMKM. sumber: www.pexels.com

Apa itu transformasi digital umkm? Kemajuan teknologi yang kian pesat mendorong interaksi dan berbagai aktivitas di ruang digital. Dalam dunia bisnis, hal ini menghadirkan adanya transformasi digital umkm. Merupakan upaya untuk mengubah pelaku bisnis dalam memasarkan dan menjual produk yang dimiliki dengan cara memanfaatkan teknologi. Lalu, apa manfaat dengan adanya digitalisasi UMKM ini dan apa saja upaya yang harus dilakukan? Yuk, simak informasi seputar digitalisasi UMKM berikut ini. 

Manfaat Transformasi Digital Bagi UMKM 

Sudah tidak terhitung berapa banyak UMKM yang mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan teknologi berbasis internet. Seperti, memasarkan melalui media sosial, e-commerce, dan membuat website bisnis.Ini dikarenakan adanya persaingan usaha yang cukup ketat. Nyatanya, adanya transformasi digital yang dilakukan UMKM memberikan manfaat yang cukup besar, antara lain: 

1. Memperluas Jangkauan

Transformasi digital adalah proses transisi operasi organisasi atau institusi  ke sistem digital sepenuhnya. Ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan merek dan pelanggan secara lebih baik. Jika sebelumnya hanya memasarkan produk secara konvensional, maka dengan adanya transformasi digital tersebut akan membuat jangkauan pemasaran menjadi lebih luas hingga ke pelosok negeri, bahkan hingga ke luar negeri. 

Disamping itu, pelaku usaha UMKM juga dapat menjangkau target pasar yang menggunakan smartphone. Hal ini tidak lepas dari gaya hidup masyarakat yang cenderung menyukai belanja online dibandingkan harus belanja secara konvensional. Dengan begitu, UMKM bisa membuat website bisnis dan menggunakan aplikasi mobile sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis dan produknya.  

2. Meningkatkan Pendapatan

Manfaat digitalisasi UMKM yang kedua adalah membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Sebab, dengan adanya jangkauan pemasaran yang lebih luas pastinya akan membuat penghasilan semakin meningkat. Apalagi jika pelaku bisnis UMKM menggunakan beberapa media sosial untuk memasarkan produknya. 

3. Mempermudah Transaksi

Dengan adanya transformasi digital umkm juga merambah ke cara pembayaran atas transaksi pembelian. Ada banyak sekali metode pembayaran yang bisa ditawarkan ke pembeli. Misalnya, membayar melalui mobile banking, internet banking, atau menggunakan dompet digital (e-money) yang bisa kamu download secara gratis melalui Google PlayStore. Dengan adanya pembayaran secara digital ini membuat pelaku bisnis UMKM sangat terbantu karena tidak perlu lagi harus menyediakan uang kembalian.

4. Berkembang Mengikuti Tren

Adanya digitalisasi membuat UMKM mampu beradaptasi dengan kebiasaan masyarakat menjadi lebih kekinian. Contoh UMKM digital yang berkembang mengikuti tren di masyarakat diantaranya adalah membuka toko online, menjadi YouTuber, menulis konten digital, kursus online, berjualan online dengan sistem dropshipper atau reseller, menawarkan jasa desain grafis, dan lain-lain. 

Tips Melakukan Digitalisasi UMKM 

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai upaya digitalisasi UMKM diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi Kebutuhan Teknologi

Tips yang pertama adalah melakukan identifikasi mengenai kebutuhan teknologi yang tepat bagi bisnis. Sebab, setiap UMKM memiliki tantangan kebutuhan masing-masing. 

2. Memilih Software yang Tepat

Agar tidak kalah dengan kompetitor, pelaku UMKM harus mampu memilih software yang tepat. Sebab, rencana adopsi teknologi harus sesuai dengan tujuan dan kebutuhan teknologi yang telah kamu identifikasi sebelumnya. 

3. Menyiapkan Rencana Bisnis

Tips berikutnya agar digitalisasi UMKM berhasil adalah dengan menyiapkan rencana bisnis secara matang. Misalnya saja dengan membuat rencana untuk jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. 

4. Memprioritaskan Pelanggan dan Karyawan

Satu lagi upaya yang harus dilakukan agar transformasi digital untuk UMKM berhasil, yaitu dengan tetap memprioritaskan pelanggan dan karyawan. Itulah berbagai manfaat dan juga upaya yang harus dilakukan agar pelaku bisnis UMKM bisa mengikuti perkembangan zaman di era digital.

Kamu juga bisa lho memberikan dukungan terhadap transformasi digital UMKM dengan cara ikut mendanai di Amartha. Dengan berinvestasi mulai dari Rp 100.000, kamu turut serta memberikan dampak sosial yang positif, karena dana yang kamu investasikan akan disalurkan ke pengusaha UMKM di lebih dari 35.000 desa. Selain itu, kamu sebagai lender, juga bisa mendapatkan imbal hasil 15% flat per tahun. Tunggu apalagi? Yuk, mulai mendanai sekarang di Amartha.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here