Tips UMKM Tembus Pasar Ekspor Perluas Jangkauan Global

0
16
Iustrasi bisnis UMKM. sumber: www.istockphoto.com
Iustrasi bisnis UMKM. sumber: www.istockphoto.com

Sekarang ini peluang pasar luar negeri terbuka begitu luas. Namun, untuk UMKM, tentu tidak semudah seperti yang dibayangkan. Lantas, bagaimana tips UMKM tembus pasar ekspor? Dengan persaingan yang ketat, tentu kamu harus memaksimalkan strategi bisnis. 

Kamu bukan hanya harus memperhatikan masalah kualitas produk, tetapi juga harga, hingga cara pengiriman agar produk yang kamu miliki bisa sampai di tangan pembeli luar negeri dengan selamat. 

Tips UMKM Tembus Pasar Ekspor

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa menembus pasar ekspor, antar alain:

1. Memiliki Website

Salah satu cara UMKM tembus pasar ekspor adalah dengan memiliki website. Dengan memiliki website, kamu bisa menampilkan barang atau jasa yang ingin kamu tawarkan pada pasar luar negeri. 

Selain itu, dengan memiliki website, rasa percaya konsumen akan menjadi semakin meningkat. Website sekarang ini menjadi hal yang krusial. Selain website, kamu juga bisa membuat akun bisnis di semua social media

Gunakan semua jenis akun untuk menyebarkan iklan produk yang kamu miliki mulai dari Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Kamu juga dapat membuat akun Linkedin dengan tampilan professional. 

2. Rajin Mengikuti Pameran

Sekarang ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya membuka pasar ekspor. Salah satu kunci sukses pemasaran yang bisa kamu lakukan adalah rajin mengikuti pameran di event nasional serta internasional. 

Jangan salah, dengan mengikuti pameran, merek dan perusahaanmu bisa lebih dikenal oleh masyarakat. Sehingga akan lebih mudah bagimu untuk menembus pasar internasional. 

3. Rutin Melakukan Kontak dengan Pembeli

Strategi bisnis UMKM yang lainnya adalah rutin melakukan kontak dengan pembeli. Ketika kamu sudah mendapatkan satu atau dua konsumen yang berasal dari luar negeri, kamu bisa rutin melakukan kontak dengan mereka. 

Kamu bisa bertanya, apakah mereka akan melakukan pemesanan ulang, atau melakukan perjanjian kontrak bersama sehingga mereka akan terus menerus melakukan pembelian produkmu secara terus menerus. 

Tentu saja, jika melakukan perjanjian kerjasama, kamu harus rela memberikan sejumlah potongan harga. Tetapi, jika jumlah pesanan yang mereka lakukan cukup besar dan dilakukan secara terus menerus, tentu hal ini akan memberikan keuntungan untukmu. 

4. Maksimalkan Digital Marketing

Di era digital seperti sekarang ini, meskipun sebagai UMKM, kamu harus tetap memaksimalkan digital marketing. Bahkan, bila kamu memiliki modal yang cukup, kamu dapat bekerjasama dengan digital marketing agency

Dengan persaingan yang ketat, sekarang ini cukup banyak digital marketing agency yang memberikan harga kompetitif, bahkan dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Sehingga, kamu bisa lebih fokus mengembangkan bisnis, dan menyerahkan masalah pemasaran pada mereka yang sudah berpengalaman. 

5. Sabar Dalam Melewati Setiap Proses

Tips UMKM tembus pasar ekspor yang terakhir adalah sabar melewati proses. Proses untuk menjangkau pasar luar negeri bukan menjadi hal yang mudah. Oleh sebab itu, kamu harus sabar dalam melewati setiap proses tersebut. 

Tantangan untuk menembus pasar luar negeri bukan menjadi hal yang mudah. Mulai dari harga yang ditawarkan, tidak sedikit UMKM Indonesia yang menawarkan harga yang kurang kompetitif, karena pembeli yang mereka miliki merupakan pembeli luar negeri. 

Selain itu informasi produk yang diberikan juga tidak mendetail, sehingga pembeli dari luar negeri menjadi tidak yakin dengan barang yang ingin dibeli. Oleh sebab itu terapkan tips UMKM tembus pasar ekspor di atas. Bila usahamu berhasil menembus pasar luar negeri, jangan lupa membantu UMKM lain. Salah satu caranya dengan menjadi lender melalui Microfinance Marketplace Amartha. Di sini, kamu juga bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here