Tips Terhindar Jerat Investasi Bodong

|

|

|

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali mengumumkan telah menutup ribuan investasi ilegal atau bodong selama masa pandemi. Sampai September 2020, Satuan Tugas (Satgas) Waspada investasi OJK telah menutup 820 entitas, 2.840 fintech ilegal, dan 143 gadai ilegal seperti dilansir dari detik.com.

Memang, investasi dengan iming-iming untung yang besar dan modal yang kecil sangat menggiurkan bagi siapapun. Namun, masyarakat juga perlu mengetahui dan waspada terhadap tawaran dari investasi bodong.

Tips Terhindar Jerat Investasi Bodong

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari jerat investasi bodong:

  1. Cari tahu informasi mengenai perusahaan, karyawan, dan produknya.

Perusahaan investasi yang beroperasi normal tentunya memiliki alamat dan sistem organisasi yang jelas. Perusahaan tersebut juga memiliki situs resmi untuk membedakannya dengan perusahaan abal-abal. Cari tahu juga produk investasi dari perusahaan tersebut apakah banyak diulas oleh orang atau tidak. 

2. Pastikan ada logo instansi atau lembaga pemerintah

Perusahaan investasi legal selalu menempelkan logo OJK di setiap visual yang dipublikasikan sebagai bentuk supervisi dan pengawasan atas kegiatan usahanya. Bila masih ragu-ragu, maka bisa mengeceknya di website OJK untuk memastikan bahwa perusahaan investasi tersebut sudah terdaftar dan diawasi atau bahkan sudah mendapatkan izin usaha OJK.

3. Perluas pengetahuan mengenai investasi

Di internet maupun toko buku sudah tersedia banyak informasi mengenai investasi. Manfaatkan waktu luang untuk menambah pengetahuan mengenai investasi agar menjadi investor yang cerdas sehingga dapat membentengi diri dan mengambil langkah bijak ketika mendapat tawaran investasi bodong.

Film Tentang Investasi Yang Patut Ditonton

4. Laporkan penipuan investasi ke pihak berwajib

Jika menerima tawaran investasi yang mencurigakan, segera laporkan ke Layanan Konsumen OJK di 1500655 atau melalui email di [email protected] agar segera bisa ditindak oleh pihak yang berwajib. Dengan melakukan hal ini dapat mencegah orang lain agar tidak terjerat investasi bodong, lho.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu kamu ketahui agar terhindar dari jerat investasi bodong. Sebarkan ke orang lain juga agar tidak bertambah banyak korban akibat investasi bodong ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...