Home Money+ Tips Terhindar Jerat Investasi Bodong

Tips Terhindar Jerat Investasi Bodong

Berdasarkan data terbaru pada akhir November 2019, Satuan Tugas (Satgas) Waspada investasi  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menutup 182 kegiatan usaha yang tidak memiliki izin usaha. Total keseluruhan selama tahun 2019, ada 444 kegiatan usaha yang ditutup oleh OJK karena berpotensi merugikan masyarakat. 

 

Memang, investasi dengan iming-iming untung yang besar dan modal yang kecil sangat menggiurkan bagi siapapun. Namun, masyarakat juga perlu mengetahui dan waspada terhadap tawaran dari investasi bodong.

 

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari jerat investasi bodong:

  • Cari tahu informasi mengenai perusahaan, karyawan, dan produknya.

Perusahaan investasi yang beroperasi normal tentunya memiliki alamat dan sistem organisasi yang jelas. Perusahaan tersebut juga memiliki situs resmi untuk membedakannya dengan perusahaan abal-abal. Cari tahu juga produk investasi dari perusahaan tersebut apakah banyak diulas oleh orang atau tidak. 

  • Pastikan ada logo instansi atau lembaga pemerintah

Perusahaan investasi legal selalu menempelkan logo OJK di setiap visual yang dipublikasikan sebagai bentuk supervisi dan pengawasan atas kegiatan usahanya. Bila masih ragu-ragu, maka bisa mengeceknya di website OJK untuk memastikan bahwa perusahaan investasi tersebut sudah terdaftar dan diawasi atau bahkan sudah mendapatkan izin usaha OJK.

  • Perluas pengetahuan mengenai investasi

Di internet maupun toko buku sudah tersedia banyak informasi mengenai investasi. Manfaatkan waktu luang untuk menambah pengetahuan mengenai investasi agar menjadi investor yang cerdas sehingga dapat membentengi diri dan mengambil langkah bijak ketika mendapat tawaran investasi bodong.

  • Laporkan penipuan investasi ke pihak berwajib

Jika menerima tawaran investasi yang mencurigakan, segera laporkan ke Layanan Konsumen OJK di 1500655 atau melalui email di [email protected] agar segera bisa ditindak oleh pihak yang berwajib. Dengan melakukan hal ini dapat mencegah orang lain agar tidak terjerat investasi bodong, lho.

 

Nah, itulah beberapa tips yang perlu kamu ketahui agar terhindar dari jerat investasi bodong. Sebarkan ke orang lain juga agar tidak bertambah banyak korban akibat investasi bodong ya!

Subscribe to Our Newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...