Tips Sukses Usaha Warung Kopi Modal Kecil

|

|

|

Tips Sukses Usaha Warung Kopi Modal Kecil – Usaha warung kopi (warkop) merupakan usaha kecil yang sering kita jumpai, mulai dari pinggir jalan, hingga agak masuk ke dalam gang.

Kebiasaan ngopi sambil bertukar cerita sudah sejak lama dilakoni oleh para masyarakat mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Makanya gak heran kalau usaha warung kopi memiliki banyak peminat.

Selain banyaknya peminat, usaha warung kopi dapat dilakukan dengan modal yang kecil. Sebagaimana kita tahu, modal merupakan tantangan utama seseorang yang ingin terjun menjadi pebisnis.

Untuk kamu yang tinggal di pedesaan dan atau ingin membuka usaha warung kopi, kamu bisa mendapatkan pinjaman modal tanpa agunan di Amartha. Kamu cukup menghubungi kantor layanan terdekat untuk mendapatkan pinjaman modal usaha.

Namun, warung kopi sederhana bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil, mulai dari 5 juta. Setelah usaha mulai berjalan, kamu bisa menggunakan sebagian untuk tambahan modal dalam mengembangkan usaha.

Membuka usaha warung kopi tentunya berbeda dengan membuka coffee shop. Baik itu coffee shop berbentuk franchise atau individu. Ada modal besar, konsep toko, hingga sertifikasi untuk karyawan.

Modal Buka Usaha Warung Kopi

Modal untuk membuka usaha warung kopi terbilang relatif kecil atau murah. Usaha ini bisa dimulai dengan modal Rp5 juta. Bahkan bisa lebih rendah dari itu apabila kamu sudah memiliki tempat usaha atau halaman yang cukup.

Dengan anggapan kamu sudah memiliki tempat usaha, berikut ini beberapa kebutuhan yang perlu disiapkan jika kamu ingin membuka usaha warung kopi:

KebutuhanEstimasi biaya
Kompor dan tabung gasRp. 500.000
Termos ( 2 buah)Rp. 200.000
Panci dan WajanRp. 300.000
Piring sendok garpu (20 set)Rp. 700.000
Meja kursiRp. 2.000.000
TerpalRp. 500.000
Mie instantRp. 100.000
Kopi sachetRp. 200.000
TelurRp. 100.000
Susu kalengRp. 100.000
Minyak gorengRp. 100.000
Roti tawarRp. 100.000
Biaya Retribusi dan keamananRp. 100.000
Total biayaRp. 5.000.000
Sumber: ukmberdaya.com

Baca Juga: Boros? Coba Siasati Latte Factor dengan Cara Ini!

Tips Sukses Usaha Warung Kopi

Jaga kebersihan

Setiap warung harus dijaga kebersihannya agar pembeli dapat merasa nyaman, hal ini termasuk juga untuk warkop. Minimal kamu harus membersihkan warung sebelum dan setelah tutup.

Atur tata letak dagangan

Warung kopi umumnya menunjukkan secara langsung kepada pembeli barang apa saja yang dijual, seperti jejeran kopi instan, jejeran mi instan, atau aneka gorengan sebagai camilan.

Atur barang-barang tersebut dengan rapi dan tata letak yang eye catching. Hal ini agar pembeli bisa langsung mengetahui apa saja yang warung kamu jual.

Riset menu

Meskipun barang utama yang kamu jual adalah kopi, gak ada salahnya kalau kamu juga menambah menu lain seperti gorengan, mi instan, hingga nasi.

Kebiasaan mengobrol di warung kopi ini bisa menjadi peluang yang kamu manfaatkan sebagai pebisnis. Tambahkan menu-menu yang kiranya banyak dicari oleh pembeli. Kamu juga bisa buat menu itu berasa otentik atau khas yang hanya ada di warung kamu.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...