/

Tips Siapkan Dana Pensiun

Tips Siapkan Dana Pensiun

Menyiapkan dana pensiun sejak dini merupakan suatu hal yang sangat penting. Jangan sampai ketika usia Anda sudah memasuki usia pensiun, Anda baru menyiapkan dana pensiun. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi finansial Anda. Mungkin saja perusahaan yang Anda tempati akan memberikan dana pensiun. Namun, Anda pun juga bisa memulai sendiri dengan menyiapkan dana pensiun.

Dana pensiun yang Anda terima sangat berguna tak hanya untuk kehidupan sehari-hari di masa tua tetapi juga kesempatan untuk berbisnis. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memulai persiapan dana pensiun.

Hapus Hutang Secepatnya

Anda mempunyai hutang untuk cicilan mobil atau rumah. Sebaiknya, Anda mulai membayar cicilan tersebut secepatnya. Hal dilakukan agar masa tua Anda tak dikejar-kejar oleh hutang. Jika ada uang lebih bayar saja hutang Anda, agar terbebas dari hutang.

Biaya Pengeluaran

Pastikan Anda mengamati biaya pengeluaran. Misalnya, Anda membeli kopi seharga Rp 35.000 setiap hari. Bayangkan, jika Anda tidak membeli kopi tersebut. Anda lebih memilih minum kopi seduh dirumah atau dikantor. Anda bisa menghemat pengeluaran. Bisa saja Anda menggunakan uang itu untuk menabung.

Menabung

Anda bisa memulai menabung dengan menyisihkan pengeluaran Anda sekitar 10 persen. Anda bisa menabung di Bank, asuransi atau investasi. Memulai menabung dari sekarang sangat penting untuk masa depan Anda. Jangan sampai Anda tidak mengelola keuangan dengan baik.

Mulai Berbisnis

Mulailah melakukan bisnis sampingan. Siapa tahu bisnis Anda justru berkembang dan Anda tak perlu lagi bekerja di perusahaan. Ada banyak kisah sukses pengusaha yang memulai bisnis sambil bekerja seperti pendiri dan CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra yang dulu pernah menjadi pegawai swasta di perusahan multinasional IBM. Dia memilih untuk membangun perusahaan fintech peer to peer lending yang fokus terhadap pembiayaan modal kepada pengusaha mikro perempuan di desa.

Melakukan Pendanaan di Fintech Lending

Salah satu hal yang paling tepat adalah melakukan pendanaan di fintech lending. Anda cukup memulai pendanaan sebesar Rp 3 juta dengan imbal hasil hingga 15 persen di Amartha. Anda dapat memberikan pendanaan yang juga memberikan dampak sosial. Pasalnya, Amartha menyalurkan pembiayaan kepada pengusaha mikro perempuan di pedesaan. Dengan melakukan pendanaan di Amartha, maka Anda turut membangun ekonomi di desa.

 

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/tips-siapkan-dana-pensiun">
LINKEDIN
%d bloggers like this: