Ingin Hemat di Bulan Ramadhan? Ikuti 5 Langkah Ini

Tips Ramadhan

Lakukan 5 Hal Berikut, agar Ramadhan Tahun Ini Makin Hemat dan Berkah

Bukan menjadi rahasia lagi, saat bulan Ramadhan berbagai harga barang kebutuhan pokok kian melonjak, tentunya hal tersebut berimbas pada pengeluaran kita yang semakin membengkak.

Logikanya sih, karena siang kita tidak makan dan tidak minum, harusnya pengeluaran juga berkurang dong. Namun faktanya tidak demikian, bulan puasa justru seringkali membuat pengeluaran jadi semakin tidak terkontrol.

Hal tersebut senanda dengan apa yang telah disampaikan oleh Menteri Pertanian, Amran Sulaiman. Menurut penuturan beliau, konsumsi masyarakat pada Ramadhan tahun 2016 yang lalu meningkat 2 kali lipat dari konsumsi di hari-hari biasa. Tentu saja banyak faktor yang menyebabkannya, salah satunya karena nafsu belanja yang sulit kita kontrol, baik itu membeli makanan, pakaian ataupun barang lain yang terlihat amat menggiurkan di mata kita, walaupun sejatinya bukanlah hal yang penting dan wajib kita beli.

Tak peduli berapapun gaji yang kamu punya, kalau tidak diatur dengan tepat dan cermat, kamu tetap saja akan sekarat di pertengahan bulan, bahkan sampai merayakan hari kemenangan. Nah, agar nanti kamu tetap bisa bernafas lega melihat kantong yang tetap tebal, tips-tips di bawah ini bisa kamu coba untuk menjadi hemat di bulan Ramadhan ini.

1. Buat Anggaran Khusus Bulan Ramadhan

Di bulan Ramadhan ini kamu harus lebih cermat dalam mengatur keuangan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah membuat anggaran khusus di bulan Ramadhan ini. Misalnya, kamu bisa menata menu makanan setiap harinya di saat sahur maupun berbuka. Catat pula berapa orang yang akan ikut memakan makananmu nanti.

Buat secara terperinci, mulai dari bahan apa saja yang dibutuhkan dan berapa banyak jumlah yang dibutuhkan serta harga dari setiap bahan yang dibutuhkan. Hal ini diperlukan untuk memudahkan kamu dalam menghitung estimasi pengeluaran kamu selama sebulan. Selain itu, kamu tidak akan memiliki sisa makanan berlebih, jadi tidak ada makanan yang terbuang sia-sia, dan kamu jadi makin hemat.

2. Persiapkan Kebutuhan Ramadhan Sejak Dini

Mempersiapkan segala kebutuhan di bulan Ramadhan dengan lebih cepat, bukanlah suatu hal yang salah. Kamu bisa mulai siapkan segala kebutuhanmu, mulai dari berbagai bahan untuk puasa, alokasi dana untuk berzakat, alokasi dana mudik, baju lebaran serta tak ketinggalan salam tempel untuk keponakan-keponakanmu nanti.

Contoh lain adalah dengan cara berbelanja kebutuhan selama Ramadhan dalam jumlah besar, dan sekali tempo. Penghematan yang kamu dapatkan, sebetulnya akumulasi dari beberapa hal. Pertama, dengan belanja dalam jumlah besar dan sekaligus, kamu tidak harus membayar ulang uang parkir maupun mengeluarkan biaya bensin lagi dan pajak. Kedua, toko selalu memberikan harga lebih murah pada barang yang dibeli dalam jumlah besar. Ketiga, tenagamu bisa digunakan untuk mengerjakan keperluan lainnya.

3. Pisahkan Dana THR Dengan Gaji

Memisahkan gaji bulanan dan THR yang akan didapat saat Ramadhan adalah hal wajib. Mengapa? Hal ini karena, dana THR seyogyanya dipergunakan sebagai sumber dana untuk membiayai belanja yang timbul akibat Hari Raya itu sendiri. Sedangkan jenis biaya rutin tetap mengandalkan sumber dana dari pendapatan yang biasa diperoleh. Jika kamu mencampurkan kedua sumber dana tersebut, bisa jadi kamu makin kalap untuk berbelanja, karena melihat rekening yang berlipat dari biasanya.

4. Manfaatkan Discount di Bulan Ramadhan

Momen Ramadhan memang sangat menguntungkan kamu, karena biasanya banyak toko yang justru akan memberikan promo dan diskon, guna merangsang transaksi konsumen.

Jangan ragu untuk memanfaatkan hal ini, bisa jadi kamu justru mendapat harga sangat miring, yang kemudian dana tersisa bisa dimanfaatkan bulan depan atau pada saat memenuhi kebutuhan lain yang mendesak. Tapi ingat, sebelum kamu berbelanja, buat dulu anggaran yang sudah kita bahas di poin pertama, serta jangan lupa tuliskan estimasi biayanya, jangan sampai berlebih ya! Justru kamu harus pandai mencari yang lebih murah.

5. Investasikan Dana Anda

Sebelum habis digunakan untuk membeli baju baru dan memberikan salam tempel untuk keluarga besar, sisihkan dahulu gaji dan uang THR untuk melakukan kegiatan investasi. Ini adalah kesempatan emasmu dalam memulai berinvestasi karena dana di rekeningmu kian bertambah dengan masuknya uang THR.

Kamu tidak perlu bingung memilih invetasi apa yang cocok dengan apa yang kamu inginkan. Cukup pilih satu produk yang mudah, ringan, aman dan memiliki imbal hasil yang bersaing, bila kamu adalah seorang pemula dalam berinvestasi.

Kalau kamu tertarik untuk mengalokasikan dana lebih yang kamu miliki dengan berinvestasi, coba cek salah satu produk investasi ini, selain imbal hasil yang akan kamu peroleh setiap minggu, kamu juga telah membantu masyarakat prasejahtera untuk dapat hidup lebih baik dan sejahtera.

Selain itu, kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan dana investasimu ini. Karena banyak proteksi yang akan kamu dapatkan jika kamu memilih produk ini sebagai tempat berinvestasimu. Yuk cek di sini!

Semoga Ramadhan kali ini, kamu akan meraih kemenangan dengan hakiki dan terus menjadi pribadi yang lebih baik serta sukses selalu. Bijaklah dalam mengatur keuanganmu, agar masa depan nanti akan berjalan dengan baik dan sesuai cita-citamu. Selamat berhemat!

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/tips-ramadhan-hemat">
LINKEDIN
%d bloggers like this: