Tips Pilih Perusahaan Investasi Online Modal 100 Ribu Yang Aman

0
124

Era digitalisasi sekarang ini telah merambah ke berbagai aspek, termasuk ke sektor finansial. Digitalisasi dalam bidang finansial sendiri memberikan banyak dampak positif, misalnya adalah kemudahan berinvestasi secara online.

Investasi online tidak hanya menawarkan kemudahan dalam mengaksesnya tetapi juga modal yang terjangkau, seperti investasi mulai 100 ribu. Sehingga investasi dapat diakses oleh banyak masyarakat.

Meskipun mudah, investor tetap harus waspada dalam memilih perusahaan investasi. Pilihlah perusahaan investasi online yang aman dan terpercaya untuk meminimalisir kerugian di masa mendatang.

Tips Pilih Perusahaan Investasi Online Modal 100 Ribu Yang Aman

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih perusahaan investasi 100 ribu yang aman!

1. Cari Tahu Kejelasan Skema dan Produk Investasinya

Perusahaan investasi online yang aman dan tepercaya pasti akan menjelaskan produk investasi secara jelas dan gamblang. Hal ini disebabkan mereka sudah memahami betul beragam produk investasi secara rinci. Setiap calon investor juga diberikan penjelasan yang jelas mengenai produk serta skema investasi. 

Penjelasan yang mereka berikan tidak mengambang, namun benar-benar jelas. Investasi online memberikan penjelasan juga mengenai dana investasi, besarnya dana yang mengalir, serta besaran return yang akan diterima investor. Sebagai investor, kamu juga harus cerdas dan kritis menilai setiap produk yang ditawarkan. 

Cermati skema yang dipakai oleh perusahaan investasi tersebut. Investasi penipuan biasanya memakai skema Ponzi sehingga kamu harus memahaminya untuk bisa menjauhinya. Salah satu ciri skema Ponzi adalah adanya bunga dari investor yang hanya bisa diperoleh bila berhasil menarik orang baru untuk bergabung. 

Skema ini sering dipakai oleh para investasi online bodong dan banyak yang tertipu. Bila diminta untuk menarik investor baru agar return naik, kamu patut curiga. Selebihnya skema Ponzi memang tidak dijelaskan secara gamblang oleh investor bodong.

2. Pastikan Alamat dan Nomor Kontak Perusahaannya

Meski berinvestasi secara online, jangan lupa untuk memastikan kantor fisik dan nomor telepon dari perusahaan investasi yang kamu pilih. Apakah benar pilihanmu memiliki kantor fisik dan benar-benar memiliki usaha tersebut. Apabila kamu tidak memiliki waktu untuk mendatangi kantor fisiknya, kamu bisa melakukan pengecekan singkat di search engine untuk melihat bentuk kantor dari perusahaan investasi online tersebut.

3. Pilih Platform Investasi Online yang Punya Sistem Keamanan Berlapis

Platform investasi online yang aman dan tepercaya biasanya memiliki sistem keamanan yang baik. Sistem keamanan terbaik ini biasanya terdiri three layer security atau 3 Factor Authentication (3FA) mulai dari level password, randomized numerical PIN serta One Time Password (OTP). Sistem keamanan lapis tiga membuat data pribadi nasabah aman dan terlindungi dari upaya pembobolan akun.

Deretan Platform Investasi Online Modal 100 Ribu

4. Pastikan Telah Punya Izin dari OJK

Indonesia punya badan yang mengawasi produk keuangan termasuk investasi, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK memberikan izin kepada lembaga penyedia jasa investasi yang terpercaya. Pemberian izin lisensi legalitas juga diberikan pada produk-produk investasi yang mereka tawarkan. 

Perusahaan investasi yang memiliki izin resmi OJK akan mencantumkan nomor izin OJK di laman website mereka. Supaya kamu lebih yakin dalam melakukan investasi online, izin OJK perusahaan investasi bisa dicek secara langsung di kantor OJK maupun lewat website resmi OJK. 

Di laman resmi OJK, ada list perusahaan-perusahaan investasi yang sudah memiliki izin. Cek apakah perusahaan investasi yang akan kamu percayakan dana sudah ada di list tersebut atau belum. Jangan lupa untuk mengecek legalitas produk investasi maupun perusahaan investasi di OJK sebelum melakukan investasi online. 

Well, itulah beberapa tips dalam memilih perusahaan investasi modal 100 ribu yang aman. Selamat mencoba ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here