Home Lifestyle Tips Mudik Lebaran 2019

Tips Mudik Lebaran 2019

|

|

|

Sudah siapkah anda untuk mudik lebaran? Ya, sebentar lagi hari lebaran tiba. Waktunya untuk berkumpul bersama keluarga dan merayakan hari raya Idul Fitri. Nah, mudik itu sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Mudik atau pulang kampung ini sudah menjadi tradisi di beberapa negara di Asia seperti Bangladesh dan Filipina.

Transportasi yang digunakan untuk mudik antara lain pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Bahkan, dahulu, masyarakat menggunakan truk untuk mudik.

Agar anda aman dan nyaman menggunaka kendaraan bermotor. Ada beberapa tips buat anda yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi. Berikut tips mudik lebaran 2019:

Siapkan Kondisi Fisik

Jagalah kesehatan dengan banyak istirahat dan makan yang teratur. Bawa obat-obatan saat mudik seperti minyak kayu putih atau obat-obat yang disarankan oleh dokter.

Periksa Kelayakan Kendaraan

Anda harus memeriksa kendaraan terlebih dahulu seperti periksa ban dan mesin. Anda bisa juga service kendaraan di bengkel resmi untuk berjaga-gara agar kendaraan tidak mogok atau mengalami kerusakan saat mudik.

Photo by Carlo D’Agnolo on Unsplash

Isi Penuh Bahan Bakar

Isi penuh bahan bakar agar anda tidak repot mengisi bahan bakar saat mudik. Apalagi, jika anda tidak mengetahui lokasi pom bensin saat berada di lokasi “antah berantah”.

Siapkan GPS atau Peta

Persiapkan GPS atau peta agar anda tidak kesasar saat mudik. Gunakan aplikasi Google Maps atau Waze. Anda juga bisa menggunakan peta. Namun, pastikan bahwa penggunaan GPS tidak menganggu fokus anda dalam berkendara. Anda bisa meminta bantuan penumpang disamping untuk mengarahkan perjalanan dengan menggunakan GPS.

Photo by Samuel Foster on Unsplash

Patuhi Rambu Lalu Lintas

Patuhi rambu lalu lintas agar tidak membahayakan kendaraan bermotor lainnya. Anda pun dapat berkendara dengan aman dan nyaman saat mudik.

Cek Saldo E-Toll

Pastikan saldo E-Toll anda cukup untuk berkendara di jalan tol. Selain itu, anda juga harus mengetahui informasi tarif jalan tol agar e-toll cukup membayar tol tersebut.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...