/

Tips Mudik Lebaran 2019

Sudah siapkah anda untuk mudik lebaran? Ya, sebentar lagi hari lebaran tiba. Waktunya untuk berkumpul bersama keluarga dan merayakan hari raya Idul Fitri. Nah, mudik itu sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Mudik atau pulang kampung ini sudah menjadi tradisi di beberapa negara di Asia seperti Bangladesh dan Filipina.

Transportasi yang digunakan untuk mudik antara lain pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Bahkan, dahulu, masyarakat menggunakan truk untuk mudik.

Agar anda aman dan nyaman menggunaka kendaraan bermotor. Ada beberapa tips buat anda yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi. Berikut tips mudik lebaran 2019:

Siapkan Kondisi Fisik

Jagalah kesehatan dengan banyak istirahat dan makan yang teratur. Bawa obat-obatan saat mudik seperti minyak kayu putih atau obat-obat yang disarankan oleh dokter.

Periksa Kelayakan Kendaraan

Anda harus memeriksa kendaraan terlebih dahulu seperti periksa ban dan mesin. Anda bisa juga service kendaraan di bengkel resmi untuk berjaga-gara agar kendaraan tidak mogok atau mengalami kerusakan saat mudik.

Photo by Carlo D’Agnolo on Unsplash

Isi Penuh Bahan Bakar

Isi penuh bahan bakar agar anda tidak repot mengisi bahan bakar saat mudik. Apalagi, jika anda tidak mengetahui lokasi pom bensin saat berada di lokasi “antah berantah”.

Siapkan GPS atau Peta

Persiapkan GPS atau peta agar anda tidak kesasar saat mudik. Gunakan aplikasi Google Maps atau Waze. Anda juga bisa menggunakan peta. Namun, pastikan bahwa penggunaan GPS tidak menganggu fokus anda dalam berkendara. Anda bisa meminta bantuan penumpang disamping untuk mengarahkan perjalanan dengan menggunakan GPS.

Photo by Samuel Foster on Unsplash

Patuhi Rambu Lalu Lintas

Patuhi rambu lalu lintas agar tidak membahayakan kendaraan bermotor lainnya. Anda pun dapat berkendara dengan aman dan nyaman saat mudik.

Cek Saldo E-Toll

Pastikan saldo E-Toll anda cukup untuk berkendara di jalan tol. Selain itu, anda juga harus mengetahui informasi tarif jalan tol agar e-toll cukup membayar tol tersebut.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/tips-mudik-lebaran-2019">
LINKEDIN
%d bloggers like this: