Work Life Balance di Dunia Kerja? Mungkinkah?

0
568
Work Life Balance
Work Life Balance

Tahun 2014, Accenture-salah satu lembaga survei internasional, pernah melakukan survei tentang kepuasan masyarakat terhadap pekerjaan mereka.

Dari 30 negara yang disurvei, ternyata Indonesia menduduki posisi terendah, bahwasanya hanya 18% karyawan Indonesia yang menyatakan puas akan pekerjaannya. Hal ini tentu dipengaruhi oleh banyak hal.

Mungkin lingkungan kerja yang kurang bersahabat, fasilitas yang masih kurang, pekerjaan yang tiada henti membuat kita kurang istirahat, dan bahkan kehilangan teman!

Sering kan kita mendengar, antara pekerjaan, istirahat, dan kehidupan sosial, kita hanya bisa memilih dua diantaranya. Ya, mewujudkan work-life balance memang gak gampang sih. Bisa jadi, ini yang menyembabkan rendahnya kepuasan kita dalam bekerja di Indonesia.

Ngomongin soal work life balance, sebenernya gimana sih work life balance yang ideal itu? 

Nah, work life balance dapat terpenuhi jika seseorang dapat membagi tenaga, waktu, dan kemampuannya secara seimbang di pekerjaan maupun pada kehidupan di luar pekerjaan-seperti kehidupan di rumah, kehidupan sosial, kesehatan badan dan spiritual.

Keseimbangan dalam pekerjaan dan kehidupan menjadi penting, karena dari hal inilah seseorang mendapat energi positif sehingga dapat memaksimalkan performance di tempat kerja maupun pribadi.

Jadi kalau kita bisa meraih work life balance, kita akan tetap positif di luar maupun dalam pekerjaan kita. Mau kan?

Terus apa dong yang bisa kita perbuat untuk meraih work life balance tersebut? Apakah melulu soal soal gaji dan benefit, atau waktu luang yang kita punya?

Nah.. setidaknya ada 3 poin yang penting buat memaksimalkan potensi diri kita dalam mencapai kepuasan kerja dan hidup:

Pertama, temukan hal yang terpenting yang kamu cari dalam hidup ini. Hidup kan bukan melulu soal apa yang bakal kita dapat nih, tapi bisa juga tentang seberapa besar kita bisa memberi good impact bagi lingkungan sekitar kita.

Karena apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai. Pastikan kamu memiliki tujuan hidup yang positif lebih dari sekedar materi, karena dengan #workforgreaterpurpose akan membawamu makin dekat dengan kepuasan batin.

Kedua, jadilah dirimu sendiri, tentukan prioritas, dan jangan ragu berkata “Tidak”.
Pintarlah dalam memilih mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Pekerjaan memang penting, tapi begitu juga dengan tidur cukup, dan
quality time dengan teman atau keluarga. Jangan ragu untuk berkata tidak untuk hal-hal yang bukan prioritas kamu.

Ketiga, temukan seorang mentor. Mentor bisa datang dari mana saja, bisa dari pertemanan atau dari lingkungan kerja. Mentor ini bisa menjadi tempat dimana kita bisa sharing dan berdiskusi tentang banyak hal. Pastikan kamu punya mentor yang keren dengan segudang pengalaman yang bisa kita jadiin panutan dan belajar dari situ.

Selain niat dari diri sendiri, ternyata ada juga loh tempat kerja yang mendukung work life balance ini. Gak percaya kalau ada perusahaan yang mendorong kepuasan serta kebahagiaan karyawannya di dunia kerja?

Ayo kita tengok salah satu startup di Indonesia, peer-to-peer lending ter-hits yaitu Amartha.

Amartha adalah perusahaan P2P lending Indonesia pertama yang melakukan pendekatan kreatif dalam mengkomunikasikan visinya, yaitu mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia #wow.

Karena mimpi yang besar ini, Amartha sadar betul bahwa kontribusi sekecil apapun akan sangat bernilai. Sehingga, semua anggota Amartha adalah penting. Itu sebabnya, Amartha mendukung banget buat karyawannya untuk bisa mewujudkan work life balance. Karena makin happy seseorang, makin maksimal juga kontribusinya dalam mewujudkan goal Amartha buat Indonesia.

Amartha punya culture kerja yang unik nih, dimana hal ini udah tertanam di dalam benak setiap individu di dalamnya. Let’s start a work with great purpose! Because, we’re team with a common goal: A Nation Without Poverty!

Amartha menanamkan pentingnya punya goal positif dan hal ini juga dirasakan oleh salah satu engineer Amartha :

Amartha
Alex-Full Stack Engineer di Amartha

Kaget banget, di sini apa yang aku kerjain ternyata sangat bermanfaat buat lingkungan, khusunya masyarakat prasejahtera di pelosok pedesaan. Positif goal nya yang mau mengetaskan kemiskinan di Indonesia, membuat kerja makin semangat dan aku pribadi jadi punya tujuan jelas buat kerja! Satu lagi nih, sumpah kagum banget sama teknologi Amartha, bisa mempertemukan dua orang baik supaya bikin perubahan yang spektakuler.  Ucap Alex, salah satu Full Stack Engineer di Amartha.

kantor amartha
Suasana Kantor Amartha

Selain itu Tita, salah satu UX Researcher Amartha, merasakan betul pentingnya punya mentor dan temen tukar pikiran buat mencapai goal work life balance :  

IMG_7448
Tita-UX Researcher Amartha

Tujuan besar aku kerja adalah bikin positif impact buat lingkungan. Ternyata aku bisa nemuin hal itu di sini,di Amartha. Gak cuma itu aja, explore diri juga makin nambah, belajar sama senior-senior yang kece banget, asik dan bikin peer pressure jadi gak kerasa. Amartha adalah tempat gue bereksplorasi dan membuat karya terbaik buat bangsa.”

Suasana nyaman juga didukung dengan kantor Amartha yang cozy banget. Ada banyak spot-spot Instagram able yang tentunya bakalan asik banget buat kita mengekspresikan diri saat jenuh melanda. Bicara work life balance, kita juga perlu nih ngobrolin soal asupan gizi yang seimbang. Di Amartha juga disediakan sarapan, snack, dan vitamin. Ada lapangan golf mini yang bisa dipakai olahraga ringan atau santai-santai di ayunan bambu pas lagi break time. Dijamin nih, di kantor aja serasa gak di kantor.

amartha
Teja- Operation and Filed Trainer Amartha

“Pertama masuk, kita tahu banhwa Amartha punya visi besar buat mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Awalnya terbayang bakalan berat nih beban kerja. Eh ternyata, suasana kantornya yang asik banget, dan nyaman bisa bikin aku lupa tuh kalau lagi mengemban tugas negara..hahaha. Aku pribadi malah tambah semangat, biar bisa menghasilkan kerja yang maksimal dan berkarya buat bangsa. Di sini culturenya mendukung banget buat aku pribadi makin berkembang.” Ungkap Teja sebagai Operation & Field Trainer Amartha.

Jadi sebenarnya, gak susah kok buat kita nemuin work life balance di dunia kerja zaman sekarang, asalkan kita bisa nemuin tiga poin di atas tadi. Ayo raih work life balance di hidupmu dan wujudkan kepuasan serta kebahagiaanmu dalam bekerja dengan #workforgreaterpurpose bersama Amartha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here