Tips Meraih Merdeka Finansial Sebelum Usia 30 Tahun

0
96
Ilustrasu merdeka finansial. Sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasu merdeka finansial. Sumber: www.istockphoto.com

Merdeka finansial merupakan impian semua orang. Karena, sejatinya manusia memang menginginkan merdeka dalam hal apapun, termasuk dalam ranah keuangan. Menurut perspektif ekonomi, kondisi ini dinamakan kebebasan finansial atau financial-freedom.

Nah, kebebasan ini adalah suatu keadaan saat seseorang dapat mengambil beragam keputusan tanpa rasa takut terhadap status finansial. Ini berarti orang itu mempunyai sejumlah kekayaan yang bisa mencukupi berbagai kebutuhan tanpa perlu bekerja keras.

Kamu bisa meraih kemerdekaan finansial sebelum umur 30 tahun lewat menjalankan beberapa cara, loh! Apakah kamu telah mengetahui cara-cara tersebut? Jika belum, maka tidak ada salahnya untuk tidak melewatkan informasi penting ini!

Tips Merdeka Finansial Sebelum Usia 30 Tahun

Memeroleh kemerdekaan finansial sebelum menginjak umur 30 tahun merupakan hal yang susah-susah gampang. Namun, tidak perlu khawatir jika kamu mengetahui sejumlah tips atau cara meraihnya. Nah, penasaran apa saja? Ikuti poin-poin dan penjelasan ringkas berikut ini!

1. Menentukan Tujuan Merdeka Finansial

Dalam merencanakan suatu hal apapun, penting bagimu untuk menentukan tujuan pencapaian sebenarnya. Hal ini dikarenakan parameter kemerdekaan finansial masing-masing individu tidaklah sama. 

Contohnya, financial freedom di usia muda bagi individu A adalah saat ia dapat memenuhi kebutuhan membeli gadget canggih, seperti PC gaming, tablet keluaran terbaru, smartwatch, dan lain sebagainya.

Sedangkan kemerdekaan finansial bagi individu B adalah ketika ia bisa membeli rumah, kendaraan, dan lain sebagainya. Lalu, untuk individu C adalah saat bisa bekerja sesuai minat tanpa pusing memikirkan gaji yang didapat.

Intinya, tujuan untuk bebas secara finansial versimu adalah apa yang ingin kamu capai. Tentunya, penentuan ini harus disertai dengan pendirian teguh supaya kamu bisa fokus pada tujuan tersebut.

2. Memahami Keadaan Keuangan Terkini

Demi meraih merdeka finansial, kamu sebaiknya mengetahui keadaan keuangan saat ini. Singkat kata, terdapat sejumlah tahapan yang mendefinisikan kondisi keuanganmu, yaitu sebagai berikut:

  • Financial deficit

Suatu kondisi dimana pengeluaran jumlahnya lebih besar ketimbang pendapatan.

  • Sufficient

Suatu kondisi dimana penghasilan cuma cukup untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

  • Saving

Suatu kondisi dimana penghasilan sudah bisa disisihkan sedikit untuk investasi dan menabung.

  • Harvesting

Suatu kondisi dimana keuntungan dari investasi telah dapat diambil.

  • Financial Freedom

Suatu kondisi saat aset-aset yang dimiliki bisa mencukupi kebutuhan tanpa wajib bekerja setiap waktu.

Untuk mengetahui di tahapan manakah keadaan keuanganmu berada, kamu dapat mengecek dan memastikan berapa nominal tabungan, hutang, hingga kebutuhan yang wajib dipenuhi. 

Melalui adanya pengetahuan akan keadaan keuangan, kamu bisa melakukan evaluasi dan perbaikan guna mencapai kebebasan finansial. Selain itu, kamu bisa meningkatkan hal yang kamu rasa berguna dalam menstabilkan keuanganmu.

Baca Juga: Bisakah Merdeka Finansial dengan Gaji UMR?

3. Mengatur dan Membuat Perencanaan Keuangan

Sesudah menentukan tujuan finansialmu, maka cara merdeka financial selanjutnya adalah mengatur antara pendapatan dan pengeluaran. Berikut merupakan sejumlah cara yang dapat kamu lakukan dalam pengelolaan keuangan pribadi: 

  1. Merinci pengeluaran.
  2. Memisahkan anggaran kebutuhan, tabungan, dan dana darurat.
  3. Mencegah pembelian barang tidak maupun kurang penting.
  4. Melunasi atau mengangsur hutang supaya bunga tidak semakin membengkak.

Kamu dapat melakukan keempat hal tersebut secara bersamaan atau satu-persatu. Kunci terpenting untuk melakukannya adalah dengan konsistensi dan kedisiplinan tinggi.

4. Menggapai Kebebasan Finansial dengan Investasi

Menabung adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola anggaran. Akan tetapi, menyimpan uang melalui bank seringkali justru menyebabkan nilainya kian semakin berkurang, misalnya karena potongan pajak, inflasi, administrasi, dan lainnya.

Untuk alternatifnya, kamu dapat berinvestasi sedini mungkin supaya anggaran yang kamu punya terus meningkat. Dalam berinvestasi, pastikan kamu menyesuaikan kemampuan finansial. Demikianlah tips-tips untuk merdeka finansial sebelum menginjak umur 30 tahun. Soal tips terakhir, kamu bisa mulai berinvestasi dengan Amartha mulai Rp 100 ribu aja. Amartha adalah platform microfinance marketplace yang sudah terdaftar di OJK dan berdampak positif bagi ibu-ibu UMKM di pedesaan. Di Amartha kamu juga bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here