Tips Menghindari Kecemasan Finansial dalam Berumah Tangga

|

|

|

Hingga saat ini masih ada begitu banyak orang yang mencemaskan masa depan. Terlebih di saat masa pandemi seperti sekarang ini.

Tidak sedikit yang mengalami PHK bahkan kesulitan dalam menemukan pekerjaan tepat. Membiayai kehidupan rumah tangga terasa sulit dilakukan. 

Sebenarnya Anda tidak boleh terlalu mencemaskan hal tersebut. Anda bisa menyiasatinya dengan sejumlah cara guna menghindari kecemasan dalam berumah tangga.

Salah satunya dengan menyeimbangkan hidup Anda. Sebab, terlalu cemas pun tidak baik. Justru dapat menyebabkan sakit saja. 

Cara Menghindari Kecemasan dalam Berumah Tangga 

  1. Buat Standar Hidup Anda

Penting sekali bagi Anda untuk membuat standar hidup. Daripada harus sibuk mencemaskan hari nanti akibat pandemi Covid-19, jauh lebih baik coba melawan perasaan tidak menyenangkan tersebut dengan rencana masa depan sejak saat ini juga. 

Lakukan pengamatan terhadap pendapatan dan pengeluaran Anda saat ini secara bersamaan. Jangan sampai justru pengeluaran jauh lebih membengkak ketimbang pendapatan. Terlebih di masa seperti ini, bagi sejumlah karyawan mengalami pemotongan gaji. Jangan sampai lupa sisihkan pendapatan Anda.

Nantinya uang tersebut akan dipakai untuk menabung. Di samping itu, Anda juga perlu membuat rank apabila ada kebutuhan mendadak.

Bahkan ketika Anda harus dihadapkan dengan kondisi yang benar-benar sama sekali tidak menguntungkan. Bukan berarti pesimis. Waspada itu perlu dan penting sekali. 

2. Lakukan Kalkulasi Terhadap Pendapatan, Pengeluaran dan Tabungan 

Agar mampu menghindari kecemasan berumah tangga dengan coba menyeimbangkan hidup, sebaiknya Anda perlu melakukan kalkulasi secara cermat.

Bahkan Anda sangat dianjurkan untuk melakukan kalkulasi semacam ini untuk jangka waktu panjang ke depan. Termasuk puluhan tahun yang akan datang.

Masukkan juga sejumlah pendapatan lain selain pendapatan pokok Anda. Misalnya, pekerjaan lepas Anda dengan berjualan online hingga investasi.

Tidak salah mencoba investasi. Terlebih saat ini terdapat begitu banyak produk investasi masa kini yang menarik dicoba seperti P2P Lending.

P2P Lending di Indonesia menawarkan keuntungan yang bersaing dengan produk investasi lainnya. Amartha sendiri sebagai perusahaan investasi P2P Lending menawarkan keuntungan sampai 15% flat per tahun.

Amartha merupakan perusahaan P2P Lending di Indonesia yang menghubungkan pendana atau investor kepada peminjam khususnya perempuan pengusaha mikro unbankable di pedesaan. Setiap minggunya mitra akan mendapatkan pendampingan usaha dan pelatihan keuangan agar dapat mandiri dan sejahtera.

3. Coba Kenali dan Pahami Asuransi dengan Baik 

Asuransi termasuk hal penting yang dapat Anda miliki demi menyeimbangkan hidup. Tidak sedikit premi asuransi yang akan mendebit dana tabungan secara otomatis sehingga tidak akan membuat Anda kerepotan lagi. 

Sebelum membeli asuransi, kenali dan pahami dulu produk yang bersangkutan dengan baik. Hal ini akan berpengaruh untuk kedepannya nanti.

Coba cermati track record dan tingkat profesional perusahaan asuransi tersebut dengan baik. Bila perlu tanyakan kepada teman-teman yang mengambil asuransi.

Cobalah menyeimbangkan hidup agar mampu menghindari kecemasan dalam berumah tangga. Pastikan Anda bijak dalam mengatur keuangan dalam rumah tangga. Alokasikan dana sebaik-baiknya dan jangan sampai tidak menabung. 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

money plus amartha

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Money Plus will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.