Home Finance Tips Mengatur Keuangan pada Bulan Ramadan di Tengah Krisis Covid-19

Tips Mengatur Keuangan pada Bulan Ramadan di Tengah Krisis Covid-19

|

|

|

Menjaga keuangan agar tetap stabil di bulan Ramadhan terlebih ditengah krisis seperti saat ini memanglah bukan pekerjaan yang mudah. Alih-alih sudah mengatur keuangan sedemikian rupa, justru diakhirnya harus menelan kepahitan sebab ketidakseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran. Terlebih di bulan puasa ini , terkadang akan selalu ada pengeluaran diluar rencana keuangan. 

Oleh karenanya, penting bagi kita untuk mengatur sirkulasi uang (cash flow) agar keuangan tetap lancar hingga penghujung atau setelah Ramadhan.  Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kondisi keuanganmu tetap sehat selama bulan Ramadhan.

1. Membagi budget berdasarkan skala prioritas

Hal ini merupakan pijakan awal agar keuangan tetap terkendali sesuai yang diharapkan. Selama bulan puasa, pastikan kamu membagi kategori budget berdasarkan skala prioritas.

Mana yang penting dan gawat, mana yang gawat tapi gak penting atau sebaliknya dan juga mana yang tidak penting dan tidak gawat. Usahakan untuk selalu mengutamakan yang penting dan urgent. Sementara untuk yang tidak penting dan tidak urgent, letakkan lah pada prioritas akhir.

2. Lebaran bukan berarti hari memakai baju baru

Memang ketentuan berpakaian saat Lebaran terdapat dalam hadis nabi. Namun hadits yang diriwayatkan Al Bukhori tersebut menyatakan, saat Lebaran, Nabi Muhammad menganjurkan untuk menggunakan pakaian yang terbaik bukan pakaian baru.

Pakaian terbaik itu dapat diartikan sebagai pakaian yang bersih dan paling baik yang dimiliki oleh seseorang. Pakaian ini tentunya harus sesuai dengan syariat Islam seperti harus menutup aurat.

Karena pada dasarnya, nilai lebaran adalah untuk merayakan hati dan diri yang menjadi baru kembali bersih setelah menjalani ibadah puasa selama bulan penuh.

3. Bila dapat THR, jangan habiskan hanya untuk konsumsi makanan dan pakaian saja

Di masa sulit seperti saat ini, sebagian perusahaan merasa kesulitan untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR). Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menjelaskan bahwa banyak perusahaan yang jangankan untuk membayar THR, memberikan gaji ke karyawan saja mulai kesulitan. Sebab sebagian perusahaan sudah tidak punya pemasukan, ditambah hampir tidak ada lagi dana cadangan.

Maka dari itu, bagi kamu yang masih mendapatkan THR untuk lebaran nanti, ada baiknya untuk sedikit cermat dalam penggunaannya. Hindari menghabiskan THR hanya untuk kebutuhan makanan dan pakaian saja.

Ada baiknya kamu coba sisihkan sebagian dari THR tersebut untuk keperluan investasi. Terlebih jika kamu menempatkan investasi pada instrument yang dapat memberikan dampak sosial secara luas, seperti instrument peer to peer lending Amartha misalnya. 

Bukan hanya untung untuk diri sendiri yang didapat namun kamu juga dapat memberikan social impact secara langsung di bulan Ramadhan ini.

Yuk mendanai di Amartha untuk investasi #YangBaikLebihBerkah di bulan penuh berkah. 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...