Tips Mengatur Keuangan Dari Penghasilan Yang Tidak Tetap

|

|

|

Apakah kamu memiliki penghasilan yang tidak tetap? Adakah tips mengatur keuangan yang bisa diterapkan oleh seseorang yang memiliki penghasilan tidak tetap?

Bagi orang-orang yang memiliki penghasilan tidak tetap, mengatur keuangan adalah hal yang terbilang sulit dilakukan. Sebab, penghasilan yang tidak menentu ini kerap membuat banyak pekerja semacam ini sulit menyeimbangkan gaya hidup dan rencana di masa depan. 

Di satu sisi, saat penghasilannya cukup banyak maka akan merasa segala kebutuhan terpenuhi. Sedangkan saat penghasilan pas-pasan, maka banyak kebutuhan yang pada akhirnya tidak bisa direalisasikan.

Sebenarnya, mengatur keuangan buat orang-orang yang tidak berpenghasilan tetap seperti ini bukanlah hal untuk dilakukan. Walaupun terbilang lebih sulit jika dibandingkan dengan orang berpenghasilan tetap, nyatanya ini tetap dilakukan.

Tips Mengatur Keuangan Dari Penghasilan Yang Tidak Tetap

Supaya kamu tetap bisa mewujudkan impian keuangan di masa depan dengan kondisi penghasilan yang tidak tetap, kamu bisa menerapkan empat tips berikut ini. Yuk, simak!

1. Jauhi Pola Pikir Tentang Bulan Muda dan Bulan Tua

Karena berpenghasilan tidak tetap, rasanya pasti lebih mudah puas dan ingin untuk berfoya-foya saat penghasilan sedang tinggi-tingginya. Namun ketika penghasilan sedikit di satu bulan, barulah kembali ingin berhemat. Perilaku semacam ini sebenarnya wajib banget dihindari jika kamu menginginkan kondisi finansial yang sehat dan stabil.

2. Buat Daftar Anggaran Kebutuhan  

Bagi kamu yang berpenghasilan tidak tetap, tentu sangat sangat disarankan untuk membuat daftar anggaran kebutuhan agar bagi sukses dalam mengatur keuangan. Sebab, dengan memiliki daftar tersebut akan mempermudah untuk mengetahui kemana saja uang milikmu selama ini dikeluarkan.

Buatlah daftar anggaran ini menjadi beberapa bagian, seperti kebutuhan harian, tagihan bulanan, transportasi hingga tabungan. Setelah menerima penghasilan, kamu bisa langsung pisahkan sesuai kategori yang ada pada daftar anggaran

3. Buat Sistem Gaji Bulanan Bagi Dirimu Sendiri

Meski penghasilanmu tidak tetap, bukan berarti kondisi keuangan kamu harus luntang-lantung setiap bulan. Patut diingat, sebenarnya kamu adalah bos untuk dirimu sendiri. Karena itu, tidak ada salahnya untuk membuat sistem gaji bulanan untuk diri kamu sendiri.

Pantau pengeluaran kamu dengan ketat selama sebulan dan cari tahu pasti berapa nilai minimal yang dibutuhkan untuk bertahan hidup dalam sebulan: biaya makanan, transportasi, tempat tinggal, pajak, dan kebutuhan ekstra.

Tambahkan nominal realistis untuk pengeluaran mendadak. Nah, inilah nilai gaji yang akan kamu terima. Jika ada surplus di bulan tertentu, silahkan beri diri kamu bonus sebagai hadiah atas pencapaian tersebut.

Baca Juga: 5 Level Perencanaan Keuangan, Kamu Udah di Level Berapa?

4. Buat Beberapa Rekening Terpisah

Ada baiknya kamu juga memecah rekening milikmu jadi 3 yaitu rekening bisnis, kebutuhan pribadi, dan kebutuhan mendadak. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam membuat sistem gaji bulanan untuk dirimu sendiri seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya. 

Dari rekening bisnis ini, transfer lagi nominal yang dibutuhkan ke rekening pribadi dan kebutuhan mendadak, yaitu gaji kamu. Bila sudah memungkinkan, kamu bisa menciptakan satu lagi rekening untuk tabungan rencana masa depan, seperti membayar asuransi, melakukan investasi, dan lain-lainnya.

Well, itulah beberapa tips mengatur keuangan untuk kamu yang punya penghasilan tidak tetap. Selamat mencoba ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...