/

Tips Jitu Memulai Dan Mengembangkan Bisnis Online

Berkembangnya teknologi telah membawa banyak perubahan salah satunya pola transaksi jual beli. Semula orang merasa asing jika transaksi dilakukan tanpa tatap muka, tetapi di 2015 orang semakin familiar dengan transaksi online. Nilai transaksi online pun hingga 21 Trilliun.

Kemudahan dan praktisnya transaksi secara online membuat banyak orang tertarik untuk mulai menjalani bisnis online sebagai sumber pendapatannya. Lalu bagaimana caranya agar bisnis online yang akan Anda jalankan dapat terus berkambang? Apa yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkannya, sehingga bisnis online Anda semakin sukses? Bingung? Tenang, coba simak tips memulai dan menumbuhkan bisnis online Anda, agar terus sukses dan berjalan dengan lancar berikut ini.

  • Kenali Siapa Konsumen Anda

Anda ingin berjualan pakaian? barang elektronik? atau makanan? Itu bebas, Anda dapat memilih produk untuk Anda jual sesuai dengan minat dan ketersediaan modal Anda. Namun jangan lupa, ada satu hal yang sangat penting, dimana hal ini dapat berpengaruh pada tingkat penjualan dan juga cara Anda memasarkan produk Anda.

Hal ini adalah target audience Anda atau konsumen produk Anda. Lalu apa yang dapat Anda lakukan agar produk Anda tepat sasaran?

Pertama, Anda harus menyesuaikan konten promosi sesuai dengan usia dan selera target audience Anda. Contohnya, bila Anda menjual produk kosmetik, maka sasaran Anda adalah perempuan usia 17 – 30 tahun. Bahasa yang digunakan dalam konten promosi harus lebih santai dan kreatif, sesuai selera wanita muda yang paling gemar menggunakan produk kosmetik.

  • Buat Toko Online Pada Berbagai Media

Toko online dalam hal ini bisa lewat Instagram, facebook, website ataupun berbagai marketplace yang kini semakin menjamur di Indonesia layaknya Blibli.com, Bukalapak, Tokopedia , Olx dan masih banyak lagi.

Sebaiknya, toko online Anda berjumlah lebih dari satu agar produk yang Anda jual lebih dikenal karena dipasarkan secara luas lewat berbagai media. Namun, jika Anda adalah seorang pemula, alangkah baiknya Anda mulai dari satu media yang sederhana saja, misalkan facebook atau Instagram.

Facebook dan Instagram ini sangat familiar bagi banyak orang di Indonesia. Sehingga akan lebih mudah dijalankan dan diatur. Sehingga sangat cocok bagi pemula.

  • Buat Tagline

Apa itu tagline? Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah ini, tagline adalah rangkaian kalimat pendek yang dipakai untuk mengasosiasikan sebuah merek atau perusahaan di benak konsumen. Contohnya “Indomie Seleraku”.

Nah, Anda juga bisa membuat tagline yang unik dan singkat saja, agarterus teringat dalam benak konsumen Anda.

  • Buat Akun Khusus Testimonial

Transaksi jual beli secara online tentu memunculkan banyak kekhawatiran oleh banyak pihak. Hal ini karena, kebanyakan transaksi online tidak mempertemukan secara langsung antara penjual dan pembeli.

Lalu, bagaimana caranya agar konsumen Anda dapat percaya pada produk yang dijual di toko online Anda? Mudah saja, Anda bisa membuat sebuah akun testimonial dari konsumen-konsumen terdahulu di salah satu akun media, misalnya pada Instagram. Kemudian, secara berkala Anda lakukan kegiatan promosi dengan menyertakan link akun testimonial produk Anda.

Karena berawal dari kepercayaan dan kepuasan pelanggan, produk Anda akan laris manis dan semakin diburu oleh banyak orang.

  • Siapkan Budget Tambahan

Ketersediaan dana untuk menjalankan bisnis online Anda menjadi bagian yang tidak kalah penting. Tidak mungkin bukan, Anda memulai usaha tanpa dana sedikit pun? Maka kesiapan dana perlu Anda atur terlebih dahulu.

Anda dapat melakukan review pada berbagai hal, mulai dari harga produk yang akan Anda jual, cek harga di toko online lain, biaya promosi, pengiriman , dan masih banyak lagi.

Nah, bagaimana Anda bisa mendapat dana tambahan untuk modal bisnis online Anda? Tenang, Anda bisa melakukan bisnis investasi. Tentu investasi yang aman dan menguntungkan. Salah satunya di Amartha yang merupakan tempat berinvestasi paling aman dan menguntungkan.

Betapa tidak sudah 9 tahun berjalan dan menyalurkan dana lebih dari 1.5 Triliun pada lebih dari 300.000 mitra usaha, Amartha memiliki angka pembayaran lancar TKB 90 hingga 99.13%. Penasaran? Cari tahu informasinya di www.amartha.com sekarang.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: