Tips Memulai Bisnis Air Minum Isi Ulang Yang Mudah

0
64

Simak Tips Bisnis Isi Ulang Air Minum

Bisnis isi ulang air minum bisa dilakukan oleh siapa saja dan usaha yang paling cocok untuk pemula dengan sedikit pengalaman. Pasalnya, usaha ini mudah dioperasikan dan mempunyai permintaan yang relatif stabil. Kamu pun bisa menjalankannya dengan baik bila mengikuti tips bisnis dari para ahli yang sudah profesional. 

Untuk kamu yang baru terjun dalam bisnis isi ulang ini, pastikan kamu memahami beberapa hal yang masuk dalam tips bisnis air isi ulang ini. 

Pelajari Dulu Tentang Bisnis dan Produk

Langkah awal, kamu harus mempelajari terlebih dulu bisnis yang akan dijalankan dan mengenal dengan baik produknya. Dari sana, kamu akan bisa menjelaskan kepada konsumen tentang perbedaan tiap produk yang dijual. 

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari usaha air isi ulang ini. Salah satunya, melalui workshop atau seminar yang menjelaskan tentang teori-teori dalam berwirausaha dan mendengarkan pengalaman dari para ahlinya secara langsung. 

Selain itu, kamu pun harus mengenali dengan baik produk yang akan dijual. Secara umum, ada tiga jenis produk air isi ulang, di antaranya: 

  • Air mineral yang diproduksi melalui sistem filtrasi untuk menghilangkan kotoran yang dapat dilihat melalui mata. 
  • Air murni yang diproduksi dengan proses yang lebih kompleks dengan tujuan agar semua kotoran atau bakteri hilang melalui osmosis balik. 
  • Air alkali yang diproduksi dengan cara menghilangkan kandungan zat asam dalam air dan meningkatkan pH di dalamnya. 

Cari Lokasi dengan Persaingan yang Lebih Sedikit

Dalam tips bisnis pemula, sebelum mulai menjalankan usaha, kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Salah satunya dengan mencari tahu persaingan di lokasi yang akan diambil. 

Pastikan kompetitor di lokasi tersebut sedikit, misal hanya satu atau dua toko isi ulang. Dengan begitu, persaingan harga tidak begitu ketat. 

Namun, alangkah lebih baik bila kamu mencari lokasi yang belum ada bisnis isi ulang air minum. Dengan begitu, kamu bisa bebas menentukan harga yang disesuaikan dengan perhitungan biaya produksi dan yang lainnya. Kamu pun bisa memperoleh banyak pelanggan tetap nantinya. 

Baca Juga: 5 Cara Bisnis Pulsa dan Kuota dengan Modal Minim

Ketahui Harga Jual Ideal dengan Mengetahui Modal Kamu

Kamu bisa saja akan kehilangan pelanggan bila menetapkan harga yang terlalu tinggi dari pasaran. Kerugian pun tidak terelakkan. 

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui biaya aktual yang dikeluarkan. Kemudian, hitung berapa harga jual yang harus dipatok. Pastikan, harganya tidak berbeda jauh dengan harga di pasaran. 

Bila ada kompetitor di lingkungan yang sama, usahakan untuk tidak mematok harga terlalu rendah atau tinggi yang dapat merugikan. 

Selalu Promosikan Bisnis 

Tips bisnis yang tepat untuk memulai usaha isi ulang air minum selanjutnya adalah mengalokasikan berapa persen anggaran yang dipunya untuk pemasaran dan promosi. Cari cara-cara inovatif yang hemat biaya untuk menghubungkan dengan pelanggan. Jaga interaksi dengan mereka agar lebih mudah dalam melakukan promosi. 

Contohnya kamu bisa memberikan kartu member, yang mana setiap 10 kali melakukan isi ulang, mereka akan memperoleh isi ulang gratis. Bisa juga memberi reward untuk pelanggan yang paling banyak melakukan isi ulang dalam satu tahun. Itulah lima tips bisnis yang bisa kamu jadikan panduan dalam memulai bisnis isi ulang air minum. Investasikan keuntungan yang diperoleh di Amartha dan dapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Kamu pun bisa ikut membantu para wirausaha kecil lainnya yang tengah berjuang untuk membangun atau mengembangkan bisnis. Sekali dayung, dua manfaat diperoleh. Jadi, yuk segera bergabung.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here