Home Finance Tips Memilih Asuransi untuk Orang Tua

Tips Memilih Asuransi untuk Orang Tua

|

|

|

Selain anak dan pasangan, orang tua adalah anggota keluarga lainnya yang tentunya harus kamu asuransikan. Pasalnya, orang tua erat kaitannya dengan usia lanjut yang berimbas pada banyaknya penyakit. 

Dengan adanya produk asuransi, proteksi untuk kesehatan orang tua juga dapat menjadi kelegaan tersendiri. Apalagi dengan kondisi biaya kesehatan yang terus meningkat setiap waktunya.

Sebagai seorang anak, tentunya kamu menginginkan perlindungan yang dapat menjamin kesehatan bagi orang tua. Karena itu, memilih asuransi bagi orang tua tidak bisa sembarangan. Berikut ini adalah beberapa tips memilih asuransi untuk orang tua:

1. Cari Asuransi dengan Proteksi Hingga Penyakit Kritis

Dalam memilih asuransi untuk orang tua, tidak ada salahnya untuk memilih perlindungan yang dapat memberikan jaminan hingga ke penyakit yang kritis. Perlu diketahui, penyakit bisa datang kapan pun tanpa orang tersebut mengetahuinya, termasuk penyakit kritis.

Namun, memang agak sulit untuk mendapatkan jenis asuransi seperti ini mengingat tidak semua pihak asuransi menawarkan perlindungan lengkap hingga ke penyakit kritis.

2. Cermati Harga Premi dan Fasilitas yang Didapat

Jangan lupa untuk mencermati dengan baik produk asuransi kesehatan yang akan dibeli buat orang tua. Sebabnya, hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat penting bagi orang tuamu. Pastikan orang tuamu memahami dengan baik fasilitas dan penawaran yang diberikan perusahaan asuransi kesehatan, termasuk premi yang harus kamu bayarkan untuk mendapatkan semua itu.

Kamu perlu meluangkan waktu untuk membaca semua aturan dan kebijakan setiap produk asuransi yang akan dipilih bagi orang tuamu secara detail. Selain itu, lakukan perbandingan penawaran antara satu produk dengan produk serupa dari perusahaan lainnya, agar benar-benar menemukan penawaran asuransi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan orang tuamu nantinya.

3. Pilih Asuransi Sesuai Kondisi Kesehatan Orang Tuamu

Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah memahami bagaimana kondisi kesehatan orang tuamu. Terdapat banyak manfaat yang ditawarkan tiap-tiap asuransi. Walau begitu, kamu tetap harus mencari informasi sebanyak mungkin tentang manfaat-manfaat tersebut sehingga nantinya tidak ada cerita jika manfaat asuransi tidak bisa dirasakan dan sia-sia.

Untuk itu, pertimbangkan bagaimana kondisi kesehatan orang tua. Kamu juga dapat mencoba membawa orang tua ke rumah sakit dan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh sebagai langkah untuk menentukan jenis asuransi kesehatan mana yang akan dipilih.

4. Ketahui Batas Usia Maksimal di Setiap Asuransi

Sebelum mendaftar asuransi bagi orang tuamu, perhatikan batas usia masuk karena tiap-tiap asuransi memiliki aturan yang berbeda satu sama lainnya. Umumnya, rentang usia yang digunakan pada setiap asuransi adalah maksimal 50, 60, hingga 70 tahun. Kemudia, perhatikan juga peraturan mengenai pre-existing condition yang mana merupakan kondisi semua penyakit, medis, hingga luka yang pernah dialami.

Sebagai informasi, terdapat beberapa perusahaan yang tidak menanggung biaya ini, namun ada juga beberapa yang mau menanggung pre-existing condition. Jangan lupa untuk memerhatikan periode eliminasinya yang mana periode ini memiliki beberapa syarat eliminasi pada beberapa penyakit yang didasarkan pada kurun waktu tertentu.

Well, selain asuransi untuk orang tua, investasi merupakan hal penting yang dimiliki untuk jaminan di masa depan. Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...