Home Perempuan Tangguh Tips Ibu Hamil Agar Tetap Sehat di Masa New Normal

Tips Ibu Hamil Agar Tetap Sehat di Masa New Normal

|

|

|

Menjadi ibu hamil di tengah suasana pandemi Covid 19 saat ini benar-benar menjadikan mereka sebagai perempuan-perempuan tangguh. Bayangkan di tengah ketidakpastian kondisi kesehatan dunia sekaligus perekonomian yang menurun, para ibu-ibu ini harus tetap fit dan bugar demi menjaga kandungannya tetap sehat. 

Apalagi seperti yang kita ketahui bersama bahwa ketahanan fisik hingga mental ibu selama kehamilan berpengaruh besar terhadap kesehatan jabang bayi dalam kandungan. Oleh karena itu tidak cukup hanya dengan memastikan tubuh ibu sehat namun juga kesehatan mental sang ibu apalagi di tengah masa pandemi ini.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Menjelang Masa New Normal

1. Mendapat Asupan Makanan yang Sehat

Makanan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi ibu hamil menjadi salah satu syarat penting menjaga kesehatan kehamilan selama pandemi hingga era normal baru. Mendapat asupan makanan sehat akan membantu meningkatkan daya tahan ibu terhadap serangan penyakit. Alhasil, sistem imunitas ibu hamil pun akan lebih kuat terutama terhadap risiko penyebaran penyakit menular. 

Nutrisi penting yang harus diberikan kepada ibu hamil seperti protein untuk meningkatkan antibodi. Selanjutnya berikan pula ibu hamil karbohidrat yang mencukupi sebagai sumber tenaga. Ada pula mineral serta vitamin yang harus dijamin asupannya agar ibu tetap sehat. Asupan makanan sebaiknya dari makanan segar tanpa pengolahan berlebihan.

Baca Juga : Perjuangan Ibu-Ibu Mitra Amartha Selama Krisis Covid-19

2. Cukup Istirahat dan Olahraga

Istirahat menjadi salah satu kunci meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Semasa kehamilan, ibu tetap harus mendapatkan masa istirahat yang cukup seperti tidur 8 jam di malam hari. Selain beristirahat, ibu hamil juga dapat mengisi waktunya dengan berolahraga ringan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga sebaiknya dilakukan selama 30 menit dalam sehari.

3. Minum yang Cukup

Jangan sampai tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi selama kehamilan. Pastikan ibu mengonsumsi air mencukupi setidaknya 8 gelas sampai 12 gelas sesuai dengan kebutuhannya.

4. Dukungan Keluarga

Dukungan dari keluarga terutama suami menjadi faktor penting kesuksesan menjaga kesehatan mental sang ibu. Meski suami sedang pusing akibat tantangan di masa pandemi hingga memasuki era normal baru, sebaiknya jangan tampakkan rasa pusing dan kebingungan tersebut di depan istri yang tengah hamil. Pasalnya sedikit saja masalah dapat membuat sang ibu hamil mudah down mentalnya. 

Dukungan yang optimal juga bisa berasal dari keluarga besar seperti mertua dan orang tua. Keluarga adalah faktor terpenting untuk menjamin kesehatan fisik serta mental ibu dan jabang bayi. 

PT Amarta Mikro Fintek atau Amartha yang didirikan oleh Andi Taufan Garuda Putra ini terus bergerak mendukung para perempuan tangguh baik di desa hingga perkotaan yang ingin berjuang membantu perekonomian keluarganya. Sebagai sebuah lembaga keuangan berbasis teknologi, PT Amartha menawarkan sistem pendanaan dengan cicilan yang ringan dengan masa tenor yang tidak memberatkan.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...