Home Lifestyle ⛾ Tips Hemat Rayakan Self Reward

Tips Hemat Rayakan Self Reward

Senin sampai Jumat sudah dihabiskan untuk bekerja. Kadang akhir pekan juga masih harus bekerja kalau ada pekerjaan mendadak. Sampai-sampai tidak ada waktu untuk istirahat atau me time. Kalau terus-menerus dilakukan akan berdampak buruk terhadap kesehatan mental.

Beberapa tahun terakhir, isu mengenai kesehatan mental menjadi isu yang menarik perhatian para pekerja kantoran atau karyawan. Setelah kerja keras, sempatkanlah ambil waktu jeda sebentar untuk mengapresiasi diri sendiri.

Salah satu apresiasi diri atau self reward adalah dengan membeli barang atau jasa yang diinginkan. Atau kamu bisa juga dengan memanjakan diri seperti pergi ke spa, nonton bioskop, atau liburan ke destinasi impian. Gak apa-apa, hal ini tidak salah sama sekali.

Meskipun demikian, self reward bukan berarti menghabiskan uang yang selama ini kamu tabung mati-matian untuk kepentingan sesaat lho ya! Kamu perlu mengapresiasi diri tanpa harus mengganggu tujuan keuangan yang sudah ditetapkan. Gimana caranya? Simak tips berikut ya!

Alokasikan Budget untuk Self Reward

Agar self reward gak mengganggu tujuan keuangan yang lain, sejak awal kamu perlu mengalokasikan budget untuk self reward. Besarannya bisa kamu tentukan sendiri sehingga saat waktunya tiba kamu gak perlu pusing memikirkan dana untuk self reward, apalagi kalau ternyata dana yang dibutuhkan besar. Untuk itu alokasikan sejak awal dan pastinya jangan melanggar dana yang sudah ditetapkan ya!

Manfaatkan Promo

Self Reward bisa tetap hemat kalau kamu manfaatkan promo yang ada. Promo tersebut biasanya tersedia di aplikasi online yang umum kita gunakan seperti Shopee, Tokopedia, Traveloka, dan lain-lainnya. Selain membeli dengan harga promo, kamu juga bisa menukar point yang kamu kumpulkan untuk self reward lho. Lumayan kan?

Self Reward Bukan untuk Gengsi

Perlu digarisbawahi, self reward adalah apresiasi dan bentuk cinta terhadap diri sendiri atas pencapaian dan kerja keras yang sudah kamu capai selama ini. Pastikan apresiasi dan bentuk cinta tersebut untuk kebahagiaanmu sendiri. Dengan demikian, self reward tidak lagi dilakukan semata-mata demi gengsi, tapi lebih ke arah mencintai diri sendiri. Kalau kamu masih bingung, contoh dari self reward bisa dilakukan dengan istirahat yang cukup, berolahraga, meditasi, atau makan makanan sehat.

Nah itulah beberapa tips hemat untuk merayakan self reward. Self reward memang penting tapi masa depanmu juga penting, jadi siapkan keduanya dengan matang ya!

Eri Tri Anggini
Sobat Rebahan

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

5 Lapisan Mitigasi Risiko Ini Ada di Amartha

Sebelum memulai pendanaan di dunia fintech, Anda harus mengetahui risiko dan keamanan yang dilakukan perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan agar...

Perjalanan Hidup Menjadi Single Parent

Perjalanan hidup menjadi single parent, sebagai seorang ayah dari seorang putri, tidak pernah terpikirkan sebelumnya disaat mengikat janji dengan pasangan, selalu terucap...

Semua yang Saya Raih Ini Karena Amartha

“Tolong Amartha dijaga sebaik mungkin agar ibu-ibu lain yang belum bisa bangkit bisa terbantu.” Begitu kata Pariyah saat tim Amartha bertemu di rumahnya, desa Randusari,...