//

Tips Hemat untuk Pengeluaran Makan Sehari-hari


Salah satu biaya yang tidak bisa Kamu hindari adalah soal biaya makan sehari-hari. Terdapat beberapa kasus terjadi ketika biaya makan membengkak dari rencana. Lalu bagaimana
cara hemat uang yang baik untuk mengatur biaya makan dan kebutuhan lainnya? Simak berikut ini!

Gunakan Skala Prioritas

Prioritas menjadi satu langkah mendahulukan sesuatu dibandingkan yang lainnya. Hal ini juga berlaku pada uang yang diperoleh dari gaji setiap bulan. Agar uang tidak habis secara percuma, maka miliki skala prioritas yang disesuaikan dengan kebutuhan. Harus diketahui bahwa hemat bukan menyiksa diri tapi menyenangkan ketika sudah dimengerti.

Rumusan sederhana tentang mengatur finansial secara mandiri adalah rumus 50/30/20. Rumus ini dipercaya beragam kalangan yang telah membuktikan keberhasilannya. Setiap orang mampu mengalokasikan setiap gaji untuk beragam keperluan dengan cara berikut:

50 berarti 50% dari uang yang diperoleh digunakan untuk utilities, pulsa, listrik, makanan pokok dan uang saku. 

30 berati 30% dari uang yang diperoleh digunakan untuk beragam tema seperti hiburan, belanja keinginan dan hobi.

20 berarti 20% dari uang yang diperoleh digunakan untuk pos tabungan.

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Tips hemat uang selanjutnya adalah mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan. Uang yang dialokasikan untuk makan sehari-hari termasuk ke dalam pos kebutuhan. Sedangkan membeli pakaian edisi khusus termasuk ke dalam kelompok keinginan. Intinya, kebutuhan yang tidak terpenuhi akan membuat sengsara sedangkan keinginan adalah kondisi sebaliknya. 

Ketika Kamu bisa membedakan  mana kebutuhan dan keinginan secara tepat. Maka selamat, Kamu telah berhemat dan menyelamatkan uang makan selama satu periode gajian!

Reward untuk Diri Sendiri

Meskipun saat ini hendak berhemat namun jangan pernah lupakan reward untuk diri sendiri atas pencapaian yang diperoleh. Caranya bisa dilakukan dengan kegiatan sederhana. Misalnya mengonsumsi sayuran organik, membeli daging lokal yang terkenal mahal atau membeli aneka kudapan lezat dengan harga terjangkau.

Jangan jadikan tips hemat pengeluaran membuatmu tidak makan dengan teratur. Justru kondisi tersebut akan membuat kesehatan memburuk dan terkena penyakit. Sehingga menjaga diri dengan makanan yang segar dan sehat akan lebih baik daripada mengobati, bukan?

Please follow and like us:
FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: