Tips Gunakan Bonus Akhir Tahun dengan Bijak

0
149
Tips Gunakan Bonus Akhir Tahun dengan Bijak

Dapat bonus akhir tahun? Jangan sampai bonus akhir tahun anda habis begitu saja. Gunakan bonus Anda dengan bijak agar keuangan tetap sehat. Banyaknya promo akhir tahun di pusat perbelanjaan, e-commerce hingga toko lainnya membuat Anda tergiur ingin membeli.

Stop! Pastikan anda harus mengetahui tips untuk menggunakan bonus akhir tahun dengan bijak. Tips ini bisa anda gunakan agar dapat mengelola keuangan dengan baik.

Ahli keuangan terkenal Suze Orman mengatakan, uang tidak membuatmu bebas secara finansial; hanya Anda yang bisa membuat diri Anda bebas secara finansial.

Tips Gunakan Bonus Akhir Tahun dengan Bijak

Jadi siap kah anda untuk mengelola keuangan dengan baik? Nah, berikut tips yang bisa Anda gunakan secara maksimal dalam mengunakan bonus akhir tahun.

1. Gunakan untuk Membayar Tagihan Tahunan

Sudah lapor pajak? PBB? Segera bayar sebelum jatuh tempo dengan mengunakan bonus tahunan agar gaji bulanan tidak terpakai. Mungkin Anda juga dapat membayar STNK atau tagihan tahunan lainnya agar tidak perlu repot lagi memikirkan tagihan tersebut.

2. Simpan untuk Dana Darurat

Keadaan darurat bisa datang kapan aja kan? Teman atau keluarga juga tidak selalu punya dana cadangan. Jadi, mulai sisihkan bonus untuk dana darurat. Kebutuhan dana darurat setiap orang tentunya berbeda-beda. Idealnya adalah 6 – 12 kali pengeluaran bulanan. 

3. Gunakan untuk “Me Time”

Akhir tahun memang banyak diskonan, gunakan bonus itu untuk shopping di mal, tetapi pastikan membeli barang yang berguna. Anda juga bisa gunakan “Me Time” dirumah seperti nonton serial kesayangan, baca buku, atau meditasi. Bisa saja Anda gunakan bonus untuk liburan tahun baru.

4. Alokasikan untuk Investasi

Kini ada beragam jenis instrumen investasi sehingga kamu dapat mengalokasikan bonus akhir tahun kepada instrumen yang sesuai dengan profil risiko. Contoh dari instrumen investasi adalah investasi properti, reksadana, emas, saham, dan peer-to-peer (P2P) lending. Contoh instrumen di atas menawarkan keuntungan yang beragam, mulai dari low return low risk, low return high risk, high return low risk, hingga high return high risk.

investasi amartha
Alternatif Investasi P2P Lending Amartha

Amartha adalah perusahaan investasi P2P Lending yang bisa menjadi pilihan kamu. Pasalnya, Amartha tidak hanya menawarkan keuntungan sampai 15% flat per tahun tetapi juga turut memberikan dampak sosial yang nyata.

Amartha adalah perusahaan investasi yang menghubungkan kamu sebagai investor kepada para perempuan pelaku usaha ultra mikro dan mikro di pedesaan. Mitra Amartha tidak hanya menerima modal usaha dari kamu saja tetapi juga diberikan pendampingan dan pelatihan kewirausahaan dan keuangan.

Selain itu, Amartha merupakan P2P Lending yang aman karena sudah memiliki Izin Usaha dari OJK sejak tahun 2019 sehingga kamu gak perlu khawatir akan investasi kamu.

Tertarik mendanai di Amartha? Daftarkan diri kamu di www.amartha.com!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here