Tips di Tempat Kerja: Cara Hadapi Beban Kerja yang Tinggi

0
529
tips di tempat kerja hadapi beban kerja
Sumber Foto: Pexels

Tips di Tempat Bekerja Agar Tidak Mudah Stres

Salah satu tips di tempat kerja yang perlu kamu ketahui adalah cara menghadapi beban kerja yang tinggi.

Stres merupakan salah satu kondisi yang akan sering dialami oleh karyawan. Beban kerja yang semakin menumpuk di tempat kerja akan ‘menguras’ tenaga maupun mental.

Apakah kamu sedang mengalaminya? Jangan khawatir, di sini kami punya tips di tempat bekerja untuk mengatasi kondisi tersebut.

Berikut sudah kami rangkum cara bersikap di tempat kerja agar kamu bisa mengurangi tekanan mental karena stres di tempat kerja.

Tanda-Tanda Seseorang Stres di Tempat Bekerja

Sumber Foto: istockphoto

Sebelum kami menjelaskan tipsnya, alangkah baiknya kami jelaskan terlebih dahulu tanda-tanda seseorang stres di tempat kerja. 

Ada beberapa tanda-tanda khusus yang mudah sekali dikenali. Nah, berikut kami sudah merangkum apa saja tanda-tandanya.

  • Menurunnya performa atau kinerja di tempat kerja.
  • Mudah mengalami perubahan suasana hati.
  • Menjadi tidak sabaran.
  • Inisiatif dan kreativitas juga berkurang.
  • Munculnya masalah interpersonal.
  • Sering sakit-sakitan.
  • Hilangnya minat dalam banyak hal.
  • Cenderung lebih suka menyendiri.

Baca Juga: Pentingnya Work Life Balance Bagi Karyawan dan 6 Tips Mencapainya

Tips Mengatasi Stres di Tempat Bekerja

Sumber Foto: Pexels

Sebagai tips di tempat bekerja kali ini, berikut telah kami rangkum apa saja cara-cara untuk mengatasi stres di tempat kerja.

1.   Menghadapi Pekerjaan dengan Tenang

Tenang selama bekerja merupakan salah satu kunci utama untuk mengatasi tekanan. Biasanya seorang karyawan akan merasa panik saat tugas-tugas sudah mendekati deadline, padahal progres pekerjaannya masih belum rampung semuanya.

Hindari kecemasan dan kepanikan yang dapat membuatmu burnout. Panik akan membuatmu bingung dan tidak tenang sehingga sulit mencari solusi. Mulailah selesaikan pekerjaanmu dengan rasa tenang.

2.   Meminta Bantuan pada Orang Lain

Jangan memendam masalah sendiri. Terutama jika masalah tersebut merupakan masalah yang menjadi beban tim kamu. Mulailah dengan mengimplementasikan cara bersosialisasi di tempat kerja agar kamu bisa berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja.

Jika tim kamu mempunyai masalah, jangan pernah menanggung beban masalah itu sendirian. Jangan pernah juga merasa asing di tempat kerja. Silahkan minta bantuan kepada rekan kerja kamu untuk sama-sama memikul masalah tim tersebut..

3.   Mengenali Batas Kemampuan

Dalam melaksanakan pekerjaan, kamu wajib tahu sejauh mana kamu bisa mengerjakan pekerjaan tersebut. Kenali sampai mana batas kemampuan kamu dalam melaksanakan tugas-tugas dari atasan.

Jika kamu kenal sejauh mana batasan, maka mengerjakan tugas akan menjadi lebih optimal, baik dari segi waktu maupun tenaga. Selain itu, cara ini juga ampuh untuk menghindari kelelahan bekerja yang berlebihan.

4.   Cobalah untuk Beranjak dari Tempat Duduk

Bekerja setiap hari sambil duduk dan menatap layar komputer akan membuatmu mudah mengalami stres. Jika aktivitas tersebut terus-terusan kamu lakukan, maka akan menambah beban kerjamu menjadi lebih berat. Selain itu juga akan menyebabkan motivasi bekerja menjadi berkurang.

Untuk mengatasinya, cobalah beranjak dari tempat dudukmu. Tujuannya yaitu untuk menghilangkan penat. Kemudian kamu bisa pergi ke kantin, atau berkeliling sekitar perusahaan untuk swift refreshment.

5.   Tetap Profesional Apapun Kondisinya

Ubahlah pola pikirmu agar tidak terlalu overthinking pada pekerjaan maupun tempat kamu bekerja. Contohnya, hilangkah anggapan bahwa kamu bekerja hanya sebagai “robot” atau “kuli”.  Ubahlah pola pikir semacam itu karena akan membuat kamu menjadi negatif thinking pada pekerjaan dan perusahaan.

Tetap tunjukan sikap profesionalitas kamu di tempat kerja. Semakin besar kontribusi kamu di perusahaan, maka semakin banyak juga benefit yang bisa kamu dapatkan. Jika benefit tersebut tidak datang saat ini, bisa jadi kamu mendapatkannya di masa mendatang.

Tips di tempat bekerja di atas akan membantumu keluar dari tekanan dan stres di tempat kerja. Bagi kamu yang tidak puas dengan gaji di tempat kerja saat ini, siapkan kebutuhan finansialmu denga melakukan investasi mulai dari sekarang. Alokasikan pendapatanmu ke platform investasi Amartha dan dapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here