Home Finance Tips dan Etika Pinjam Uang ke Teman

Tips dan Etika Pinjam Uang ke Teman

|

|

|

Ketika sedang mengalami masalah finansial, adakalanya kamu memerlukan pinjaman uang. Kebanyakan orang ketika dalam kondisi tersebut akan memilih untuk meminjam uang pada saudara maupun teman. Walau hal ini sudah lazim, namum tidak jarang hal ini bisa merusak hubungan kamu, terutama pertemanan.

Apalagi, jika proses mengembalikan uang pinjaman tersebut ternyata mengalami kendala. Karena itu, ada baiknya kamu memperhatikan tips dan etika pinjam uang ke teman sebagai berikut!

1. Gunakan Bahasa yang Sopan Saat Meminjam Uang

Pada banyak kasus, ada kalanya teman yang ingin dipinjam uangnya cenderung enggan karena si peminjam dianggap tidak punya sopan santun. Karena itu, gunakanlah bahasa yang sopan kepada temanmu saat mengutarakan keinginan untuk meminjam uangnya.

2. Perhatikan Kondisi Keuangan Teman yang Ingin Kamu Pinjam

Sebelum mengutarakan keinginanmu untuk meminjam uang, ada baiknya kamu memperhatikan kondisi finansial dari teman tersebut. Jangan sampai kamu meminjam ke teman yang kondisi keuangannya pas-pasan juga. Hal ini tentu akan memberatkannya dan membuatnya merasa tambah kesal apabila pinjamanmu tidak segera dikembalikan.

3. Tetapkan Tanggal Pengembalian Pinjaman  

Sejak awal meminjam uang, usahakan untuk memberitahu ke temanmu tentang tanggal pengembalian yang kamu janjikan. Jika kamu tidak bisa memastikan tanggalnya, sebaiknya berikan kisaran tanggal pengembalian kepada temanmu supaya ia bisa lebih percaya.

4. Jika Diperlukan, Buatlah Perjanjian Tertulis

Untuk membuat temanmu lebih percaya untuk meminjamkan uang, kamu juga bisa membuat perjanjian terlulis dengannya. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari konflik yang mungkin saja dapat terjadi di kemudian hari.

Surat perjanjian yang telah disepakati bersama ini akan menjadi bukti untuk menghindari pertengkaran dan membuat kamu dan temanmu selalu bertindak sesuai dengan isi perjanjian yang telah dibuat bersama. Selain itu, dengan adanya perjanjian tertulis, kamu pun bisa lebih serius untuk bisa segera mengembalikan uang yang dipinjam. 

5. Jangan Lupa Mengucapkan Terima Kasih Saat Mengembalikan Uang

Ini mungkin saja adalah hal sepele dan kerap diabaikan. Namun, mengucapkan terima kasih saat mengembalikan uang ke temanmu sebenarnya penting dilakukan mengingat ia adalah penolongmu saat mengalami masalah finansial. Jadi, jangan lupa ucapkan terima kasih ya saat mengembalikan uang yang kamu pinjam!

Nah, supaya kamu dapat menghindari meminjam uang dari teman, ada baiknya kamu berinvestasi sebagai pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya dapat diambil kapan saja sesuai keinginanmu.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...