Home Syariah Usaha Mikro dan UKM Tips Bisnis Ala Gibran Rakabuming, Pengusaha Muda Asal Solo

Tips Bisnis Ala Gibran Rakabuming, Pengusaha Muda Asal Solo

|

|

|

Gibran Rakabuming Raka merupakan putra sulung dari Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia. Nama Gibran akhir-akhir ini ramai diperbincangkan karena kehadirannya ke dalam ranah politik.

Sebelumnya, Gibran bisa dibilang sebagai pengusaha muda yang sukses. Ia memiliki banyak usaha yang dikelola, baik bersama temannya ataupun sang adik, Kaesang Pangarep. Kebanyakan, usaha yang dirintis oleh Gibran adalah di bidang kuliner. Menurut Gibran, bisnis makanan tak kenal mati. Maka dari itu, bisnis makanan pasti akan terus berjalan.

Kerajaan Bisnis Pengusaha Muda Gibran Rakabuming. Yuk Intip!

Intinya bisnis fnb (food and beverage) ini enggak ada matinya. Awalnya kan bisnis catering dan WO, itu kan enggak ada matinya. Orang nikah terus, kita juga mengurusi meeting, event-event. Saya kira ini bisnis yang enggak ada matinya.

Gibran Rakabuming Raka

Lalu, bagaimana Gibran berhasil mengembangkan usahanya hingga mendapat panggilan pengusaha muda? Dalam kanal Youtube Chef Arnold, Gibran memberikan sejumlah tips dalam menjalankan bisnis makanan atau food and beverage (fnb). Artikel ini tentunya akan memberikan semangat baru bagi para pengusaha lainnya. Yuk di simak!

  1. Pikirkan Konsep dan Produk

Salah satu tips yang diberikan Gibran adalah dengan langsung mulai. Namun sebelum itu kita harus memikirkan konsep dari bisnis seperti apa dan juga produk yang akan dibuat. Bisa dibilang, kita harus menyiapkan bisnis plan yang matang juga mengerti mengenai bisnis secara umum. 

2. Gunakan sosial media

Di tengah kemudahan zaman, Gibran membeberkan bahwa untuk mempromosikan produk dari bisnis kita bisa dengan menggunakan sosial media. Sosial media sendiri memiliki banyak fitur yang dapat digunakan, dan juga mudah dibuat. Tak hanya sekadar posting, kalau mau bisnis menjadi hype, pastikan timingnya pas dan jangan sampai hype ini cuma sebentar. Maka dari itu konsistensi sangat diperlukan.

UMKM, Pakai Strategi Pemasaran Ini Agar Bisnis Kamu Banyak Pesanan

Cara lain yang ditawarkan ayah Jan Ethes itu ialah dengan memanfaatkan jasa layanan pengantaran dan marketplace untuk mempromosikan produk, terlebih lagi di masa pandemi ini terjadi perubahan gaya hidup masyarakat. 

3. Improve dan Jaga Kualitas Agar Customer Loyal

Sebagai pemilik bisnis apalagi pemula, masukan dari pelanggan bisa dibilang sebagai harta karun. Gunakan masukan dari pelanggan untuk mengevaluasi produk yang dihasilkan. Setelah produk menjadi baik, pelanggan akan terus repeat order atau loyal.

4. Lakukan Inovasi 

Dalam menjalankan bisnis makanan, melakukan inovasi pada menu adalah hal yang biasa. Setelah produk sebelumnya mendapat feedback yang baik dari para pelanggan, kita bisa terus menjaga kualitas tersebut sambil menyiapkan kualitas terbaik untuk produk lainnya.

Itulah beberapa tips dari Gibran yang bisa kita coba. Nah, tips mana yang mau kamu coba?

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...