Tips Bijak Gunakan Harta Warisan

|

|

|

Kebanyakan orang ketika menerima harta warisan akan kebingungan untuk memikirkan apa yang harus dia lakukan. Cukup wajar memang, apalagi jika harta warisan tersebut berupa aset berharga atau uang dalam jumlah besar dalam waktu yang tidak diduga-duga.

Karena itu, kebanyakan orang yang tiba-tiba menerima warisan tidak menggunakannya dengan bijak seperti membeli mobil baru atau gadget canggih.

Padahal, hal semacam itu salah besar untuk dilakukan. Perlu diingat, warisan tersebut adalah harta peninggalan yang dipercayakan oleh orang tua ataupun kerabatmu lain kepadamu.

Sebagai informasi, ada berbagai hukum waris yang berlaku di Indonesia yaitu Hukum Perdata, Hukum Waris Islam, dan Hukum Waris Adat. Setiap hukum tersebut memiliki aturan dan ketentuannya sendiri, termasuk kepada siapa yang berhak menerima warisan dan berapa jumlahnya.

Kenali Hukum Pembagian Harta Warisan di Indonesia

Mengelola Harta Warisan atau Estate Planning adalah seni perencanaan aspek keuangan yang berkaitan dengan bagaimana kekayaan diwariskan apabila pemilik sudah tidak bisa mengelolanya lagi.

Hal ini di antaranya meliputi tentang bagaimana membuat surat waris, membuat berbagai akun seperti Dana Trust. Tujuannya agar penerima waris terhindar dari membayar pajak dan biaya yang terlalu besar.

Sesuai dengan tujuannya, mengelola harta warisan meliputi beberapa hal:

  • Menentukan pendistribusian kekayaan sesuai keinginan pemberi warisan
  • Menjaga agar kekayaan yang dimiliki saat ini mencukupi kebutuhan keluarga yang ditinggalkan
  • meminimalkan pajak dan biaya yang timbul atas pemindahan kekayaan kepada ahli warisnya
  • memastikan siapa saja yang akan menerima warisan

Well, berikut ini adalah beberapa tips bijak dalam mengeola harta warisan!

1. Buat Perencanaan yang Matang

Saat menerima harta warisan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat perencanaan. Hal ini diperlukan untuk mengetahui cara mengelola warisan yang diperoleh.

Dengan perencanaan yang baik, warisan seperti uang bisa digunakan dengan bijak dan tidak salah dalam memanfaatkannya. Selain ini, mengelola warisan dengan bijak bakal menghindarkan kamu dari konflik keluarga terkait pembagian harta warisan.

2.  Komunikasikan dengan Keluarga

Kamu bisa meminta masukan dari keluarga tentang cara bijak mengelola warisan yang kamu dapatkan. Namun, sebaiknya pilih sosok yang dewasa dan terbiasa dalam mengelola keuangan.

Jika tidak memiliki keluarga, kamu bisa berkonsultasi pada perencana keuangan. Pendapat dan pandangan mereka untuk mengelola warisan kamu gak bakal merugikan karena memang opini dari profesional.

3.  Lunasi Utang

Jika selama ini kamu kesulitan melunasi utang-utang, baik yang bersifat konsumtif atau produktif, bisa memanfaatkan warisan tersebut untuk melunasinya. Dengan demikian kondisi keuangan juga bakal membaik dan kamu bebas dari lilitan utang.

Pilih Mana: Investasi, Dana Darurat, atau Lunasi Utang Dulu?

4.  Kelola Jadi Dana Darurat

Selain untuk melunasi utang, Harta warisan juga bisa dimanfaatkan sebagai dana darurat untuk kebutuhan mendadak, mulai dari sakit hingga musibah lainnya.

5.  Manfaatkan untuk Menambah Investasi

Jika kamu belum memiliki investasi, ini saat yang tepat untuk memilih instrumen investasi yang paling tepat ketika menerima harta warisan. Tidak perlu mengikuti tren, pilih saja yang paling sesuai dengan kondisi kamu.

Sementara itu, jika kamu sudah memiliki investasi, ini merupakan momentum untuk menambah nilai investasi supaya tujuan keuanganmu cepat tercapai.

Saat ini ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu coba seperti deposito, reksadana, saham, maupun investasi Peer to Peer (P2P) Lending.

Salah satu P2P Lending yang bisa masuk dalam pertimbangan kamu adalah Amartha.

Amartha adalah perusahaan investasi yang menghubungkan pendana kepada peminjam, khususnya perempuan pengusaha mikro unbankable di pedesaan melalui suatu platform online.

Dengan bergabung menjadi pendana di Amartha, kamu bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun. Selain itu kamu turut menciptakan dampak sosial yang nyata. Tertarik bergabung dengan Amartha? Daftar di sini!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

money plus amartha

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Money Plus will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.