Tips Bangun Personal Branding, Fresh Graduate Merapat!

0
12
tips bangun personal branding untuk mahasiswa

Strategi Membangun Personal Branding yang Kuat 

Di era digital ini, punya personal branding yang kuat sangat berguna untuk membangun sisi profesionalitas diri sendiri, terutama bagi para pencari kerja. Dengan personal branding ini, kamu bisa membentuk citra diri baik dalam hal karakter maupun keterampilan yang dimiliki. 

Namun, bukan hal yang mudah untuk mewujudkannya karena dibutuhkan strategi yang jitu agar tercipta sebuah citra diri yang positif dan menarik. Agar tidak salah langkah, berikut ini beberapa strategi untuk menciptakan personal brand. 

Menjadi Diri Sendiri 

Cara membangun personal branding yang pertama adalah dengan menjadi diri sendiri dalam versi yang terbaik. Upayakan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki tanpa harus menjadi versi yang berbeda dari diri kamu. Kemudian, jaga dan pertahankan agar personal brand terlihat otentik dan konsisten, bukan sekadar pencitraan. 

Walaupun ada kalanya kamu perlu mengubah gaya, misalnya saja memproyeksikan diri memiliki kemampuan sesuai dengan jabatan yang ditawarkan perekrut kerja. Namun, sebaiknya tetaplah jujur pada diri sendiri sehingga tidak perlu menjadi pribadi yang berbeda. 

Fokus dengan Kekuatan yang Dimiliki

Berdasarkan pengertiannya, personal branding adalah sebuah aktivitas yang dilakukan untuk mengubah pandangan orang lain atau sebuah proses untuk membentuk persepsi masyarakat terhadap semua aspek yang ada dalam diri. 

Itu sebabnya, strategi kedua dalam menciptakan personal brand yang kuat adalah dengan cara selalu fokus terhadap kekuatan yang kamu miliki. 

Tentukan Prioritas

Strategi membangun sebuah personal branding yang kuat berikutnya adalah menentukan prioritas. Pasalnya, setiap orang memiliki gambaran tentang tujuan hidup yang ingin dicapai, misalnya dalam mengejar karir. 

Hal tersebut perlu dilakukan agar waktu yang berharga tidak terbuang sia-sia untuk mengerjakan sesuatu yang kurang bermanfaat. Dengan adanya tujuan hidup inilah kamu bisa menentukan mana yang harus lebih diprioritaskan sebagai kompas dalam hal mengambil keputusan. 

Memiliki Prinsip “Take & Give

Dalam membangun sebuah personal diri yang kuat, kamu harus memiliki prinsip “memberi dan menerima” (take & give). Contoh personal branding yang berkaitan dengan prinsip ini yang bisa dijadikan acuan adalah milik Jeff Goins. 

Melalui website pribadinya, penulis ternama ini mengajarkan pembaca tentang cara membuat tulisan yang baik dan menarik sehingga orang lain akan senang untuk membacanya. Dengan kata lain, website milik Jeff Goins ini memberikan banyak manfaat terutama bagi pembaca yang memiliki passion untuk menjadi penulis. 

Baca juga: Instagram untuk UMKM: Buat Branding atau Selling?

Memperluas Jaringan di Media Sosial Profesional

Setiap tahun, ada puluhan ribu fresh graduate yang akan berjuang dalam mencari pekerjaan. Agar tidak kalah bersaing, kamu bisa memanfaatkan media sosial profesional seperti Linkedin. 

Dengan demikian, kamu bisa mengembangkan personal diri yang jauh lebih efektif mulai dari mengisi profil, menyoroti apa yang ingin ditonjolkan sekaligus terhubung dengan orang yang tepat. 

Memiliki Kepribadian Positif

Strategi berikutnya yang harus dikembangkan agar citri diri semakin menonjol adalah dengan memegang teguh nilai, prinsip, dan kepribadian yang positif. Dengan ketiga hal tersebut, kamu tidak hanya akan akan memiliki nilai tambah di mata perekrut, melainkan juga di mata publik. 

Tetap Konsisten

Strategi terakhir yang tak boleh diabaikan adalah selalu konsisten dalam membangun personal brand. Jangan patah semangat dan terus kembangkan potensi diri secara terus menerus agar setiap orang melihat siapa dirimu, bagaimana potensi diri dan kemampuan serta apa yang kamu sukai. 

Itulah beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk membangun personal brand yang kuat. Kamu bisa loh meningkatkan personal diri sekaligus tabungan masa depan. Caranya adalah dengan ikut serta mendanai di P2P Lending Amartha yang terjamin keamanannya. 

Selain ikut membantu pemerintah dalam pemberdayaan perempuan pengusaha mikro, imbal hasil yang diberikan juga menarik yaitu sebesar 15% flat per tahun. Yuk, tingkatkan personal branding dengan ikut mendanai di Amartha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here