Tingkatkan Produktivitas Bisnis Rumahan Dengan 5 Cara Ini!

    0
    13
    Cara Tingkatkan Produktivitas Saat Jalankan Bisnis Rumahan
    Sumber Foto: istockphoto

    Tips Meningkatkan Produktivitas Bisnis Rumahan

    Kesempatan untuk menjalankan bisnis di rumah kini semakin lebar. Namun sayangnya, jika kamu tidak pandai mengatur waktu, bisnis rumahan justru malah bisa menurunkan produktivitas. Pasalnya, ada banyak godaan di rumah yang bisa mengganggu pekerjaanmu.

    Di sini kami punya beberapa tips bagaimana cara meningkatkan produktivitas usaha rumahan. Khususnya bagi kamu yang sulit fokus sehingga membuat produktivitas bekerja menjadi terganggu. Berikut cara-caranya.

    1.   Istirahat pada Waktunya

    Perlu kamu ketahui, terus-terusan bekerja tidak akan membuat pekerjaan kamu menjadi cepat selesai. Terus-terusan bekerja akan membuatmu kelelahan dan mudah stres. Maka dari itu, luangkanlah waktu untuk beristirahat.

    Mulailah rutinitas kamu di pagi hari, dengan menyusun jadwal aktivitas sehari-hari kamu. Kemudian mulai bekerja di pagi hari dan istirahat di siang hari, atau sekitar pukul 12.00 agar pikiran kembali segar.

    Waktu istirahat tidak harus selalu di siang hari. Contohnya jika kamu mulai bekerja pada pukul 12.00 siang, kamu bisa beristirahat pada jam 15.00 sore.

    2.   Menciptakan Rutinitas Sehari-Hari

    tips usaha di bidang jasa
    Sumber Foto: Pexels

    Jadwal yang kamu buat juga akan membantumu untuk beraktivitas sehari-hari. Pasalnya, kebanyakan orang yang menjalankan bisnis rumahan online tidak memiliki jadwal rutinitas seperti di kantor. Maka dari itu, buatlah jadwal rutinitas harian kamu agar lebih produktif.

    Pastikan juga kamu mengikuti rutinitas sesuai jadwal yang kamu buat. Dengan begitu, produktivitas bisnis rumahan untuk pemula akan berjalan secara optimal.

    Mulailah bekerja dari pagi hari, minimal mulai dari pukul 08.00 pagi. Mulailah dari hal-hal yang sederhana, contohnya seperti mengecek email, atau menyusun pekerjaan harian kamu yang harus diselesaikan.

    Baca Juga: 7 Ide Bisnis Rumahan yang Lagi Tren dengan Keuntungan Menjanjikan

    3.   Sesekali Keluar Rumah untuk Menyegarkan Pikiran

    Sumber FotoL: Pexels

    Saat merasa bosan dan stres menghadapi pekerjaan, luangkanlah waktu untuk keluar rumah. Tujuannya agar kamu bisa menyegarkan pikiran. Sesibuk apapun pekerjaanmu di rumah, aturlah waktu untuk berjalan-jalan, atau bertemu teman.

    Kamu juga bisa hangout ke cafe tempat kamu biasa nongkrong bersama teman-teman. Carilah tempat yang dapat mengganti suasana bosan kamu saat bekerja di rumah dengan suasana yang lebih fresh.

    4.   Tidak Menggabungkan Bisnis dan Kehidupan di Rumah

    Tips Usaha Sukses dalam Waktu Satu Tahun
    Sumber Foto: Pexels

    Salah satu kendala bisnis rumahan yang sering dialami adalah sulit mengatur waktu bekerja dan waktu kehidupan sehari-hari di rumah. Sehingga bisnis dan kehidupan sehari-hari menjadi tercampur.

    Fokuslah bekerja pada waktu atau jam kerja yang sudah kamu buat pada jadwal aktivitas harian. Jangan campurkan aktivitas rumahan kamu dengan bisnis. Pisahkan juga pikiran aktivitas sehari-hari dengan aktivitas bisnis.

    5.   Mengatur Waktu Produktif untuk Bekerja

    jam waktu

    Sebenarnya setiap pelaku usaha rumahan bisa memilih waktu produktif sesuai dengan keinginan. Contohnya, jika waktu produktif kamu di pagi hari sampai siang, fokuslah bekerja pada jam-jam tersebut.

    Selain itu, ada juga yang memiliki waktu produktif di sore sampai malam hari. Artinya, waktu-waktu yang produktif ini adalah waktu di mana kamu bisa fokus bekerja. 

    Berbeda dengan bekerja di kantoran, bisnis rumahan justru lebih fleksibel, namun kamu perlu memilih waktu yang tepat.

    Mengoptimalkan produktivitas usaha rumahan kamu bisa menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan penghasilan. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menjadi orang yang produktif saat bekerja. Akan tetapi, dengan membagi waktu seperti yang kami jelaskan di atas, sedikitnya kamu bisa melakukan yang terbaik.

    Bagaimana, tidak sulit bukan cara meningkatkan produktivitas bisnis rumahan? Nah, bagi kamu yang ingin menambah penghasilan sampingan, kini kamu bisa berinvestasi di P2P Lending Amartha dan dapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

    Yuk investasi sekarang!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here