Home Kita Jangan Menyerah Tiga Tips Jaga Kesehatan Mental di Era New Normal

Tiga Tips Jaga Kesehatan Mental di Era New Normal

|

|

|

Dimasa pandemi ini, manusia dipaksa untuk mengisolasi diri dan mengurangi aktivitas yang biasa dilakukan selama ini. Hal tersebut tentu menyebabkan banyak permasalahan psikis sehingga munculnya stress dan masalah kesehatan mental lainnya. Kesehatan manusia mencakup dua hal yaitu secara fisik dan secara mental. Tentu saja keduanya penting dan harus selaras dan seimbang. Kita tidak bisa hanya fokus pada kesehatan secara fisik saja, tetapi juga menjaga kesehatan mental dengan baik. Kesehatan secara mental merupakan kemampuan diri dalam mengelola perasaan serta menghadapi segala kesulitan yang dihadapi setiap harinya.

Anda bisa melakukan beberapa perubahan diri untuk meningkatkan kesehatan jiwa atau mental diri. Perubahan ini tentu akan memengaruhi seluruh aspek kehidupan yang ada, dan kesehatan fisik. Fisik yang kuat juga berasal dari jiwa yang sehat, sehingga jika mental atau jiwa Anda tidak seimbang maka fisik pun bisa mengalami hal yang sama.

Bagi Anda yang mengalami gangguan kecemasan atau stres berlebih, tentu harus melakukan beberapa cara yang tepat agar kesehatan Anda secara mental selalu terjaga dengan baik. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan secara mental/jiwa :

Mengatakan Hal-hal yang Positif pada Diri Sendiri

Menurut penelitian, cara berpikir Anda tentang diri sendiri bisa memberi efek yang kuat pada kesehatan jiwa Anda. Pada saat Anda memandang diri dan hidup dengan cara yang negatif, maka Anda juga akan merasakan efek negatifnya secara langsung. Namun, jika Anda membiasakan berpikir hal yang positif, maka Anda akan menjadi seseorang yang lebih optimis.

Menuliskan Hal-hal yang Patut untuk Disyukuri

Hal positif lainnya yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kesehatan secara mental adalah menuliskan hal yang patut untuk disyukuri dalam hidup Anda. Rasa syukur ini akan meningkatkan kualitas kesehatan secara mental, kebahagiaan dan peningkatan kesejahteraan. Caranya yaitu dengan menulis jurnal setiap hari lalu tuliskan berbagai hal yang telah Anda syukuri.

Merenungkan rasa terima kasih pada diri sendiri juga menjadi cara yang efektif dalam melatih diri Anda untuk selalu bersyukur. Lalu temukan hal-hal yang harus disyukuri dan nikmati perasaan itu.

Fokus pada Satu Hal di Satu Waktu

Belajar untuk selalu fokus pada suatu hal penting dalam hidup, akan melepaskan emosi negatif atau sulit yang berasal dari pengalaman masa lalu yang terasa membebani. Mulailah dengan kesadaran diri pada hal-hal sederhana yang terjadi setiap harinya seperti makan, beraktivitas, mandi, berjalan dan sebagainya.

Berikan perhatian pada sensasi secara fisik, bau, atau bahkan rasa dari segala pengalaman yang ada, yang akan membantu Anda fokus pada hal tertentu. Jika muncul hal yang menyebabkan Anda menjadi overthingking, segera kembali pada kesadaran dari apa yang Anda sedang Anda lakukan.

Menjaga kesehatan mental juga menjadi bagian dari menjaga kesehatan diri secara keseluruhan. Anda juga bisa melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia, supaya Anda bisa lebih menikmati hidup dan terhindar dari hal-hal buruk. Jangan menyerah, semua akan indah pada waktunya. #KitaJanganMenyerah

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...